Ponticity post authorKiwi 05 Juni 2020 113

Dinas Kesehatan Lantamal XII Laksanakan Medical Cheek Up Pekerja Migran Indonesia di Pelabuhan Dwikora Pontianak

Photo of Dinas Kesehatan Lantamal XII Laksanakan Medical Cheek Up Pekerja Migran Indonesia di Pelabuhan Dwikora Pontianak

PONTIANAK, SP - Komandan Lantamal (Danlantamal) XII, Laksamana Pertama (Laksma), TNI Agus Hariadi yang diwakili oleh Asisten Operasi (Asops) Danlantamal XII, Kolonel Laut (P) Rizaldi, selaku Dansatgas Angkutan Laut Pemulangan PMI/TKI di Wilayah Kalbar, mengawasi pemeriksaan  kesehatan bebas Covid-19.

Pemeriksaan ini dilakukan terhadap para Pekerja Migran Indonesia (PMI), yang berlangsung di Pelabuhan Dwikora Kota Pontianak Jalan Pakasih No 11, Kelurahan Mariana, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (4/6/2020)

Pemeriksaan kesehatan bebas Covid-19, yang dilakukan terhadap seluruh PMI/TKI, yang rencananya akan dipulangkan ke daerah asalnya, pada Jumat (5/6/2020) dari Pelabuhan Pontianak menuju Pelabuhan Tnajung Mas Semarang, menggunakan KM Rucita-09.

“Pemeriksaan ini, merupakan syarat utama yang harus dipenuhi bagi setiap PMI/TKI.  Hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penularan Pandemi Covid-19, apalagi sebagian besar dari mereka merupakan PMI/TKI yang di deportasi dari Malaysia, sehingga  diantara mereka sangat rentan telah tertular/terpapar Covid-19,” kata Kolonel Laut (P) Rizaldi.

Pemeriksaan kesehatan bebas Covid-19 ini, dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar bersinergi dengan Personel/Tenaga Medis dari Mako Lantamal XII, yang dipimpin oleh Kadiskes Lantamal XII, Letkol Laut (K) drg. Heru Subagyo, Sp.Pros. 

Dalam pemeriksaan kesehatan tersebut 1 orang A.n. ibu Junaideh, asal Sampang Madura hasil rapid test, reaktif sehingga diputuskan  untuk dilakukan isolasi di Poltekes Kabupaten Kubu Raya. Terhadap yang bersangkutan, selanjutnya Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, men-tracking rekam jejaknya untuk mengetahui pada saat kapan terjangkit/terpapar Covid-19. 

Adapun jumlah PMI/TKI yang telah melaksanakan pemeriksaan, yaitu 106 orang, yang terdiri dari 8 orang dari PMI/TKI yang selama ini ditampung oleh Dinas Sosial Provinsi Kalimantan dan 98 orang PMI/TKI Mandiri. (ril/mal) 

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda