Nasional post authorKiwi 16 Juni 2020 60

Perkembangan Perjalanan Lima Dekade Astra Motor Membangun Bisnis, Turut Serta Membangun Bangsa Bersama Catur Darma

Photo of Perkembangan Perjalanan Lima Dekade Astra Motor Membangun Bisnis, Turut Serta Membangun Bangsa Bersama Catur Darma FOTO BERSAMA – Jajaran manajemen Astra Motor Pontianak, foto bersama usai syukuran perayaan HUT ke-50 di Main Dealer Astra Motor Kalbar, Jalan Ayani, Senin (15/6).

Senin, 15 Juni 2020, PT Astra Inetrnational Tbk-Honda (Astra Motor), genap berusia 50 Tahun. Angka yang cukup matang, bagi suatu jejaring bisnis yang menguasai distributor sepeda motor roda dua di Indonesia. Lima dekade mewarnai pembangunan bangsa, Astra Motor terus bergerak, “Menembus Batas”, “Melangkah Pasti, Meraih Prestasi, Astra Motor Tak Akan Berhenti Di Sini”.

Dengan tema di atas, Astra Motor, telah mengartikulasikan perkembangan dalam lima dekade hadir di tanah air, Astra Motor terus berkembang. Pada dekade pertama, Astra Motor bermula dari dibentuknya Honda Division, tepatnya pada Tahun 1970. Saat itu, hanya sebagai Sole Distributor dan mampu menjual 2.000 unit per tahun.

Dekade kedua, saat masuk ke era tahun 1980. Melihat adanya potensi pasar yang cukup besar di wilayah Semarang, maka mulai didirikan Main Dealer Cabang Semarang, setelah itu didirikan pula cabang Denpasar dan Palembang.

Tidak berhenti sampai di sana, Honda Division melihat adanya peluang dari sisi after sales dan kesadaran akan pentingnya layanan after sales dalam memberikan solusi total kepada konsumen. Sehingga, lahirlah konsep dealer 3 in1 dan JHC (Astra Motor Center Jakarta), sebagai pionir dealer 3in1 yang merupakan AHASS pertama Honda.

Selanjutnya, pada tahun 1989, FIF hadir untuk menangani pembiayaan kredit Sepeda Motor Honda, sehingga Astra Motor berkesempatan untuk mengembangkan bisnis melalui penjualan kredit.

Pada dekade ketiga, di tahun 1990, untuk lebih dikenal konsumen, mulailah dibentuk NDS Siliwangi dan sales office Kudus pada tahun 1996. Tahun 2000, menjadi tahun penting bagi Honda Sales Operation (HSO), Astra Motor berubah fungsi menjadi main dealer yang beroperasi hanya di daerah-daerah tertentu.

“Dan pada November tahun 2000, Astra Motor hadir di Kalbar dengan membuka cabangnya sebagai Main Dealer, di mana area penjualannya meliputi seluruh 14 Kabupaten/Kota di Kalbar,” kata Kawil Astra Motor Pontianak, Lukas Ferinata.

Memasuki tahun 2010, sesuai dengan visinya untuk menjadi preffered Main Dealer and Retailer of Choice, Astra Motor fokus untuk memperkuat Role Main Dealer dan menjadikan Retailer Astra Motor sebagai pilihan utama stakeholders-nya. Pada dekade keempat, untuk menjawab tantangan persaingan bisnis yang semakin ketat Astra Motor berinovasi dengan melakukan Digitalisasi bisnis. Memasuki dekade kelima, Astra Motor siap melayani pelanggannya tanpa batas waktu dan ruang, kapanpun dan dimanapun.

“Inovasi akan selalu dilakukan untuk menembus segala batasan sebagai upaya untuk melakukan yang terbaik. Di usia ke-50 tahun ini, Astra Motor menembus batas menuju level baru yang tentunya diikuti dengan tanggung jawab yang lebih besar, mampu menciptakan kualitas pelayanan yang lebih baik, dan performa yang semakin baik, serta memberikan nilai tambah bagi para stakeholders,” tuturnya.

Di Kalimantan Barat sendiri, saat ini Astra Motor memanjakan konsumen dengan dukungan 47 Dealer Penjualan dan 50 POS Penjualan yang tersebar di seluruh area. Astra Motor Pontianak juga menghadirkan 97 Astra Honda Authorized Service Station (AHASS), sebagai bengkel resmi Honda dan 150 Partshop untuk mendukung pemenuhan sparepart sepeda motor Honda bagi konsumen di seluruh Kalbar.

“Untuk saat ini, kensumen juga tidak perlu takut untuk membeli motor dan melakukan servis sepeda motor Honda-nya, karena sudah dapat melakukan pembelian sepeda motor melalui Aplikasi Online, yaitu Motorku-X, Chat WA Amanda, dan chat di Facebook hingga Instagram @honda_kalbar,” pungkas Lukas. (aep mulyanto)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda