Ponticity post authorKiwi 07 Juli 2020

Pemkot Pontianak Pertimbangkan Buat Taman Sepeda

Photo of Pemkot Pontianak Pertimbangkan Buat Taman Sepeda

PONTIANAK, SP - Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak tengah mengkaji pembangunan taman khusus olahraga sepeda. Hal ini seiring dengan meningkatnya animo masyarakat bersepeda saat adaptasi kebiasaan baru dampak pandemi Covid-19 di Pontianak.

"Untuk sepeda BMX sudah. Saat ini kami sedang mengkaji untuk menyediakan atau membangun taman sepeda dalam menyediakan ruang bagi masyarakat yang hobi olahraga sepeda," kata Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Senin (6/7).

Menurutnya, taman tersebut nantinya dapat digunakan bagi anak-anak yang sedang baru belajar bersepeda atau masyarakat yang sedang belajar dan latihan mengayuh sepeda. Selain itu, bisa juga untuk tempat rekreasi bagi masyarakat Kota Pontianak.

"Taman itu juga sekalian untuk tempat rekreasi. Saya rasa itu sederhana, asal lahannya ada dan lokasi tamannya juga aman," katanya.

Edi menilai, bahwa Kota Pontianak akan semakin menarik jika menjadi kota yang ramah bagi pesepeda. Olahraga bersepeda juga bisa menjadi wahana untuk rekreasi, misalnya dengan membuat rute-rute satu tempat wisata ke wisata lainya di Kota Pontianak menggunakan transportasi ramah lingkungan tersebut.

Untuk rute khusus pesepeda sendiri menurutnya tidak memakan ruang yang luas. Cukup dengan lebar 1,2 meter dan tidak mesti pada jalan utama akan tetapi bisa juga di gang-gang. Bahkan pada waterfront juga bisa.

"Nanti rutenya kita buat misalnya dari satu tempat ke tempat yang lain, kan menarik kalau kota ramah pesepeda," sebutnya.

"Misalnya menuju ke aloevera center, di sana disiapkan minuman lidah buaya maka akan menarik, bisa berfoto juga tapi bisa dibuat rutenya supaya aman," imbuhnya.

Edi menyampaikan saat ini masyarakat tengah antusias dalam berolahraga sepeda. Sehingga hal ini harus di fasilitasi dengan baik. Pemkot Pontianak menurutnya harus kreatif dalam melihat kondisi yang ada.

Dia juga telah melakukan komunikasi kepada dinas terkait. Namun hanya tinggal pembicaraan teknis dalam mewujudkan taman sepeda di Kota Pontianak, sehingga harus masuk ke dalam program. (din)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda