Ponticity post authorKiwi 04 Juni 2020 112

Dinkes Kalbar Minta Daerah Serius Tangani Pasien Covid-19

Photo of Dinkes Kalbar Minta Daerah Serius Tangani Pasien Covid-19 Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat, Harisson

PONTIANAK, SP - Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat, Harisson mengatakan, tingkat kesembuhan pasien terkonfirmasi Covid-19 di Kalbar mencapai angka 39 persen. Dia mengingatkan kepada kabupaten/kota yang angka kesembuhan masih di bawah 20 persen agar memberikan perhatian serius pada pasien Covid-19.

"Untuk tingkat kesembuhan pasien konfirmasi Covid-19 di Kalbar sebesar 39 persen. Jadi ini memang sangat tergantung pada kabupaten/kota," jelas Harisson, Rabu (3/6).

Sebagai informasi, pada 3 Juni 2020 ada penambahan 24 pasien konfirmasi Covid-19 yang dinyatakan sembuh dan penambahan 6 pasien baru positif Covid-19. Sampai saat ini total kasus konfirmasi di Kalbar sebanyak 202 orang dengan rincian 79 telah dinyatakan sembuh, 4 orang meninggal dan sisanya sedang menjalani isolasi.

Terkait hal ini, Harisson memberi perhatian kepada Kabupaten Ketapang yang mana tingkat kematian mencapai 4,7 persen. Menurutnya, Dinkes maupun Pemerintah Kabupaten Ketapang kurang memberikan perhatian serius terhadap kasus konfirmasi.

"Perhatian Dinas Kesehatan maupun Pemerintah Kabupaten Ketapang terhadap kasus konfirmasi Covid-19 kurang. Coba kita contoh Kota Pontianak yang angka kesembuhan mencapai 48 persen, kalau kita belajar dari Kota Pontianak benar-benar menyediakan rumah singgah yang dikelola dengan baik, sehingga ini membantu kesembuhan kasus-kasus Covid-19 di Kota Pontianak," jelasnya.

"Sekali lagi saya tekankan agar pemerintah Kabupaten Ketapang, khususnya Dinkes benar-benar dapat memberikan perhatian khusus kepada kasus-kasus Covid-19. Ketapang saat ini ada 21 orang pasien, dimana baru satu orang yang sembuh. Dinkes Ketapang jangan sampai tidak memperhatikan kondisi pasien Covid-19," jelas dia.

Harisson menawarkan kalau memang Dinkes Ketapang tidak mampu menangani kasus-kasus konfirmasi Covid-19, alangkah baiknya pasien-pasien tersebut dirujuk ke Kota Pontianak.

"Jadi nanti kalau dibawa ke Kota Pontianak, kami akan rawat dan akan kami perhatian serius, supaya kasus di Ketapang bisa cepat sembuh," tegasnya.

Harisson juga mengingatkan kepada kabupaten yang angka kesembuhan masih dibawah 20 persen. Dia berharap agar Dinkes Kabupaten/Kota benar-benar memberikan perhatian serius terhadap kasus konfirmasi Covid-19, agar  para pasien bisa sembuh dan dapat beraktivitas kembali.

"Kalau kasus konfirmasi di Ketapang sebenarnya banyak yang OTG. Tapikan untuk lepas dari Covid-19 mereka harus diperhatikan, imunitas tubuh pasien harus benar-benar bagus, ini bisa dibantu oleh Pemerintah Ketapang dengan memberikan perhatian, baik dari gizi maupun obat-obatan," katanya. (iat)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda