Ponticity post authorBob 17 Oktober 2020 152

Lengkapi Sarana dan Prasarana Taman Kota, Pemkot Siapkan Alat Olahraga

Photo of Lengkapi Sarana dan Prasarana Taman Kota, Pemkot Siapkan Alat Olahraga Lengkapi Sarana dan Prasarana Taman Kota, Pemkot Siapkan Alat Olahraga

PONTIANAK, SP – Keberadaan taman yang ada di Kota Pontianak sudah mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Selain sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH), taman kota kini juga menjadi sarana rekreasi dan olahraga bagi keluarga.

"Di beberapa taman kota kita sediakan fasilitas alat olahraga seperti yang ada di gym tapi dalam bentuk sederhana dengan fungsi yang sama," ujar Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono saat meninjau Taman Alun Kapuas, Jumat (16/10).

Taman-taman yang ada dilengkapi dengan berbagai fasilitas agar pengunjung merasa nyaman. Taman Alun Kapuas misalnya, satu diantara taman yang dilengkapi perpustakaan, jogging track, alat olahraga gym sederhana dan kursi-kursi untuk bersantai. Selain itu, pohon-pohon yang rindang menjadi peneduh di taman-taman tersebut.

"Kita akan melengkapi alat gym di Taman Sepeda, Taman Akcaya, dan daerah pinggiran waterfront sebagai bagian fasilitas bagi warga Kota Pontianak untuk berolahraga," terangnya.

Edi menambahkan, di wilayah Kecamatan Pontianak Utara, pihaknya tengah melakukan pemetaan lahan milik Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak yang berpotensi untuk dikembangkan. Apalagi wilayah Kecamatan Pontianak Utara masih cukup luas sehingga memungkinkan untuk dijadikan ruang terbuka hijau yang representatif dan sesuai dengan fungsinya.

"Masyarakat Kecamatan Pontianak Utara tidak perlu jauh-jauh lagi ke sini (pusat kota), mereka bisa melakukan aktivitas rekreasi di ruang terbuka hijau di Pontianak Utara," ucapnya.

Selain menambah fasilitas alat gym sederhana di taman-taman Kota Pontianak, Pemkot Pontianak juga akan menambah fasilitas wifi dan spot-spot yang Instagramable. Bahkan ia mempersilakan apabila ada masyarakat yang memiliki ide-ide untuk konsep taman agar bisa disampaikan kepada Pemkot Pontianak.

"Kita harus ciptakan kota yang semenarik mungkin, kreatif, unik dan khas, tentunya tidak ada di daerah lainnya," pungkasnya.

Bangun Plaza Untan

Beberapa waktu lalu, Edi juga mengatakan tahun ini Pemkot Pontianak akan menuntaskan pengerjaan trotoar di Jalan Ahmad Yani. Kemudian dilanjutkan dengan penataan taman di depan Auditorium Untan. Taman dan plaza yang ada pada lokasi tersebut akan dimaksimalkan hingga menjadi rapi kreatif dan bisa dimanfaatkan multifungsi.

"Pemerintah Kota Pontianak mempersiapkan anggaran Rp3,5 miliar untuk pembangunan taman di depan Auditorium Untan," tuturnya.

Plaza tersebut akan dimaksimalkan sehingga bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa, masyarakat dan lainnya. Beberapa kegiatan bisa dilakukan seperti bazar, pasar murah, pameran, konser musik dan kegiatan kesenian lainnya. Kemudian bisa juga dimanfaatkan sebagai tempat parkir jika ada kegiatan wisuda.

"Pemkot Pontianak menargetkan pembangunan plaza di depan Auditorium Untan akhir tahun ini sudah bisa difungsikan," katanya.

Ia menyampaikan untuk sebagian sisa taman di depan Auditorium Untan juga akan dibangun taman kreatif. Temanya diharapkan bisa memberikan edukasi dan rekreasi bagi pengunjung. Pasalnya lokasi tersebut sebagai titik sentral berkumpulnya masyarakat.

"Saya punya ide kenapa tidak kita buat taman sepeda yang mencerminkan tentang sepeda misalnya, tapi nanti akan kita buat bentuknya supaya kontras dengan lingkungannya," kata Edi.

Edi mengungkapkan, di Kota Pontianak juga ada beberapa pembalap yang membawa nama harum Kota Pontianak dan Provinsi Kalbar. Bahkan ada pembalap yang bisa membawa nama harum Indonesia. Nama-namanya bisa diabadikan berupa telapak kaki, telapak tangan, foto dan lainnya beserta piala yang didapatkan.

"Sehingga bisa mengedukasi masyarakat kita bangga dengan pahlawan olahraga yang membawanya nama harum bangsa," tuturnya.

Hal tersebut menurutnya yang secara bertahap harus dimunculkan. Orang-orang yang berjasa membawa nama harum Kota Pontianak harus diberikan apresiasi. Seperti halnya pada taman catur saat ini yang buatkan semacam kaligrafi Wali Kota Pontianak terdahulu.

Kemudian selain lahan tersebut beberapa titik lainnya milik Universitas Tanjungpura juga ditingkatkan kualitas fungsi dan kegunaannya oleh pemerintah Kota Pontianak. Diantaranya ruang terbuka hijau, sarana, olahraga dan rekreasi sudah otomatis ada kerjasama yang baik.

"Kita sudah MOU dengan Untan, karena lahannya berada di tempat strategis, kita juga berterimakasih dan mengapresiasi, karena kalau lahan tersebut fungsinya bisa dinikmati masyarakat banyak tentu akan berdampak pada citra atau daya saing Kota Pontianak dimata warga dan pendatang," jelas Edi. (din)

 

 

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda