Nasional post authorBob 27 Oktober 2020

Munculkan Banyak Capres Berkontestasi, Nasdem dan PKS Dorong Presidential Threshold Diturunkan

Photo of Munculkan Banyak Capres Berkontestasi, Nasdem dan PKS Dorong Presidential Threshold Diturunkan PEMILU – Seorang warga mengamati brosur berisikan nama Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. Beberapa partai politik saat ini mulai mengusulkan penurunan ambang batas ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold) pada pilpres 2024.

JAKARTA, SP - Politikus Partai Nasdem, Saan Mustopa mengatakan partainya mengusulkan agar ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold) pada pilpres 2024 mendatang diturunkan menjadi 15 persen.

Usulan ini berkaca pada pengalaman dua kali pemilihan presiden (pilpres), yakni 2014 dan 2019, yang hanya diikuti dua calon menyisakan polarisasi di masyarakat sampai saat ini. 

"Nasdem sendiri bersikap untuk menurunkan ambang batas pencalonan presiden, jadi tidak lagi 20 persen parlemen, 25 persen suara, tapi kita turunkan walaupun kita masih minta turunkan sampai 15 persen," kata Saan dalam sebuah diskusi, Ahad (25/10).

Saan mengatakan, alasan Partai Nasdem ingin presidential threshold 15 persen agar calon presiden yang berkompetisi ada lebih dari dua pasangan calon. Ia berharap pengalaman di dua pilpres sebelumnya bisa menjadi bahan evaluasi.

"Karena polarisasinya sudah sangat mengkhawatirkan, tentu juga itu mengancam tadi, terhadap keberagaman, karena menguatnya politik identitas dan sebagainya," ujarnya.

Sementara itu, politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera mengatakan PKS tetap mendorong agar presidential threshold diturunkan menjadi 4 hingga 10 persen. Dengan demikian, diharapkan semakin banyak calon presiden yang akan berkontestasi.

"Kalau di 10 persen kita entry to barrier-nya akan kecil. Kita akan punya lima mungkin ya, bisa tiga sampai lima pasangan calon," kata Mardani.

Menurutnya, makin banyak jumlah pasangan calon yang akan maju maka akan semakin sehat bagi demokrasi. Anggota Komisi II DPR itu berharap dengan demikian maka akan ada kontestasi karya dan gagasan.

"Justru pembatasan 20 persen kursi dan 25 persen suara ini catatan besar, membuat kita seperti oligarki yang berkembang," ujarnya.

Selain itu, ia juga mengapresiasi orang-orang yang sudah menyatakan diri untuk maju sebagai calon presiden. Menurutnya, sudah seharusnya ada rasionalisasi dalam pilpres.

"Untuk pilpres makin banyak makin bagus. Semua partai lebih cepat mengumumkan bagus, karena itu kemarin saya bilang ada yang udah umumkan, bagus, karena kita tidak membeli kucing dalam karung," kata dia. (rep)

 

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda