Ponticity post authorKiwi 15 September 2023

OSO Berikan Beasiswa Pendidikan Putra Putri Kalbar

Photo of OSO Berikan Beasiswa Pendidikan Putra Putri Kalbar Proses seleksi OSO Scholarship beberapa waktu lalu. ISTIMEWA

PONTIANAK, SP - Sejumlah calon mahasiswa dari Kabupaten Kayong Utara Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) mengikuti serangkaian seleksi OSO Scholarship beberapa waktu lalu. OSO Scholarship merupakan beasiswa yang diberikan oleh Tokoh Nasional asal Provinsi Kalbar, Oesman Sapta Odang.

Oesman Sapta yang juga sekaligus Ketua Pembina Yayasan Pendidikan OSO itu memberikan beasiswa kepada para calon mahasiswa terbaik berupa bebas biaya kuliah selama empat tahun dengan beberapa persyaratan.

OSO Scholarship menjadi bukti nyata komitmen kuat Tokoh Nasional asal Provinsi Kalbar Oesman Sapta Odang untuk memajukan pendidikan Indonesia. Lewat beasiswa yang diberikan kepada putra putri terbaik itu akan lahir Sumber Daya Manusia (SDM) unggul.

Di Kabupaten Kayong Utara sendiri terdapat sebanyak total 59 pendaftar. Kemudian para pendaftar tersebut akan melewati serangkaian proses seleksi untuk didapatkan 20 orang calon mahasiswa yang bakal dikuliahkan di Univeritas OSO (UNOSO).

Seleksi yang harus diikuti oleh calon mahasiswa diantaranya tes administrasi, minat dan bakat. Tes administrasi berupa seleksi nilai raport, prestasi akademik dan non akademik. Lalu seleksi minat dan bakat berupa tes untuk menentukan sejauh mana minat dan bakat calon mahasiswa untuk kuliah pada program studi tertentu di UNOSO.

Dalam tes minat dan bakat ini juga mengungkap intelegensi, kepribadian, dan sikap belajar. Calon mahasiswa yang lulus seleksi akan diminta untuk mempertahankan nilai akademiknya agar biaya kuliah yang didapatkan tetap utuh setiap semesternya.

Rektor Universitas OSO Dede Suratman yang hadir dalam proses seleksi tersebut berpesan kepada calon mahasiswa untuk bisa memberikan yang terbaik. Bagi yang belum lolos dirinya mengingatkan untuk bisa mencoba dikesempatan tahun depan. Sehingga persiapan akan bisa semakin matang untuk menghadapi seleksi tersebut.

“Ada persiapan yang baik dan calon mahasiswa sudah tau seperti apa yang di tes kan. Selebihnya melihat administrasi, melalui prestasi akademik dan non akademik,” kata Rektor Universitas OSO Dede Suratman, kemarin.

Dirinya menambahkan jika calon mahasiswa bergabung dengan UNOSO maka akan banyak fasilitas yang bisa dirasakan. Diantaranya, lulusan terbaik direncanakan akan dikuliahkan hingga S-2. Sehingga ketika menjadi mahasiswa maka harus menjadi yang terbaik.

“Calon mahasiswa harus bersyukur, biaya kuliahnya ditanggung oleh Pak OSO, ditambah dengan biaya hidup. Jadi, yang lulus tidak perlu meminta uang saku ke orang tua lagi,” ungkap Dede.

Sementara itu salah satu peserta tes, Ari Siswanto yang merupakan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Sukadana memiliki motivasi besar untuk lulus dalam program OSO Scholarship.

“Saya ingin membahagiakan kedua orang tua saya, memperluas jaringan saya, dan bisa membantu perekonomian keluarga ketika sudah sukses,” katanya. (din)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda