Mempawah post authorKiwi 30 Desember 2021

Jabatan 130 PNS di Mempawah Disetarakan

Photo of Jabatan 130 PNS di Mempawah Disetarakan Bupati Mempawah, Erlina saat melantik PNS di lingkungan Pemkab Mempawah yang jabatannya disetarakan dengan jabatan fungsional jenjang ahli muda, Rabu (29/12). Bupati meminta pejabat yang dilantik untuk melakukan inovasi sesuai bidang kerjanya.

MEMPAWAH, SP - Bupati Mempawah, Erlina melantik 130 Pejabat Pengawas atau Eselon IV yang disetarakan jabatannya dengan jabatan fungsional jenjang ahli muda di lingkungan Pemkab Mempawah, Rabu (29/12).

Pelantikan dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2021 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam jabatan fungsional dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Birokrasi Birokrasi Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2021 tentang Penyederhanaan Struktur Organisasi Pada Instansi Pemerintah .

"Penyetaraan dilakukan untuk penyederhanaan birokrasi. Pelantikan penyetaraan jabatan yang kita laksanakan merupakan implementasi dari penyederhanaan birokrasi dan reformasi birokrasi yang bertujuan untuk menciptakan birokrasi fleksibel dan kolaboratif," kata Erlina.

Dikatakan Erlina, kebijakan ini merupakan instrumen untuk memberikan peluang pengembangan karir guna mendukung penyederhanaan birokrasi, agar organisasi tetap dapat berjalan dengan sistem karir berbasis fungsional.

Sesuai arahan Mendagri dalam Surat Nomor: 8126 tertanggal 9 Desember 2021 perihal Persetujuan Penyetaraan di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten/ Kota Provinsi Kalimantan Barat.

"Terkait arahan tersebut, bupati dan wali kota agar melantik pejabat administrasi yang disetarakan ke jabatan fungsional sebelum 31 Desember 2021. Karena itu kita gelar pelantikan sesuai arahan Mendagri walaupun aturan lebih lanjut terhadap pejabat administrasi yang mengalami penyetaraan jabatan belum diatur tuntas dan masih menunggu aturan lebih lanjut dari pemerintah pusat," jelasnya.

Erlina meminta pejabat yang dilantik agar dapat menjaga integritas dan terus meningkatkan kompetensi di bidangnya masing-masing dan untuk memberikan inovasi dalam pelaksanaan tugas dan memberikan pelayanan prima ke masyarakat.

"Saya harap agar tetap bekerja profesional sesuai tugas masing-masing dan memberikan dukungan terhadap peningkatan kinerja organisasi perangkat daerah,"katanya.

Erlina memaparkan jabatan fungsional sejatinya adalah sekelompok jabatan yang berisi fungsi dan tugas berkaitan dengan pelayanan fungsional yang berdasarkan keahlian dan keterampilan tertentu.

Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berkarir dalam jabatan fungsional diminta siap menjadi pegawai yang profesional di bidangnya masing-masing.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Mempawah, Hermansyah menyebutkan pelantikan merupakan arahan dari Kemendagri.

"Pelantikan ini sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat. Pelantikan sudah harus dilakukan sebelum tahun 2022," paparnya

Dirinya juga mengingatkan agar 130 pejabat yang dilantik untuk selalu melakukan inovasi dalam bidang kerjanya dalam memberikan pelayanan ke masyarakat.

"Kepada pejabat yang dilantik agar selalu membuat inovasi yang terbaik untuk kemajuan  Mempawah," pungkasnya. (ben)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda