Ponticity post authorBob 04 Maret 2021 123

Rumah Diskusi Dorong Mahasiswa Jadi Agen Pemecah Masalah, Cari Solusi Atasi Karhutla

Photo of Rumah Diskusi Dorong Mahasiswa Jadi Agen Pemecah Masalah, Cari Solusi Atasi Karhutla Rumah Diskusi Dorong Mahasiswa Jadi Agen Pemecah Masalah, Cari Solusi Atasi Karhutla

Rumah Diskusi Kota Pontianak mendorong mahasiswa menjadi agen pemecah masalah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Kalbar. Sumbangsih pemikiran dari mahasiswa diperlukan guna mengentaskan permalasahan tersebut.

Aktivis Rumah Diskusi Arif Setiawan menyebutkan, mahasiswa sebagai agen perubahan diharapkan bisa memecahkan dan memberikan solusi yang konkrit terhadap permasalahan karhutla. Karena selama ini permasalahan tersebut selalu terjadi setiap tahunnya.

"Mahasiswa bukan hanya membagikan masker saja tetapi harus memikirkan solusi jangka panjang untuk mengatasi permasalahan karhutla tersebut," ucap Arif Setiawan, Senin (1/3).

Mahasiswa sebagai kaum berpendidikan menurutnya tidak hanya sekedar menuntut kepada pemerintah untuk membuat regulasi yang tepat. Akan tetapi harus juga ikut memberikan solusi dan saran agar membantu pemerintah dalam membuat regulasi yang bermutu.

Wawasan dan pengetahuan mahasiswa terhadap isu kesadaran dalam melestarikan lingkungan haruslah lebih diperhatikan agar pengawasan dalam pengawalan pembuatan regulasi yang tepat serta mengawal proyek-proyek strategis untuk penanganan permasalahan karhutla.

"Selain itu sosialisasi terhadap pencegahan dan penanganan karhutla harus juga dilakukan mahasiswa kepada masyarakat yang ada di daerah mahasiswa tersebut berasal," katanya.

Arif mengungkapkan, pemerintah sebagai pemangku kebijakan harus lebih selektif dalam memberikan izin kepada perusahaan. Selain itu juga membuat regulasi tentang restorasi atau pemulihan lahan secara berkelanjutan. Mahasiswa sebagai pelopor harus mengedukasi masyarakat.

"Agar merubah pola mindset berpikir tentang kebiasaan membuka lahan dengan cara dibakar tetapi dengan cara lain yang lebih mengurangi dampak terjadinya karhutla," tutupnya. (din)

 

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda