Mempawah post authorBob 18 Juli 2021

Waspadai Ruangan Penuh, RS Rubini Kirim Sampel Swab ke RS ABK

Photo of Waspadai Ruangan Penuh, RS Rubini Kirim Sampel Swab ke RS ABK Waspadai Ruangan Penuh, RS Rubini Kirim Sampel Swab ke RS ABK

MEMPAWAH, SP - Direktur Rumah Sakit dr. Rubini, David Sianipar, mengungkapkan seiring tingginya lonjakan covid-19 di Mempawah, pihak rumah sakit mengirim uji sampel swab di Rumah Sakit ABK Pontianak agar bisa mengetahui hasil swabnya lebih cepat.

"Jadi sekarang, uji sampel swab kita dikirim ke rumah Sakit ABK Pontianak agar pasien yang berada di ruang isolasi, bisa mengetahui hasilnya lebih cepat, apakah pasiennya suspect maupun yang positif covid-19," tuturnya, belum lama ini.

Diharapkan, dengan mengetahui hasil uji sampel, ruang isolasi yang berada di Rumah Sakit Rubini Mempawah tidak bercampur maupun penuh.

"Pasien yang positif tetap di ruangan isolasi dan  pasien yang negatif tidak di ruangan isolasi," terang David.

Memang, kata dia, jika mengirimkan uji sampel di Rumah Sakit Untan tanpa biaya atau gratis. Namun, untuk menunggu hasil uji sampelnya keluar membutuhkan sekitar 7-10 hari. Sedangkan di rumah sakit RS ABK Pontianak, pihak Rumah Sakit dr. Rubini Mempawah harus mengeluarkan 800 ribu per sampel.

"Hasil uji swab pasien yang dikirim di RS ABK Pontianak, kita yang tanggung. Hal itu dilakukan agar pasien yang berada di ruangan isolasi tidak membludak," ungkap David.

Untuk diketahui, pada Juni 2021, Rumah Sakit Rubini Mempawah harus mengeluarkan dana hingga Rp96 juta untuk 120 sampel. (ben/lha)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda