Opini post authorKiwi 30 Maret 2023

Peranan Analis Pengelolaan Keuangan APBN Pada Lembaga Pemerintah

Photo of Peranan Analis Pengelolaan Keuangan APBN Pada Lembaga Pemerintah

Oleh : Ema Yuliana, SH,MH

Analis Pengelolaan Keuangan APBN Ahli Muda BNNP Kalbar

Penyederhanaan Jabatan Administrasi kedalam Jabatan Fungsional merupakan upaya penyederhanaan Birokrasi pada Kementerian/Lembaga Negara dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien guna meningkatkan kinerja pemerintahan dan pelayanan publik.

Dalam pidato pelantikannya selaku Presiden RI di hadapan DPR/MPR, Jokowi menyampaikan bahwa perlu ada penyederhanaan Eselonisasi Birokrasi di lingkungan Pemerintahan. Jokowi menyampaikan bahwa Eselonisasi cukup dengan dua level yaitu Eselon 1 dan 2, sisanya diganti dengan jabatan fungsional yang lebih menghargai keahlian dan kompetensi. Reformasi Struktur Eselonisasi perlu dilakukan agar Lembaga Pemerintah semakin sederhana dan dapat bergerak semakin lincah. 

Salah satu Jabatan Fungsional yang terbentuk dalam rangka penyederhanaan Birokrasi tersebut adalah Jabatan Fungsional Analis Pengelolaan Keuangan APBN atau yang singkat dengan APK APBN yang berada dibawah binaan Kementerian Keuangan Republik Indonesia yang menjalankan tugas Akuntan dan Anggaran pada Satuan kerja Lembaga Pemerintah.

Jabatan Fungsional Analis Pengelolaan Keuangan APBN merupakan Jabatan Karier Pegawai Negeri Sipil yang berkedudukan sebagai pelaksana teknis fungsional di bidang pengelolaan keuangan APBN pada Instansi Pusat dan Instansi Vertikal. Adapun Tugas APK APBN adalah melaksanakan kegiatan analisis pengelolaan keuangan yang bersumber dari APBN yang meliputi:

1. Perikatan dan penyelesaian tagihan;

2. Perintah pembayaran;

3. Analisis laporan keuangan instansi.

Sesuai Permenpan Nomor 53 Tahun 2018 tentang Jabatan Fungsional APK APBN mengatur bahwa APK APBN pada Satuan Kerja diberikan tugas sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Pejabat Penandatangan Surat Perintah Membayar (PPSPM) yang diangkat berdasarkan Surat Keputusan Pengangkatan/Penetapan sebagai PPK atau PPSPM dari Kuasa Pengguna Anggaran serta memiliki Sertifikat Kompetensi sebagai pengelola keuangan APBN yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan.

Jenjang Jabatan APK APBN dari jenjang terendah sampai dengan jenjang tertinggi, terdiri atas:

1. Analis Pengelolaan Keuangan APBN Ahli Pertama;

2. Analis Pengelolaan Keuangan APBN Ahli Muda;dan

3. Analis Pengelolaan Keuangan APBN Ahli Madya.

Yang masing masing jenjang tersebut telah memiliki uraian tugas kegiatan yang ditetapkan berdasarkan Peraturan Perundang-undangan.

APK APBN pada Satuan Kerja diharapkan mampu melaksanakan tanggungjawab dalam menganalisis dan mengelola keuangan APBN sehingga tercipta tata kelola APBN yang bersih dan Akuntabel.(*)

Keywords

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda