Nasional post authorKiwi 26 April 2020 518

Hidung Pintu Masuk Virus Corona

Photo of Hidung Pintu Masuk Virus Corona

COVID-19 selama ini dipahami menular melalui droplet, dari orang yang terinfeksi yang batuk maupun bersin. Namun, suatu studi menemukan sel yang ada di hidung menjadi pintu masuk penularan virus corona, SARS-CoV-2.

Dilansir dari Science Daily, Jumat (24/4), ada dua tipe sel khusus di hidung yang telah diidentifikasi sebagai titik awal yang mungkin menjadi tempat masuknya virus corona penyebab Covid-19. Ilmuwan menemukan sel piala dan sel bersilia pada hidung memiliki protein entri yang tinggi yang digunakan virus corona masuk ke dalam sel tubuh manusia.

Identifikasi sel-sel ini dilakukan para peneliti dari Wellcome Sanger Institute, University Medical Centre Groningen, University Cote d'Azur and CNRS, Nice, sebagai bagian dari Human Cell Atlas Lung Biological Network.

Penelitian ini dilakukan untuk membantu menjelaskan tingginya angka penularan Covid-19 yang kali pertama mewabah pada awal tahun 2020. Para ilmuwan menggunakan studi Human Cell Atlas Lung Biological Network dan menemukan sel pada mata dan beberapa organ, mengandung masuknya protein virus.

Studi ini juga memprediksi bagaimana protein entri utama diatur oleh gen sistem kekebalan tubuh lain dan memperlihatkan target potensial untuk mengembangkan perawatan dalam mengurangi penularan. Seperti yang diketahui, penyakit Covid-19 dari virus corona baru telah memengaruhi paru-paru dan saluran pernapasan.

Saat ini, virus corona telah menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Penyakit dengan gejala flu, demam, batuk serta sakit tenggorakan ini sedikitnya telah menginfeksi lebih dari 2,5 juta orang di dunia. Para ilmuwan di seluruh dunia berusaha memahami dengan tepat, bagaimana virus corona, SARS-CoV-2 ini menyebar, untuk membantu mencegah penularan serta pengembangan vaksin.

Sel di hidung jalur masuk virus Penyebaran virus corona baru, SARS-CoV-2 diketahui menggunakan mekanisme serupa dalam menginfeksi sel-sel manusia seperti pada virus corona yang menyebabkan endemi SARS pada tahun 2003 lalu.

Jenis sel yang bertanggung jawab dalam infeksi virus ini, adalah sel yang berada di dalam hidung yang sebelumnya tidak ditunjukkan. Untuk menemukan sel mana yang terlibat dalam transmisi Covid-19 ini, para peneliti menganalisis beberapa kumpulan data konsorsium Human Call Atlas dari sekuensing RNA sel tunggal, dari 20 lebih jaringan berbeda dari orang-orang yang tidak terinfeksi.

Termasuk jaringan sel dari paru-paru, rongga hidung, mata, usus, jantung, ginjal dan hati. Para peneliti mencari mana sel-sel individual yang mengekspresikan kedua protein utama yang digunakan virus Covid-19 dalam menginfeksi sel tubuh.

"Kami menemukan, protein reseptor yakni ACE2, dan protease TMPRSS2 yang dapat mengaktifkan entri SARS-CoV-2 diekspresikan dalam sel di organ yang berbeda, termasuk sel pada lapisan dalam hidung," kata penulis utama makalah ini, Dr. Waradon Sungnak dari Wellcome Sanger Institute.

Dr Sungnak mengatakan sel piala yang berfungsi menghasilkan lendir dan sel bersilia di hidung, memiliki kandungan tingkat tinggi dua protein virus Covid-19, ACE2 dan TMPRSS2. "Jalur infeksi awal yang paling mungkin untuk (masuknya) virus," jelas Dr Sungnak.

Dr. Martijn Nawijn, dari University Medical Center Groningen di Belanda, yang juga bagian dari Lung Biological Network HCA mengatakan untuk pertama kalinya, sel-sel tertentu di hidung dikaitkan dengan Covid-19.

"Sementara ada banyak faktor yang berkontribusi pada penularan virus. Sejauh ini, temuan kami konsisten dengan tingkat infeksi yang cepat dari virus ini," jelas Dr. Nawijn. (cnn/lip)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda