Ponticity post authorKiwi 15 Oktober 2021

Pembuatan KIA, Disdukcapil Pontianak dan Kubu Raya Kerjasama dengan Jamiyah SMP Islam Al Azhar

Photo of Pembuatan KIA, Disdukcapil Pontianak dan Kubu Raya Kerjasama dengan Jamiyah SMP Islam Al Azhar Ilustrasi

PONTIANAK, SP - Jamiyah SMP Islam Al Azhar melakukan kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya terkait pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA).

Kepala Disdukcapil Kota Pontianak Erma Suryani menyebut, kegiatan ini adalah untuk menerbitkan KIA yang jumlahnya untuk wilayah Pontianak sebanyak 84 anak

"Mekanismenya sudah dilengkapi karena sebelumnya sudah disampaikan ke Disdukcapil yang langsung kita proses dan kami terbitkan Kartu Identitas Anak yang hari ini penyerahannya secara simbolis," jelasnya.

Erma Suryani berharap, agar program pembuatan KIA dapat selalu ditingkatkan, dan bagi anak-anak yang masih belum memiliki KIA dapat menyampaikan kepada Disdukcapil sehingga semua anak sudah memiliki kartu itu.

Manfaat dari KIA, kata Erma adalah dalam rangka memenuhi hak anak terkait dengan administrasi kependudukan.

"Selain itu juga KIA dapat dimanfaatkan untuk anak mendapatkan fasilitas pelayanan seperti pendidikan dan kesehatan," terangnya.

Tak hanya KIA, kata Erma pihaknya juga mendatangi sekolah-sekolah untuk melakukan sosialisasi dan perekaman KTP kepada siswa yang berusia diatas 17 tahun.

"Kemarin kita mendatangi sekolah-sekolah untuk melakukan perekaman KTP bagi pelajar yang usianya di atas 17 tahun, namun program itu berhenti karena adanya pandemi Covid-19, namun jika situasinya normal kembali akan kita lanjutkan program itu," terangnya.

Ditempat yang sama, Kepala Disdukcapil Kubu Raya Nurmarini menjelaskan kegiatan ini adalah untuk melengkapi data kependudukan bagi siswa SMP Islam Al Azhar yang tinggal di Kubu Raya.

"Dalam hal ini yang saya maksud data kependudukan adalah Kartu Identitas Anak, karena jika akte kelahiran itu biasanya memang sudah siap dan rapih karena juga menjadi syarat untuk masuk ke sekolah ini," ucapnya.

Dalam kegiatan ini, kata dia, tidak menutup kemungkinan jika ada memutakhirkan data yang ada di dalam Kartu Keluarga maka akan bisa langsung sekaligus dilakukan.

Pemkab Kubu Raya, katanya, sangat menyambut baik kegiatan ini karena ini adalah jalan pembuka untuk pemerintah melakukan pelayanan-pelayanan selanjutnya.

"Saya harapkan kegiatan ini tidak terhenti sampai di sini saja, namun ke depannya kita membuka ruang dan waktu untuk pelayanan kependudukan," harapnya.

Ia juga telah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan terkait untuk perekaman KTP yakni dengan membuka Posko pelayanan perekaman KTP bagi siswa yang berusia 17 tahun ke atas.

Dalam hal pelayanan kependudukan, dirinya mengaku ada kendala yakni dengan tidak liniernya seperti, contonya data di KK dengan data di akte kelahiran tidak sama, sehingga harus dirapikan dan dicari apa penyebabnya.

Ketua Jamiyah SMP 17 Al Azhar M. Isnaini menyambut baik kegiatan penyerahan secara simbolis Kartu Identitas Anak yang dilakukan oleh Disdukcapil Pontianak dan Kubu Raya.

"Acara penyerahan KIA ini adalah puncak dari rangkaian kegiatan KIQ dan vaksinasi Covid-19 yang audah berjalan sejak dua bulan yang lalu," tuturnya.

Adapun, untuk kegiatan vaksinasi Covid-19, ucap Isnaini sudah selesai pada minggu lalu dengan jumlah peserta sebanyak 56 orang.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Disdukcapil Pontianak dan Kubu Raya atas kerjasamanya atas pembuatan KIA sebanyak 120 anak di SMP Al-Azhar," ucapnya.

Dirinya berharap acara yang sama nantinya dapat dilanjutkan oleh pengurus jamiyah yang akan datang dengan cara jika ada murid baru segera buatkan KIA nya.

"Banyak manfaat dari KIA seperti untuk membuka rekening di bank, pembuatan BPJS, pembuatan Pasport, serta untuk kepentingan lainnya," terang Isnaini.

Sama halnya, Kepala SMP Al Azhar 17 Pontianak Sudarso juga menyambut baik kegiatan penyerahan KIA bagi pelajarnya.

"Alhamdulillah kegiatan pada hari ini berjalan dengan lancar," ucapnya.

Menurutnya, KIA sangat perlu bagi anak yang tinggal di wilayah negara Indonesia.

"Sebagai kepala sekolah saya mengucapkan terima kasih kepada pengurus jamiyah yang selama ini membantu program kegiatannya selalu bersinergi dengan sekolah," katanya.

Sebelumnya, kata Sudarso pihak sekolah sudah menyampaikan ke orang tua murid agar menyerahkan KK untuk membuat KIA untuk anaknya, namun ada orang tua yang tidak menyerahkan KK karena ada sesuatu atau lain hal, namun di sisi lain program itu disambut sangat antusias dari orang tua murid.

"Kami dari pihak sekolah mengucapkan terima kasih kepada Dinas Dukcapil Pontianak dan Kubu Raya atas kerjasamanya sehingga pembuatan KIA dapat terakomodir sesuai dengan harapan kita bersama," pungkasnya.(*)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda