Nasional post authorKiwi 09 Juli 2020

Linmas Desa Dapat Pelatihan dari Satgas TMMD

Photo of Linmas Desa Dapat Pelatihan dari Satgas TMMD LATIHAN - Latihan Bela Negara (LBN) terhadap anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas), juga dilakukan oleh anggota Satgas TMMD Reguler ke-108 Kodim 1014/Pbn.

SUKAMARA, SP - Latihan Bela Negara (LBN) terhadap anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas), juga dilakukan oleh anggota Satgas TMMD Reguler ke-108 Kodim 1014/Pbn. Di antaranya melalui Latihan Baris Berbaris, dengan mengacu pada Peraturan Baris Berbaris (PBB).

DANSSK, Lettu CBA Mulyani yang turut memberikan pelatihan, mengatakan bahwa dalam bela negara itu salah satunya sikap disiplin yang harus diberikan kepada para Linmas yg merupakan Aset pengamanan Desa

"Linmas harus bisa dan mampu dalam baris berbaris, disitulah tertanam disiplin, kompak, dan bersatu," ujar Lettu CBA Mulyani.

Dalam latihan ini lanjutnya, sesuai dengan PBB, kita ajarkan sikap sempurna, cara penghormatan, Lencang kanan/kiri, Lencang Depan, balik kanan, hadap kanan/kiri, dan berjalan, baik langkah tegap/biasa, jalan ditempat dan banyak lagi lainnya.

Latihan dilakukan usai melaksanakan apel pagi. Kemudian dilanjutkan kegiatan pelatihan dan pembinaan terhadap anggota Linmas yang ada di Desa Bangun Jaya, Kecamatan Balai Riam, Kabupaten Sukamara.

Dengan adanya Babinsa Desa Bangun Jaya untuk memberikan pembinaan pelatihan pembekalan materi baris berbaris, sehingga anggota Linmas lebih baik, disiplin dan semangat.

“Selama ini Desa Bangun Jaya, Kecamatan Balai Riam, Kabupaten Sukamara, sudah tertib, aman dan kondusif, dan dengan adanya pembekalan ini diharapkan akan lebih meningkatkan keamanan dan ketertiban,” kata Pasiter Kodim 1014/Pbn, Kapten Inf Mulyono.

Dengan pembekalan materi yang disampaikan Anggota Babinsa Desa Bangun Jaya, nantinya bisa membantu memelihara dan meningkatkan kondisi dan tata tertib di kalangan masyarakat dan membantu masyarakat menanggulangi dan mengurangi akibat yang ditimbulkan oleh gangguan keamanan dan bencana alam.

Fungsi Linmas juga memberikan perbantuan kepada pemerintah daerah/desa, kepolisian dalam memelihara ketentraman dan ketertiban umum serta Perbantuan kepada TNI dalam upaya pertahanan negara dan perbantuan dalam kegiatan sosial kemasyarakatan didesa/kelurahan.

“Untuk itu menciptakan ketentraman, ketertiban dan keamanan di lingkungan, linmas harus bersinergi dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas melalui koordinasi Kepala Desa setempat selaku pengendali langsung linmas,” pungkasnya. (ril/dim)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda