Nasional post authorBob 13 September 2021

Ketua DPR Resmi Buka Parlemen Remaja 2021

Photo of Ketua DPR Resmi Buka Parlemen Remaja 2021 Ketua DPR Resmi Buka Parlemen Remaja 2021
JAKARTA, SP - Ketua DPR RI Puan Maharani secara resmi membuka rangkaian acara Parlemen Remaja tahun 2021 yang ditandai dengan pengetukan palu sidang. Dalam kesempatan itu Puan mengungkapkan melalui kegiatan simulasi nantinya segenap peserta Parlemen Remaja dapat mengetahui seluruh kinerja DPR RI. 
 
Pembukaan Parlemen Remaja 2021 digelar secara full virtual dengan tema 'Remaja di Era Kebebasan Informasi: Siaran Berkualitas, Masyarakat Cerdas', dari Ruang Kerja Ketua DPR RI, Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Senin (13/9/2021). 
 
Politisi PDI-Perjuangan ini menyampaikan kepada seluruh peserta Parlemen Remaja 2021 untuk saling mengingatkan bahwa di Indonesia, Kebhinnekaan bangsa kita harus menjadi sumber kekuatan dari persatuan kita, bukan malah menjadi sumber perpecahan.
 
Bahwa Pancasila yang merupakan Jiwa Bangsa tidak semata-mata ditempatkan sebagai Slogan, Simbol dan semacamnya
 
"Meski tiap fraksi memiliki warna-warna politiknya masing-masing, tetapi kita semua berada di dalam satu warna merah putih, warnanya Indonesia. Itu lah salah satu wujud nyata Bhinneka Tunggal Ika, yaitu bagaimana kita semua berbeda tetapi tetap bersatu. Terutama, ketika urusannya itu adalah untuk NKRI, untuk Rakyat Indonesia," jelas Puan. 
 
Terkait hal itu, Puan menghimbau kepada seluruh peserta Parlemen Remaja 2021 bahwa kita semua harus menanam keyakinan di dalam hati kita nilai - nilai pancasila, maka selama itu juga Indonesia tetap ada.
 
"Kita harus yakin seyakin-yakinnya, bahwa selama Pancasila masih ada di hati orang Indonesia, masih ada di hati kalian, di hati kita semua, maka selama itu juga Indonesia akan terus ada. Itu saja yang ingin saya sampaikan, Selamat mengikuti rangkaian acara yang sudah disiapkan. Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim secara resmi saya membuka Acara Parlemen Remaja Tahun 2021," pungkasnya.
 
Acara Parlemen Remaja 2020 kemudian dilanjutkan penyerahan palu sidang secara virtual dari Ketua DPR RI kepada Ketua Parlemen Remaja 2021. Lalu, dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis atribut Parlemen Remaja oleh Sekjen DPR RI kepada perwakilan peserta Parlemen Remaja 2021 dalam hal ini Ketua Parlemen Remaja 2021 Muhammad  Azhar Zidane (dapil Jawa barat X).
 
Lembaga Penyiaran 
 
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar menyatakan fokus substansi yang dibahas dalam kegiatan Parlemen Remaja tahun 2021 adalah Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran. Ia mengungkapkan, peserta Parlemen Remaja 2021 berjumlah 131 pelajar yang berasal dari seluruh SMA/SMK/MA dari 80 daerah pemilihan (dapil) di Indonesia.
 
"Parlemen Remaja 2021 merupakan wadah pembelajaran demokrasi bagi masyarakat khususnya bagi generasi muda. Parlemen Remaja 2021 diselenggarakan dengan tema ‘Remaja di Era Kebebasan Informasi: Siaran Berkualitas, Masyarakat Cerdas'. Adapun, substansi yang dibahas yaitu penyusunan UU 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran," jelas Indra.
 
Indra menyatakan Parlemen Remaja 2021 digelar melalui proses seleksi yang sangat ketat. Yakni, dengan penilaian yang mempertimbangkan beberapa aspek penilaian seperti penilaian prestasi akademik dan non akademik, keaktifan dalam berorganisasi, pembuatan video kampanye dan penulisan esai.
 
Menurut Indra, video kampanye merupakan prasyarat dalam proses seleksi. dengan peserta membuat video singkat berdurasi kurang lebih 3 menit bertema ‘Jika saya menjadi legislator apa yang akan dilakukan dalam Remaja di Era Kebebasan Informasi: Siaran Berkualitas, Masyarakat Cerdas' yang diunggah pada akun media sosial calon peserta di akun media sosial masing-masing peserta. 
 
Selain untuk mengukur kemampuan peserta dalam menganalisis kajian permasalahan, mengeksplorasi gagasan, dan menunjukkan idealisme mereka. 
 
Di sisi lain, kriteria yang merupakan penilaian tertinggi dalam proses seleksi yaitu penulisan esai. Penulisan esai untuk mengukur peserta dalam menganalisis kajian permasalahan, mengeksplorasi gagasan, dan menunjukkan idealisme mereka. 
 
“Dengan tema ‘Remaja di Era Kebebasan Informasi: Siaran Berkualitas, Masyarakat Cerdas'. Pengumpulan esai peserta terpilih nanti akan dibukukan dalam buku kumpulan esai anggota Parlemen Remaja tahun 2021 yang akan diberikan kepada Pimpinan DPR RI,” kata Indra. (nif)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda