Nasional post authorBob 22 September 2020 47

Satgas TMMD Reguler ke-109 Kodim 1012/Buntok Gelar Penyuluhan Kesehatan dan Pelayanan KB di Desa Sibung

Photo of Satgas TMMD Reguler ke-109 Kodim 1012/Buntok Gelar Penyuluhan Kesehatan dan Pelayanan KB di Desa Sibung Satgas TMMD Reguler ke-109 Kodim 1012/Buntok Gelar Penyuluhan Kesehatan dan Pelayanan KB di Desa Sibung

BARTIM, SP - Satgas TMMD Reguler ke-109 wilayah Kodim 1012/Buntok, langsung melaksanakan penyuluhan kesehatan dan pelayanan KB bagi warga Desa Sibung, Kecamatan raren Batuah, di Balai Desa setempat, pada Selasa (22/9/2020).

Dandim 1012/Buntok, Letkol Inf Dwi Tantomo megatakan, penyuluhan kesehatan ini, merupakan salah satu program non fisik TMMD ke-109 Kodim 1012 Buntok bekerjasama dengan Dinkes Bartim.

Dandim menjelaskan, perilaku hidup bersih dan sehat adalah sekumpulan perilaku yang dipraktekkan atas dasar kesadaran. Serta sebagai hasil pembelajaran yang menjadikan seseorang atau keluarga dapat menolong diri sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesadaran masyarakatnya.

“Apalagi saat ini di tengah pandemi Covid-19 perilaku hidup bersih dan sehat sangat perlu untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” katanya.

Untuk mencapai taraf kesehatan bagi semua, maka paling sedikit yang harus tercakup dalam pelayanan kesehatan dasar adalah pendidikan tentang masalah kesehatan umum, cara pencegahan dan pemberantasannya.

"Peningkatan persediaan pangan dan kecukupan gizi, penyediaan air minum dan sanitasi dasar. Lalu, pelayanan kesehatan ibu dan anak termasuk keluarga berencana serta imunisasi termasuk pengobatan,” papar Dandim 1012/Buntok.

Letkol Inf Dwi menyebutkan, pelayanan kesehatan dasar merupakan kunci untuk mencapai derajat kesehatan yang layak bagi semuanya. Ia mengharapkan, usai penyuluhan ini masyarakat dapat semakin mengerti tentang arti hidup sehat untuk diajarkan pada anak-anaknya.

“Seperti membuang sampah pada tempatnya, cuci tangan dengan air bersih sebelum makan, melatih anak untuk buang air besar atau kecil ditempatnya dan pemberian gizi yang memadai,” katanya.

Kegiatan ini diikuti oleh puluhan warga antara lain perangkat desa beserta isteri, BPD, kader Posyandu dan pengurus PKKdengan tetap mematuhui protocol kesehatan COVID-19 yakni menjaga jarak, memakai masker dan disediakan tempat mencuci tangan. (ril/dim)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda