Mempawah post authorBob 15 Agustus 2022

Musim Penghujan, Enam Kecamatan di Mempawah Rawan Banjir

Photo of Musim Penghujan, Enam Kecamatan di Mempawah Rawan Banjir Musim Penghujan, Enam Kecamatan di Mempawah Rawan Banjir

MEMPAWAH, SP - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mempawah, Agit Sugiarto mengungkapkan, memasuki musim penghujan diiringi pasang air laut, enam kecamatan di Mempawah rawan banjir.

"Enam kecamatan yang berpotensi rawan banjir diakibatkan curah hujan tinggi dan bisa diikuti dengan pasang air laut seperti Kecamatan Mempawah Hilir, Mempawah Timur, Segedong, Jungkat, Sungai Pinyuh, dan Sungai Kunyit," ungkapnya, Minggu (14/8/2022).

Menurut Agit, kawasan yang berpotensi rawan terjadinya banjir terutama kawasan yang berada di pesisir pantai di wilayah Mempawah, dan hal itu sesuai dengan prakiraan BMKG.

"Prakiraan cuaca dari BMKG di wilayah Kalimantan Barat masuk kawasan rawan banjir, terutama yang berada di kawasan pesisir," ujarnya.

Agit mengakui bahwa saat ini air sudah mulai naik yang diakibatkan tingginya intensitas hujan diiringi dengan air laut yang naik. Namun diakuinya belum ada laporan warga yang terdampak banjir hingga mengungsi.

"Saat ini belum ada warga yang mengungsi atau pun kebanjiran. Hanya air pasang naik, belum ada yang mengungsi," katanya.

Menurutnya, dalam mengantisipasi banjir di wilayah Mempawah, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan, desa, kelurahan dan lainnya agar dapat meningkatkan kewaspadaan dan menyiapkan langkah antisipasi.

"Makanya kita terus lakukan koordinasi dan apabila terjadi banjir untuk segera menyampaikan laporan ke BPBD, sehingga dapat segera dilakukan upaya-upaya penanganan," pungkasnya. (ben)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda