Nasional post authorKiwi 27 Maret 2023

Perahu Tambang Tenggelam Lagi, Ketua DPD RI Minta Pemda Surabaya Perhatikan Keselamatan Moda Rakyat

Photo of Perahu Tambang Tenggelam Lagi, Ketua DPD RI Minta Pemda Surabaya Perhatikan Keselamatan Moda Rakyat Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti.

JAKARTA,SP - Tenggelamnya perahu tambang di Sungai Brantas, di kawasan Jalan Mastrip Kemlaten, Karang Pilang, Surabaya, mendapat perhatian serius Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti.

Senator asal Jawa Timur itu meminta pengelola dan Pemerintah Daerah membenahi moda transportasi rakyat untuk melindungi keselamatan penumpang.

"Kejadian tersebut adalah pelajaran berharga dan menjadi momentum para pihak terkait untuk melakukan pembenahan terkait keamanan transportasi umum," tegas LaNyalla, pada Senin (27/3/2023).

Kecelakaan moda transportasi, baik darat, laut dan udara, menurut LaNyalla, harusnya menjadi perhatian dan tidak boleh dibiarkan begitu saja. Pihak kepolisian dan dinas terkait sebaiknya mencari tahu penyebab setiap kecelakaan sebagai bahan evaluasi agar kejadian serupa tidak terulang.

"Termasuk insiden tenggelamnya perahu di Surabaya, tidak bisa dipandang sepele, karena terulang lagi,” kata LaNyalla.

"Sayangnya kejadian-kejadian seperti itu dianggap biasa, dan kemudian menghilang. Padahal harusnya dijadikan landasan suatu kebijakan dalam hal keselamatan dan keamanan masyarakat saat menggunakan transportasi umum," tambahnya.

LaNyalla berpesan kepada para pengelola moda transportasi umum untuk secara rutin melakukan pengecekan modanya masing-masing sebelum dioperasikan. 

"Apapun moda transportasinya, saya mengingatkan agar selalu melakukan perawatan dengan baik. Kemudian melakukan pengecekan sebelum beroperasi. Jangan lupa peralatan safety. Dan terpenting lagi penumpang tidak boleh melebihi kapasitas," pesannya.

Sebelumnya pada Sabtu (25/3/2023) perahu tambang penyeberangan orang tenggelam di Sungai Brantas Jalan Mastrip, Kemlaten, Surabaya. Korban selamat menyebut, perahu ini diduga membawa 8 penumpang. Sementara itu, ada 7 motor yang ikut tenggelam.

Salah satu korban selamat, Endang Karyawati (52) mengatakan, kejadian ini berlangsung sekitar pukul 07.50 WIB. Saat kejadian, perahu tengah membawa 8 orang.

Diketahui perahu yang tenggelam adalah perahu penyeberangan atau perahu tambang yang menghubungkan Jalan Mastrip dengan Pagesangan Surabaya.

Keywords dpd

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda