Ponticity post authorKiwi 07 Agustus 2020

Pengukuhan DPC UMKM Mandiri Kota Pontianak, Wali Kota Dorong Pelaku UMKM Berinovasi

Photo of Pengukuhan DPC UMKM Mandiri Kota Pontianak, Wali Kota Dorong Pelaku UMKM Berinovasi

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono dorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa melakukan inovasi agar produknya bisa diminati masyarakat, baik secara online maupun offline.

Saat ini dikatakannya, Pemerintah Kota Pontianak telah memberi kemudahan UMKM dalam perizinan. Kemudian akan diberikan insentif agar UMKM bisa cepat tumbuh.

"Untuk permodalan bisa dilakukan kerjasama dengan perbankan dan pegadaian dengan bunga yang rendah," ucap Edi Rusdi Kamtono usai Pengukuhan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) UMKM Mandiri se Kota Pontianak di Aula Sultan Syarif Abdurrahman Kantor Wali Kota Pontianak, Kamis (6/8).

Edi menyampaikan adanya pengukuhan DPC UMKM Mandiri Kota Pontianak pada masa pandemi Covid-19 diharapkan mampu menghimpun pelaku usaha untuk bersatu. Tujuannya tentu agar UMKM bisa meningkatkan kualitas usahanya.

Ia menambahkan pengurus bisa berkoordinasi dengan pemerintah, BUMN maupun BUMD. Misalnya dalam permodalan dan bimbingan produksi serta pemasaran.

"Pandemi Covid-19 kita ketahui berdampak kepada pelaku usaha mikro. Banyak usaha yang yang tutup karena ada pembatasan," katanya.

Edi juga mengungkapkan dampak pandemi Covid-19 sangat besar kepada pelaku UMKM. Sehingga saat ini daya beli masyarakat turun. Hal tersebut yang menyebabkan pelaku usaha sulit untuk bangkit kembali.

Sehingga memerlukan tahapan secara perlahan. Sekarang yang harus di upayakan agar gairah masyarakat untuk berusaha tetap ada agar bisa tumbuh kembali.

"Saat ini Pemerintah Kota Pontianak sudah memberikan kemudahan-kemudahan diantaranya dengan membolehkan pelaku usaha berdagang kembali. Seperti pada Taman Akcaya, Promanade, warung-warung kopi, serta kegiatan wedding, dengan catatan taat dan patuh terhadap protokol kesehatan," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie  berharap setelah adanya pengukuhan dan pelantikan DPC UMKM Kota Pontianak bisa terus semakin giat dalam berusaha. Karena UMKM di Kota Pontianak memiliki talenta yang bisa menambah pendapatan.

"Sehingga diharapkan bisa membantu peningkatan perekonomian di Kota Pontianak," ucap Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie.

Ia menambahkan selama ini Dekranasda Kota Pontianak selalu membina pelaku pengrajin kriya di Kota Pontianak. Dengan pembinaan dan bantuan pemasaran yang dilakukan diharapkan bisa memotivasi UMKM untuk terus berkarya.

Sehingga produk UMKM tidak hanya di pasarkan di Kota Pontianak tapi juga bisa di luar Kalbar. Pada saat pandemi Covid-19 saat sekarang membuat UMKM jatuh. Karena memang saat pandemi Covid-19 tidak bisa dilakukan kegiatan UMKM.

"Hal tersebut yang mendorong dekranasda untuk memberdayakan UMKM memproduksi APD. Kemudian APD tersebut diserahkan kepada Rumah Sakit dan Dinas Kesehatan Kota Pontianak," ungkapnya.

Yanieta menyampaikan hingga saat ini UMKM juga memproduksi masker dari pengrajin yang tergabung didalam dekranasda. Kemudian juga akan melaksanakan lomba motif desain tenun corak insang dan masker kreativitas.

"Pada Oktober nanti akan diumumkan pemenang berbarengan dengan HUT Kota Pontianak. Hasil desain masker kreativitas tersebut akan di produksi dalam motif tenun dan di pasarkan," pungkasnya. (dino)

 

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda