Ponticity post authorBob 17 September 2020 9,591

43 Bandar Narkoba Kalbar Dipindahkan ke Nusa Kambangan

Photo of 43 Bandar Narkoba Kalbar Dipindahkan ke Nusa Kambangan DIPINDAHKAN- Narapidana yang merupakan bandar narkoba di Kalimantan Barat dipindahkan ke Pulau Nusakambangan.

PONTIANAK, SP – Sebanyak 43 narapidana yang merupakan bandar narkoba di Kalimantan Barat dipindahkan ke Pulau Nusakambangan, kabupaten Cilacap, provinsi Jawa Tengah.

Pemindahan napi ini dilakukan dari Bandara Supadio sekitar pukul 09.00 Wib menggunakan pesawat Hercules, Kamis (17/9).

“Ada 43 WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan),” kata Kadivpas Kemenkumham Kalbar, Suprobowati saat dikonfirmasi Suara Pemred.

Dia menyebutkan, bandar narkoba yang dipindahkan ini berasal dari Rutan Kelas IIA Pontianak sebanyak 13 orang dan dari Lapas Kelas IIA Pontianak sebanyak 30 orang.

“(Ini) perintah Dirjenpas,” ungkapnya.

Saat ini Suprobowati bersama Kepala Lapas Kelas IIA Pontianak, Farhan Hidayat ikut juga mendampingi pemindahan napi tersebut. Sekitar pukul 11.49 WIB rombongan tersebut baru mendarat di Yogyakarta.

Sementara itu, kepala Rutan Kelas IIA Pontianak, Muhammad Yani membenarkan bahwa ada 13 warga binaannya dipindahkan ke Nusakambangan. Seluruhnya merupakan bandar narkoba yang menjalani hukuman berat, yakni di atas 16 tahun penjara, seumur hidup dan pidana mati.

“Iya, karena beberapa di antara mereka merupakan bandar dan pengulangan kembali dengan jenis kasus yang sama,” kata Yani.

Kata Yani, pemindahan ini dalam rangka pencegahan terhadap peredaran narkoba di Rutan maupun Lapas yang mengacu pada intruksi Ditjenpas pada rapat kerja tanggal 29 Juni 2020 lalu. Dengan adanya pemindahan ini maka, Yani menyebutkan napi kasus narkoba di Rutan Kelas IIA Pontianak tersisa 319 orang. (sms)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda