Ponticity post authorKiwi 06 Desember 2021

Wali Kota Apresiasi Mahasiswa IKIP PGRI Edukasi Warga Rusunawa

Photo of Wali Kota Apresiasi Mahasiswa IKIP PGRI Edukasi Warga Rusunawa Foto bersama Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono bersama mahasiswa KKM IKIP PGRI Pontianak, beberapa waktu lalu.

PONTIANAK, SP - Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono memberikan apresiasi kepada mahasiswa Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP PGRI) yang melakukan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di Rusunawa Harapan Jaya. Hal tersebut menurutnya sangat membantu memberikan edukasi bagi warga rusunawa, terutama anak-anak yang masih mengenyam pendidikan.

“Para mahasiswa IKIP PGRI cukup membantu memberikan edukasi kepada warga di Rusunawa dalam hal pendidikan,” ucapnya, beberapa waktu lalu.

Edi mengingatkan warga Rusunawa untuk memastikan anak-anak mereka mendapatkan fasilitas yang ada, baik itu fasilitas kesehatan maupun pendidikan, mulai dari balita hingga anak usia sekolah. Karena menurutnya Pemkot Pontianak sudah memberikan fasilitas kesehatan berupa layanan kesehatan gratis bagi warga Kota Pontianak.

"Agar fasilitas layanan kesehatan ini bisa dimanfaatkan, warga diminta untuk melaporkan atau mendaftarkan ke fasilitas kesehatan terdekat," katanya.

“Bisa lapor ke posyandu maupun puskesmas untuk menyempatkan pemeriksaan seperti melakukan imunisasi, atau vaksinasi polio, difteri, skabies dan lain sebagainya,” tambahnya.

Sedangkan fasilitas pendidikan, lanjut Edi, sekolah-sekolah negeri di bawah naungan Pemkot Pontianak seluruhnya gratis. Oleh sebab, fasilitas pendidikan ini harus bisa diakses oleh masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kota Pontianak.

“Anak-anak kita ini harus pintar-pintar, harus sekolah supaya nanti hidupnya lebih layak lagi,” imbuhnya.

Sementara itu Lurah Kota Baru Desi Susanti menjelaskan karena melihat anak-anak di Rusunawa selama pandemi Covid-19 kurang beraktivitas. Maka pihaknya menggandeng mahasiswa IKIP PGRI yang melaksanakan KKM untuk mengajar anak-anak di ruang belajar yang disediakan di Rusunawa. Selain itu juga diinisiasi untuk melakukan  pencanangan Kampung Cerdas di Rusunawa Harapan Jaya

"Ada 25 orang anak-anak Rusunawa yang kami bina sementara ini dan setelah kegiatan IKIP PGRI saya akan membuka kesempatan bagi volunteer atau sukarelawan yang mau mengajarkan secara sukarela mengajar gratis di Rusunawa," jelas Lurah Kota Baru Desi Susanti.

Ketua KKM IKIP PGRI Pontianak Selatan Krisman Arifin mengatakan dalam upaya nilai tri dharma perguruan tinggi yang yakni pengabdian kepada masyarakat. Salah satu kegiatan KKM IKIP PGRI Kecamatan Pontianak Selatan  berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Pontianak dalam mendirikan kampung cerdas Rusunawa Harapan Jaya.

"Sehingga ini dapat membantu anak-anak untuk terus mendapatkan pendidikan di masa pandemi Covid-19," ucap Ketua KKM IKIP PGRI Pontianak Selatan Krisman Arifin.

Ia menambahkan KKM IKIP PGRI Pontianak merupakan satu upaya untuk  mengimplementasikan ilmu yang sudah di pelajari di ruangan kelas. Melalui program ini diharapkan mahasiswa mempunyai kesempatan melakukan pembelajaran dan pemberdayaan kepada masyarakat

"Lalu menggali potensi yang untuk dapat dikembangkan demi kesejahteraan masyarakat secara khusus anak-anak di Rusunawa Harapan Jaya," tutupnya. (din)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda