Mempawah post authorKiwi 28 Mei 2021

Dukung Upaya Pelestarian Budaya Personel Yonzipur 6/SD dan Polsek Anjungan Ikuti Penutupan Tradisi Adat Balala

Photo of Dukung Upaya Pelestarian Budaya  Personel Yonzipur 6/SD dan Polsek Anjungan Ikuti Penutupan Tradisi Adat Balala Personel Yonzipur 6/SD dan Polsek Anjungan mengikuti penutupan tradisi adat Balala pada Kamis (27/5).

MEMPAWAH, SP - Sejumlah Personel Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur) 6/SD yang dipimpin Letnan Dua Czi Arjuna Ahmad Azizan mengikuti penutupan ritual Bapantang atau Balala. Dalam ritual tersebut masyarakat dilarang keluar rumah dan kendaraan dari luar dilarang masuk ke wilayah yang sedang menjalankan ritual tersebut dj Desa Anjungan Melancar, Kecamatan Anjongan pada Kamis (26/05).

Letnan Dua CZI Arjuna Ahmad Azizan saat menghadiri acara penutupan adat balala mengatakan dirinya sangat mendukung kegiatan tersebut. Karena kegiatan ini juga mendukung dalam program pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Yonzipur 6/SD sangat mendukung adat Balala’ di daerah Anjongan ini, karena memiliki tujuan baik khususnya masyarakat suku dayak untuk memanjatkan do’a memohon agar terhindar dari wabah virus Covid-19," ujar Letnan Dua Czi Arjuna.

Dikatakannya selama kegiatan adat balala’ berlangsung personel Batalyon Zeni Tempur 6/SD juga mengikuti peraturan yang ditetapkan ketua adat Dayak. Dengan mengurangi aktivitas di dalam dan di luar Batalyon sebagai bentuk saling menghargai antar sesama.

"Kita juga mengurangi aktivitas didalam dan luar Batalyon,” tutup Letnan Dua Czi Arjuna.

Sementara itu Ketua Adat Dayak Anjungan Philip mengatakan dengan adanya personel Batalyon Zeni Tempur 6/SD bersama Polri masyarakat merasa sangat terbantu. Karena selama kegiatan ikut memonitoring dan mengamankan berjalanya adat Balala’.

"Optimalisasi sinergritas TNI Polri dengan masyarakat merupakan hal penting untuk menjaga stabilitas keamanan di wilayah, terutama untuk wilayah Kecamatan Anjongan ini," katanya.(din)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda