Ponticity post authorKiwi 16 Januari 2021 169

Raih Sertifikasi Halal, Produk UMKM Borneo Istimewa Siap Go Internasional

Photo of Raih Sertifikasi Halal, Produk UMKM Borneo Istimewa Siap Go Internasional HALAL - LPPOM MUI Kalimantan Barat menyerahkan Sertifikat Halal kepada anggota UMKM Borneo Istimewa, belum lama ini. ISTIMEWA

PONTIANAK, SP - Penghujung tahun 2020 menjadi suatu prestasi tersendiri bagi anggota UMKM Borneo Istimewa. Pasalnya UMKM yang bergerak di sektor jajanan dan kuliner telah meraih Sertifikasi Halal LPPOM-MUI.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Pontianak, Haryadi S Triwibowo, kemarin.

"Meski dihantam krisis ekonomi global saat ini UMKM Borneo Istimewa mampu bangkit dan menunjukkan prestasi dan ketangguhannya menjawab tantangan yang tidak mudah saat ini," kata dia dalam bincang ringan dengan pelaku UMKM Borneo Istimewa.

Haryadi mengatakan, Borneo Istimewa bukan lagi komunitas UMKM pemula, melainkan telah siap secara mandiri maju dan berkiprah di percaturan bisnis baik lokal maupun nasional.

Untuk itu, dirinya mendorong UMKM Borneo Istimewa untuk naik kelas. Terutama dalam upaya melengkapi berbagai perizinan dan legalitas usaha mereka. Tak terkecuali untuk mendapatkan Izin P-IRT dan Halal MUI.

"Saya siap memberikan support baik ke instansi terkait maupun kerjasama kepada berbagai pihak," janji Haryadi.

Borneo Istimewa, tambah Haryadi juga harus sudah mulai memasuki pasar ekspor, seperti ke Negeri Jiran Malaysia dan Singapura.

"Saya yakin bahwa dengan berbagai keseriusan yang dilakukan oleh UMKM Borneo Istimewa akan memudahkan semua produk yang dihasilkan dapat diterima di pasar internasional," tuturnya.

Sementara itu, Perwakilan UMKM Borneo Istimewa, Endah Purnamasari mengucapkan terimakasih atas dukungan yang telah diberikan pemerintah Kota Pontianak selama ini.

"Saya harap dukungan dari pemerintah menjadi pemicu agar pelaku UMKM lebih giat dan berinovasi menghasilkan produk yang lebih baik," ujar Owner Jamu d'Shenda (Varian Minuman Jamu) ini.

Selaras dengan harapan tersebut, dan sebagai tindak lanjut dari usaha memasuki pasar ekspor, UMKM Borneo Istimewa meminta adanya rekomendasi izin layak edar atau yang biasa disebut MD dari BPOM.

"Dengan MD ini nantinya berbagai makanan dalam kemasan produksi UMKM Borneo Istimewa semakin terdistribusi secara meluas di pasar internasional, khususnya seperti Malaysia dan Singapura," pungkasnya. (bob)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda