Nasional post authorAju 11 Mei 2021

China Kirim Tim Medis Tangani Covid-19 di Laos

Photo of China Kirim Tim Medis Tangani Covid-19 di Laos Para ahli dari tim medis China mengunjungi lokasi pengujian Corona Virus Disease-19 (Covid-19) di Vientiane, Laos, 7 Mei 2021. Nong Lichun/Xinhua.

VIENTIANE, SP - Orang-orang Laos telah menyampaikan terima kasih yang tulus kepada tim medis China karena para ahli China telah bekerja sama dengan rekan-rekan Lao mereka untuk membantu perang negara itu melawan Corona Virus Disease-19 (Covid-19).

Sebuah tim profesional anti-epidemi yang dikirim oleh pemerintah China ke Laos, bersama dengan bahan-bahan medis, tiba di sini pada 4 Mei 2021, untuk membantu Laos memerangi pandemi.

"Ini menghangatkan hati saya melihat bahwa pemerintah China menganggap kekhawatiran Laos sebagai miliknya dan tim China telah bertindak cepat dan efektif," kata Phouvieng Phetchalern, (28 tahun), seorang penduduk ibukota Lao Vientiane.

Phouvieng mengatakan bahwa pengiriman pasokan medis Tiongkok yang tepat waktu dan kedatangan ahli medis Tiongkok yang membantu memerangi wabah Covid-19-19 di Laos telah menunjukkan persahabatan yang mendalam antara kedua negara.

Dia menambahkan, "Saya terkesan dengan kecepatan China dalam memerangi Covid-19. Kita harus belajar dari mereka!"

Para spesialis China akan membantu pihak Laos dalam meningkatkan skema pencegahan dan pengobatan, meningkatkan tingkat teknis dan kemampuan respons, mempelajari tren epidemi dan membuat rekomendasi yang sesuai.

Loun Vongviengkham, seorang siswa berusia 20 tahun di ibu kota Lao, Vientiane, mengatakan kepada Xinhua bahwa petugas medis Tiongkok telah memenangkan hatinya dengan dedikasinya untuk membantu Laos melawan Covid-19.

"Saya melihat foto tim medis China saat mengunjungi rumah sakit yang ditunjuk dan rumah sakit lapangan sementara untuk membantu merawat pasien Covid-19. Itu sangat menyentuh hati saya. Mereka pantas mendapatkan tepuk tangan kami," kata Loun.

Tim ahli medis Tiongkok telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan Laos dan berpartisipasi dalam pertemuan pencegahan dan pengendalian penyakit rutin, serta konferensi kerja di tempat.

Tim telah mengunjungi rumah sakit yang ditunjuk dan rumah sakit lapangan untuk membantu menyembuhkan pasien Covid-19, membantu pengumpulan sampel virus, dan mengunjungi laboratorium dan pos pemeriksaan perbatasan.

"Saya dengan tulus berterima kasih kepada pemerintah China, militer dan orang-orang yang telah memberikan dukungan tepat waktu dan tak ternilai dalam perang melawan pandemi," kata Latsamy Chanthalard, seorang wanita berusia 23 tahun, seorang penduduk setempat, kepada Xinhua pada hari Minggu.

“Saya berharap bantuan ini dapat membantu Laos dalam upaya memerangi wabah COVID-19. Saya berharap pandemi ini segera berakhir dan kehidupan kembali normal,” kata Latsamy.

Pengiriman bantuan dari China tersebut antara lain meliputi alat uji COVID-19, pakaian pelindung dan masker wajah, bersama dengan pakar medis China di bidang pencegahan dan pengendalian infeksi, perawatan intensif, epidemi, dan pengujian laboratorium.

Selain itu, banyak orang mengungkapkan penghargaan mereka atas bantuan para ahli Tiongkok di platform media sosial.

Seorang netizen bernama Maitham Thavonekham berkata, "Selamat datang di Laos dan terima kasih atas dukungan Anda yang tiada henti."

"Terima kasih dari lubuk hati kami yang paling dalam, waktu yang tepat untuk situasi sulit ini. Kami tidak akan melupakan dukungan besar Anda," kata Sylvia Keo.

Laos baru-baru ini mengalami lonjakan infeksi Covid-19. Negara itu mengonfirmasi 69 kasus baru dan kematian Covid-19 pertamanya pada hari Minggu, sehingga jumlah total kasus menjadi 1.302.

Laos mendeteksi dua kasus Covid-19 pertamanya pada 24 Maret tahun 2020. *

 

 

Sumber: xinhuanet.com

 

 

 

Redaktur: Aju

Keywords

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda