Ponticity post authorKiwi 17 Juni 2024

Ribuan Warga Pontianak Tunaikan Salat Id

Photo of Ribuan Warga Pontianak Tunaikan Salat Id

PONTIANAK,SP - Ribuan masyarakat muslim di Kota Pontianak, Provinsi Kalbar, memadati Ruas Jalan Rahadi Usman dalam pelaksanaan Salat Iduladha 1445 Hijriah, Senin (17/6/2024).

Salat Id berjemaah yang digelar Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Pontianak 
di depan Kantor Wali Kota Pontianak ini menghadirkan Dr H Mulyadi, MSi sebagai Khatib dan H Abdul Syukur Mustafa selaku Imam.

Dalam tausiyahnya, Mulyadi menjelaskan bahwa ibadah kurban merupakan salah satu ibadah penting dalam  ajaran Islam. Ibadah ini memiliki pondasi kuat dan memiliki akar sejarah panjang dalam tradisi rasul-rasul terdahulu. 

“Ajaran kurban dan praktiknya telah ditunjukkan secara sinergik oleh para nabi dan rasul hingga Nabi Muhammad, SAW,” jelasnya.

Pada Hari Raya Iduladha ini, bagi yang mempunyai kemampuan materi disyariatkan untuk menunaikan ibadah kurban sebagai wujud ketaatan kepada Allah, SWT dan Rasulullah Muhammad, SAW. Ibadah kurban dilakukan sebagai wujud syukur kepada Allah, SWT atas karunia nikmat yang sangat banyak.

“Allah, SWT telah memberikan nikmat yang sangat banyak kepada kita, baik yang bersifat materi maupun non materi, kesehatan diri dan keluarga kita, bahkan rezeki kita yang berupa materi serta nikmat lainnya yang tidak bisa kita hitung banyaknya,” pungkasnya. 

Sementara, Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak Ani Sofian mengatakan, Hari Raya Iduladha adalah momentum yang tepat untuk memaknai arti pengorbanan. Dia pun mengajak umat muslim untuk merefleksi diri berdasarkan kisah mulia Nabi Ibrahim dan anaknya, Nabi Ismail.

“Atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak, pribadi dan keluarga, saya menyampaikan ucapan selamat Iduladha 1445 Hijriah, mudah-mudahan hari raya membawa keberkahan dan kebaikan untuk umat muslim Kota Pontianak khususnya,” ucapnya, usai salat id berjemaah.

Ibadah haji merupakan satu di antara rukun Islam. Wajib hukumnya bagi yang mampu. Ani Sofian ikut mendoakan para jemaah yang sedang beribadah haji di tanah suci.

"Mari kita doakan bersama saudara kita yang sedang berhaji di tanah suci, semoga menjadi haji yang mabrur,” sebutnya.

Pj Wali Kota mengimbau pengurus masjid dan panitia pemotongan hewan kurban untuk mengurangi penggunaan kantong plastik pada saat membungkus daging hewan kurban. Langkah itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian pemerintah dengan lingkungan.

Selain itu, menurutnya, penggunaan kantong plastik pada hewan kurban juga dapat memicu bakteri mikroplastik. Pihaknya melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pontianak juga telah menyiapkan bahan pengganti seperti kantong besek di titik pemotongan hewan kurban.

“Kami sudah membuat Surat Edaran (SE) menyarankan untuk tidak menggunakan plastik saat pembagian daging hewan kurban. Bisa menggunakan kantong besek, daun pisang, daun jati atau daun simpur,” ungkapnya.

Sebelumnya, dalam rangka Hari Raya Iduladha, Pemkot Pontianak membagikan hewan kurban sebanyak 41 ekor sapi kepada masyarakat. Penyerahan dilaksanakan secara simbolis oleh Pj Wali Kota kepada perwakilan warga.

Berbagai instansi terlibat dalam penyaluran bantuan hewan kurban, mulai dari ASN di lingkungan Pemkot Pontianak, Bank Kalbar, PT Pelindo, Koperasi Kantor Gubernur Kalimantan Barat, BPR Khatulistiwa hingga PDAM Tirta Khatulistiwa.“Hewan kurban ini kami serahkan kepada pengurus masjid, petugas kebersihan dan untuk masyarakat Kota Pontianak, harapannya masyarakat dapat bersukacita menyambut Hari Raya Iduladha,” imbuhnya. (din)

Sementara itu, di halaman Masjid Raya Mujahidin Pontianak juga dipadati ribuan masyarakat muslim yang melaksanaan Salat Iduladha 1445 Hijriah.

Pada Salat Ied berjamaah itu tampak pula hadir Pj Gubernur Kalbar Harisson, Gubernur Kalbar periode 2018-2023 Sutarmidji dan Wali Kota Pontianak periode 2018-2023 Edi Rusdi Kamtono.

Usai menunaikan Salat Iduladha, Pj Gubernur Kalbar Harisson, menyerahkan hewan kurban dari dirinya pribadi beserta keluarga ke Masjid Raya Mujahidin Pontianak. 

Harisson mengajak seluruh masyarakat Kalbar memaknai Hari Raya Iduladha dengan meneladani keikhlasan Nabi Ibrahim menjalankan ketakwaan Allah dalam rangka membangun Kalbar.

“Saya selaku pribadi, atas nama keluarga dan Pemprov Kalbar mengucapkan selamat Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah. Semoga amal ibadah kita selama satu tahun yang lalu mendapat imbalan yang terbaik dari Allah,” kata Harisson.

Dikatakannya, Hari Raya Iduladha mengingatkan umat muslim untuk meneladani keikhlasan Nabi Ibrahim menjalankan ketakwaannya kepada Allah. Nabi Ibrahim dengan keihklasannya mengorbankan anaknya Nabi Ismail.

Hal itu menurutnya harus diteladani dengan mengorbankan tenaga dan pikiran, semuanya untuk membangun Kalbar. Terutama untuk mendekatkan diri kepada Allah dan menjalin silaturahmi serta kedekatan dengan sesama umat.

"Hari raya Iduladha ini mengingatkan kita tentang bagaimana keikhlasan Nabi Ibrahim AS menjalankan ketaqwaannya kepada Allah SWT," ungkapnya.

Pj Gubernur Harisson berpesan kepada masyarakat untuk mengambil hikmah dari Hari Raya Iduladha sebagai bentuk pendekatan diri kepada Allah. Terutama sebagai rasa syukur kepada Allah atas nikmat kehidupan yang diberikan.

Kemudian nilai lainnya yang harus diambil dari Hari Raya Iduladha yakni semangat berbagi dan menguatkan persaudaraan. Serta tolong menolong dengan sesama serta menghapus dosa dan mendapatkan ganjaran yang besar.

"Saya mengingatkan seluruh masyarakat Kalbar, seluruh ASN di Kalbar untuk meneladani keikhlasan Nabi Ibrahim dalam rangka kita bersama-sama membangun Kalbar," kata Harisson.

Seperti diketahui pada Iduladha 1445 Hijriah ini Pemprov Kalbar menyiapkan sebanyak 64 ekor sapi yang akan didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota se-Kalbar. 

Sementara sapi bantuan Presiden Jokowi seberat 1,3 ton disalurkan kepada Masjid Agung Syuhada Kabupaten Bengkayang. (din)

Keywords

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda