Mempawah post authorKiwi 27 Juni 2022

Penyelundupan Kembali Marak, Lantamal XII TNI AL Gagalkan Minol bernilai Miliaran Rupiah dari Malaysia

Photo of Penyelundupan Kembali Marak, Lantamal XII TNI AL Gagalkan Minol bernilai Miliaran Rupiah dari Malaysia Wakasal, Laksdya TNI Heri Purwono, S.E., M.M., memimoin press conference penangkapan penyelundupan Miras oleh Tim Gabungan TNI AL dan Bea Cukai Kalimantan Bagian Barat, di Gedung Malahayati Mako Satrol Lantamal XII Jalan Yos Sudarso No.1 Pontianak.

MEMPAWAH, SP - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), dalam hal ini adalah Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XII Pontianak (F1QR), berhasil menggagalkan penyelundupan minuman yang mengandung etil alkohol (MMEA) ilegal berasal dari Malaysia.

Tidak tanggung-tanggung, sebanyak tiga truk, di mana dua truk biasa dan satu truk kontainer berisikan ribuan botol minuman berakohol, diamankan pada Minggu, 26 Juni 2022 pukul 02.35 WIB.

Tim gabungan F1QR Lantanmal XII dengan Tim Bea Cukai Kalbagbar, mengamankan barang haram tersebut di Kecamatan Menjalin, Kabupaten Landak dan Kecamatan Toho, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

Adapunm kronologis kejadian penangkapan sebagai berikut, yaitu pada Sabtu, 25 Juni 2022, berawal dari informasi tentang adanya dugaan pengangkutan barang ilegal berupa minuman mengandung etil alkohol (MMEA) di wilayah Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalbar.

Selanjutnya, Kepala Kantor Wilayah Direktorat jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kalimantan Bagian Barat, mengirimkan surat kepada Komandan Lantamal (Danlantamal) XII nomor S-1/WBC.144/2022 tanggal 24 Juni 2022 perihal permohonan anggota untuk membantu pengawasan kegiatan Kepabeanan dan Cukai.

Tujuannya adalah untuk menindaklanjuti informasi tentang adanya dugaan pengangkutan barang ilegal berupa minuman mengandung etil alkohol (MMEA) di daerah tersebut.

Selanjutnya, Lantamal XII menunjuk enam personel yang terdiri dari 3 personel Pomal Lantamal XII dan dua Personel Tim Intel dengan dipimpin Mayor Laut (P) Heru Budiawan, yang merupakan Pasops Satrol Lantamal XII, untuk memback up dan membantu dalam pengawasan kegiatan Kepabeanan dan Cukai Kanwil DJBC Kalbagbar.

Dari hasil analisa dan pendalaman terkait titik lokasi kegiatan kemudian dibentuk dua tim yang berisikan anggota Bidang P2 Kanwil Kalbagbar,  BC Jagoi Babang, BC Sintete, BC Pontianak dan Tim F1QR Lantamal XII Pontianak.

Lalu, pada Sabtu (25/6) diperkirakan pukul 21.00 WIB, dilakukan Operasi penyelidikan dan penangkapan oleh Tim gabungan di sekitar lokasi sasaran yang telah ditentukan untuk memastikan adanya kegiatan muat barang yang diduga minuman mengandung etil alkohol (MMEA) ke dalam sarana pengangkut berupa truk dan kontainer.

Kemudian Minggu, 26 Juni 2022 pukul 02.37 WIB, Tim satu melakukan pemeriksaan terhadap dua unit truk yang diduga dan curigai di jalan raya kecamatan Menjalin Kabupaten Landak.

Dari hasil pemeriksaan didapati muatan berupa kotak kardus yang dibungkus karung berisi minuman mengandung etil alkohol (MMEA) ilegal golongan C berbagai merk tanpa dilengkapi Pita Cukai.

Pada saat yang bersamaan, tim dua juga melakukan pemeriksaan terhadap sasaran berupa satu unit Kontainer berukuran 40 feet yang diduga sebelumnya melakukan muat barang dari dua unit Truk di Kecamatan Toho Kabupaten Mempawah kemudian selanjutnya dilakukan penegahan atas barang, supir dan sarana pengangkut dibawa ke Kantor Wilayah DJBC Kalbagbar untuk dilakukan penelitian lebih lanjut.

Dari hasil pemeriksaan dan pencecahan barang bukti oleh Tim penyidik bea cukai didapati muatan berupa sebanyak 13.260 botol MMEA ilegal golongan C tanpa ada Pita Cukai dengan berbagai merk.

Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal), Laksamana Madya (Laksdya) TNI Heri Purwono, S.E., M.M., langsung melaksanakan press conference tentang penangkapan penyelundupan Miras oleh Tim gabungan TNI AL dan Bea Cukai Kalimantan Bagian Barat, didampingi oleh Panglima Koarmada (Pangkoaermada) I, Laksamana Muda (Laksda) TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P, Aslog Kasal Laksda TNI Puguh Santoso, S.E., M.M.

Lalu adapula Danlantamal XII, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Suharto, S.H., M.Si (Han) di Gedung Malahayati Mako Satrol Lantamal XII Jalan Yos Sudarso No.1 Pontianak dihadiri oleh para awak media elektronik, cetak dan media online. (mul)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda