Ponticity post authorKiwi 21 Oktober 2020 923

Kursi Panas Rektor IAIN Pontianak, Panitia Penjaringan Menetapkan Enam Bakal Calon

Photo of Kursi Panas Rektor IAIN Pontianak, Panitia Penjaringan Menetapkan Enam Bakal Calon
Dr Syarif mengungkapkan pernah ada surat bersama dari pejabat di lingkungan IAIN Pontianak. Sebanyak 80 persen pejabat bertanda tangan yang memohon Menteri Agama untuk meninjau kembali SK pembebasan tugas.

"Artinya saat ini ada 80 persen lebih pejabat masih menginginkan saya (untuk menjadi Rektor)," ucapnya.

Diungkapkan Syarif, IAIN Pontianak membutuhkan figur yang akomodatif terhadap semua golongan. Dirinya memiliki prinsip semua orang punya partisipasi dan peran dalam membesarkan IAIN Pontianak. Sehingga semua orang harus di akomodir.

"Oleh karena itu pada zaman saya itu, saya angkut semua kelompok tidak membedakan dari mana, kami banyak mencapai hal yang bahkan tidak di capai kampus lain," sebutnya.

Ia menyebutkan dalam hal mendukung keutuhan NKRI. IAIN Pontianak menjadi satu-satunya PTN di Indonesia yang menerapkan sertifikasi wawasan kebangsaan kepada pengurus organisasi mahasiswa. Kemudian terkait administrasi tanda tangan elektronik berbasis Badan Siber Sandi Negara.

"Dosen IAIN Pontianak tidak ada alasan untuk tidak melayani mahasiswa walaupun WFH, karena bisa membimbing dan bisa bertanda tangan dari rumah, dan banyak kemajuan lainnya, ini hasil dari kebersamaan," pungkasnya.

Tidak Ada Masalah

Ketua Panitia Penjaringan Balon Rektor IAIN Pontianak, Fitri Sukmawati mengatakan tidak ada permasalahan  pada saat penjaringan dan penetapan Balon Rektor IAIN Pontianak. "Alhamdulillah proses berjalan dengam lancar dan sukses," kata Sukmawati kepada Suara Pemred, Rabu (21/10).

Dijelaskan Sukmawati penetapan Balon rektor IAIN Pontianak disertai dengan penyerahan berkas administrasi ke Plt Rektor, dan telah dilakukan oleh Panitia Penjaringan pada Selasa, 20 Oktober 2020. 

Kemudian nantinya Plt Rektor meneruskan ke Senat IAIN Pontianak Daftar Nama Balon diserta Dokumen Administrasi untuk dilaksanakan Rapat Pertimbangan Kualitatif.

Berdasarkan pertimbangan Kualitatif dari Senat yang diserahkan ke Plt Rektor, tahapan selanjutnya diserahkan ke Dirjen Pendis untuk dilakukan tahapan seleksi oleh Komisi Seleksi yang ditetapkan oleh Menteri Agama, akan diseleksi menjadi 3 berdasarkan nilai, dan Manteri Agama selanjutnya akan menetapkan 1 Calon Sebagai Rektor IAIN Pontianak.

"Tahapan kesemuanya sudah diatur dalam PMA 68 Tahun 2015 dan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3131 Tahun 2020," jelasnya.

Mengenai berkas dan syarat sudah disampaikan oleh Panitia Penjaringan kepada semua civitas akademika IAIN Pontianak, bahkan bisa dilihat publik di website resmi IAIN Pontianak.

"Berkas dan Syarat dalam Penjaringan sudah dituangkan dalam Pengumuman Panitia Penjaringan Nomor PAN-JAR.BCR/IAIN-PTK/002/X/2020 Tentang Penjaringan Bakal Calon Rektor Institut Agama Islam Negeri Pontianak Masa Bakti 2020-2024 (ada di Web) yang disusun sesuai ketentuan kedua regulasi tersebut," katanya. 

Mahasiswa Kawal

Mahasiswa IAIN Pontianak, Rama Arta mengaku sudah mendengar mengenai pemilihan calon-calon rektor IAIN Pontianak. Akan tetapi belum ada berita selanjutnya terkait pemilihan calon-calon rektor ini. Rama berharap agar pihak panitia lebih tranparansi, khususnya kepada suluruh mahasiswa.

"Saya akan mengawal proses ini saya akan tunggu berita-berita selanjutnya dari pihak kampus, serta ikut memberikan support terkait proses kegiatan pemilihan ini," jelasnya.

Rama berharap Rektor IAIN Pontianak terpilih bisa memajukan Kampus dan lebih merakyat kepada para mahasiswa. Menurutnya, sosok yang dibutuhkan saat ini untuk Rektor IAIN Pontianak adalah seorang merakyat kepada mahasiswanya, dan seseorang yang jujur.

"Yang pasti, punya rekam jejak yang baik, atau dia adalah orang yang baik. Kemudian harapan mahasiswa dengan pemilihan calon-calon Rektor IAIN Pontianak ini, untuk saya sendiri meminta kabar-kabar selanjutnya terkait transparasi pemilihan Rektor ini," ujarnya. (iat/sms/mul/hd)

Halaman Selanjutnya

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda