Ponticity post authorKiwi 20 September 2020 15,118

Kasus Tilang Berujung Asusila, Kapolresta Pontianak: Upaya Damai Keluarga Pelaku Sah-Sah Saja, Tapi Proses Hukum Tetap Jalan

Photo of Kasus Tilang Berujung Asusila, Kapolresta Pontianak: Upaya Damai Keluarga Pelaku Sah-Sah Saja, Tapi Proses Hukum Tetap Jalan

PONTIANAK, SP - Beredar informasi upaya damai yang dilakukan pihak keluarga oknum Satlantas Polresta Pontianak (DY) pelaku cabul anak di bawah umur terhadap keluarga korban.

Menanggapi hal tersebut, Kapolresta Pontianak, Kombespol Komarudin menyebutkan hal tersebut sah-sah saja dan lazim dilakukan antara dua pihak yang bermasalah.

"Terkait dengan beredar kabar adanya upaya dari berbagai pihak terutama pihak keluarga pelaku atau siapapun yang akan melakukan damai kepada keluarga korban itu sah-sah saja, silah-silahkan saja. Itu hak setiap orang yang bermasalah. Silah-silahkan saja," kata dia, minggu (20/9).

Namun demikian, dia menegaskan yang harus digaris bawahi adalah upaya perdamaian tidak akan memutuskan perkara pidana.

Dengan kata lain proses hukum terhadap pelaku tetap berjalan.

"Silah-silahkan saja, jadi itu tidak perlu dijadikan sebuah polemik baru, siapa saja boleh berupaya damai, hanya mungkin bisa digunakan untuk meringankan hukuman tapi proses tetap berjalan. Sekali lagi kami tegaskan, kita tidak bergeming terhadap apapun itu, proses tetap berjalan karena itu sebuah pembelajaran berharga bagi institusi polri," tambahnya lagi.

Kata Komarudin, atas kasus ini bukan hanya merugikan pihak keluarga korban saja. Namun juga banyak pihak lain, terutama terhadap institusi Polri sendiri. Atas ulah oknum ini, menurut dia nama institusi Polri tecoreng.

"Institusi Polri juga menjadi korban karena sudah tercoreng dari ulah oknum. Masih banyak polisi-polisi baik saat ini terpukul dengan kejadian tersebut. Oleh karenanya saya pastikan proses tetap berjalan kalaupun memang ada upaya mereka mau berdamai silah-silahkan saja, sah-sah saja. Siapapun bisa melakukan itu namun hukum tetap ditegakkan," tegasnya. (Sms/)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda