Ponticity post authorKiwi 03 Juni 2020 62

Danlantamal XII Pimpin Pejabat Utama Laksanakan Bhakti Sosial “Peduli Covid-19” di Pasar Blimbing Jeruju

Photo of Danlantamal XII Pimpin Pejabat Utama Laksanakan Bhakti Sosial “Peduli Covid-19” di Pasar Blimbing Jeruju PIMPIN BAKSOS - Danlantamal XII, Laksma TNI Agus Hariadi, beserta Pejabat Utama (Pju) dan Forkopimda Kota Pontianak, melaksanakan Baksos “Peduli Covid-19”, di Pasar Belimbing Jeruju, Senin (1/6/2020).

PONTIANAK, SP - Komandan Lantamal (Danlantamal) XII, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Agus Hariadi, beserta Pejabat Utama (Pju) di antaranya Wadan Lantamal XII, Para Asisten, Kadis dan Kasatker, melaksanakan Bhakti Sosial (Baksos).

Baksos dengan tema “Peduli Covid-19”, berlangsung di Pasar Belimbing Jeruju, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (1/6/2020). Kegiatan ini

diprakarsai oleh Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal XII, yang bersinergi dengan Dinas Potensi Maritim (Dispotmar).

Tema “Peduli Covid-19”, dipilih dan dilaksanakan oleh Lantamal XII,  terhadap masyarakat dalam rangka percepatan penanggulangan virus Covid-19 di Pontianak. Masyarakat di sekitar Pasar Belimbing Jeruju, mendapatkan masker gratis dan rapid test.

 “Sasaran Baksos ini adalah pedagang, pembeli, dan pengunjung pasar Belimbing. Adapun hasil rapid test yang dilakukan, semuanya non reaktif,” papar Danlantamal XII Pontianak, Laksma TNI Agus Hariadi.

Alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) 1992 ini menjelaskan, pelaksanaan Baksos dilakukan santai. Ia dan rombongan, menyapa dan meninjau masyarakat yang ada di Pasar Belimbing Jeruju, Kota Pontianak, baik penjual maupun pembeli.

“Kita juga memantau, apakah sudah melaksanakan Protokol Kesehatan Covid-19, sesuai ketentuan atau belum. Kita berikan imbauan, agar masyarakat tetap melaksanakan Protokol Kesehatan yang ditetapkan pemerintah,” ujarnya.

Baksos Lantamal XII Pontianak, selain dihadiri PJU Mako Lantamal XII, juga dihadiri oleh Kadinkes Provinsi Kalbar, dr Horrisson, M.Kes, Kepala BLH Kota Pontianak, Kadisperindak Kota Pontianak, Camat Sungai Jawi, Lurah dan Ketua RT/RW di wilayah Kecamatan Sungai Jawi Kota Pontianak.

“Kami mengimbau, wabah atau pandemi virus corona (Covid-19) sampai saat ini belum berakhir, oleh karena itu sesuai rekomendasi WHO dan Kementerian Kesehatan, kita tetap harus jalankan Protap kesehatan siaga Covid-19,” tutur Danlantamal XII Pontianak.

Adapun beberapa Protap Kesehatan di antaranya pertama menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Kedua, sering mencuci tangan dengan sabun. Ketiga, menjaga jarak minimal 1,5 meter. Keempat, selalu menggunakan masker jika bepergian. Lima Perhatikan etika pada saat batuk dan bersin, dengan menutup mulut menggunakan tissue atau siku bagian dalam.

“Keenam, selalu menjaga imunitas dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan cukup beristirahat. Ketujuh Tetap rutin melaksanakan olah raga disesuaikan dengan usia dan dilakukan di dalam rumah,” ujarnya.

Melaksanakan Protokol Kesehatan Covid-19 tidak hanya untuk kepentingan kesehatan diri sendiri saja tetapi juga untuk saling menjaga kesehatan kita bersama. Imbauan menggunakan masker bukan lagi hanya untuk masyarakat yang sakit. Masyarakat yang sehat juga diminta utk memakai masker untuk meminimalisir penularan dari Virus Covid 19.

“Imbauan ini terus disampaikan ke masyarakat secara umum, terutama yang berkunjung ke Pasar Jeruju dan sekitarnya. Imbauan disampaikan anggota dengan “Nauns” berkali kali, melalui pengeras suara,” pungkas Danlantamal XII Pontianak. (mul)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda