Ponticity post authorKiwi 03 Juni 2020

Tetap Waspada di Fase New Normal

Photo of Tetap Waspada di Fase New Normal Wakil Ketua DPRD Kalbar, Suriansyah

PONTIANAK, SP - Rencana penerapan new normal di Kalimantan Barat oleh Pemprov Kalbar diingatkan oleh Wakil Ketua DPRD Kalbar, Suriansyah agar dilakukan dengan hati-hati.

"Rencana penerapan new normal patut disambut baik. Tetapi tetap harus hati-hati,” katanya kepada wartawan, kemarin.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyampaikan akan memberlakukan protokol new normal di Provinsi Jawa Barat (Jabar), DKI Jakarta, Sumatera Barat dan Gorontolo.

Kemudian ada 25 kabupaten/kota di Indonesia juga sedang mempersiapkan fase new normal di tengah pandemi Covid-19 ini. Menyikapi kebijakan Pemerintah Pusat (Pempus) tersebut, Gubernur Kalbar, Sutarmidji pun merencanakan penerapan new normal di provinsi yang meliputi 14 kabupaten/kota dan dimulai dari tempat ibadah.

Keputusan Sutarmidji tersebut merupakan hasil Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan intansi terkait di Kantor Gubernur Kalbar, beberapa waktu lalu.

Kebijakan pemerintah pusat maupun Pemprov Kalbar untuk menerapkan new normal menurut Suriansyah sangat penting supaya roda perekonomian dapat bergerak kembali setelah terhenti sejak penanganan pandemi global Covid-19.

Dengan diterapkan fase new normal produktivitas masyarakat seperti pegawai, pekerja hulu dan lainnya akan berjalan kembali.

"Harapannya kondisi ini cepat pulih, tatanan kehidupan baru dapat cepat tercapai," katanya.

Indonesia, khususnya Provinsi Kalbar, kata Suriansyah, juga harus belajar dengan negara-negara lain yang menerapkan new normal. "Ada negara yang berhasil melaksanakannya tanpa memicu kasus-kasus Covid-19 yang baru," ungkapnya.

Tetapi, ada juga negara seperti Korea Selatan (Korsel) yang menerapkan New Normal malah berdampak pada penambahan kasus Covid-19, terutama di lembaga pendidikan.

"Makanya perlu petunjuk dan arahan yang tegas dalam mempersiapkan New Normal. Misalnya di pasar-pasar seperti apa, rumah ibadah dan juga sekolah. Sehingga tujuan New Normal dapat tercapai tanpa harus mengorbankan masyarakat," jelas Suriansyah.

Menurut Legislator Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini, fase New Normal memerlukan kedisiplinan yang tinggi dari seluruh masyarakat.

"Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sehingga potensi penyebaran Covid-19 bisa kita antisipasi," ujar Suriansyah.

Olehkarenanya, Legislator Kalbar Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Sambas ini mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan apabila pemerintah sudah memutuskan untuk menerapkan new normal. (jee)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda