Ponticity post authorKiwi 24 Juni 2024

Pj Gubernur Harisson Buka Popda Kalbar di GOR Bertaraf Internasional

Photo of Pj Gubernur Harisson Buka Popda Kalbar di GOR Bertaraf Internasional Pj Gubernur Harisson didampingi Kepala Disporapar Kalbar Windy Prihastari membuka Popda 2024. ADPIM PEMPROV KALBAR

PONTIANAK,SP - Penjabat (Pj) Gubernur Harisson secara resmi membuka gelaran Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) pada Senin (24/6/2024).

Pembukaan kompetisi antar pelajar tersebut secara istimewa dilakukan di Gelanggang Olahraga (GOR) Terpadu Ahmad Yani.

GOR bertaraf internasional tersebut sengaja dipilih Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Kalbar sebagai lokasi pembukaan Popda 2024. Sebanyak 1500 atlet dari seluruh kabupaten kota se Kalbar akan berkompetisi dalam gelaran tersebut.

Popda Kalbar 2024 akan berlangsung hingga Jumat (28/6/2024) mendatang dengan mempertandingan delapan cabang olahraga (cabor). Diantaranya sepak bola, basket, bola voli, bulutangkis tenis lapangan, sepak takraw, tinju dan pencak silat.

Pj Gubernur Harisson menyebut Popda digelar sebagai ajang untuk mengasah kemampuan atlet-atlet pelajar Kalbar. Dengan semakin sering kompetisi maka akan dapat memberikan peningkatan potensi atlet-atlet sejak dini. Agar bisa semakin berkembang untuk mencapai prestasi tingkat nasional dan internasional.

"Kita ingin agar atlet atlet pelajar ini benar-benar bisa berkembang menjadi berprestasi ditingkat nasional maupun internasional seperti yang ditunjukkan atlet-atlet kita sudah banyak atlet atlet kita yang berprestasi di tingkat internasional dan sudah ada yang masuk ke olimpiade," ungkap Harisson.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kalbar Windy Prihastari menyebut sebanyak 1500 atlet se Kalbar berkompetsi dalam gelaran Popda 2024. Ajang tersebut menjadi upaya meregenerasi atlet-atlet berprestasi sejak dini. Agar mampu meraih prestasi pada tingkat nasional hingga internasional.

"Diharapkan dengan adanya Popda ini terus memberikan motivasi kepada seluruh pemuda yang ada di Kalbar bahwa peluang untuk berprestasi dibidang olahraga sangat terbuka sekali," ungkap Windy.

Dirinya menambahkan POPDA digelar sesuai tugas pokok dan fungsi Disporapar Provinsi Kalbar dalam pembinaan dan pengembangan prestasi olahraga pelajar. POPDA diselenggarakan sebagai bagian dari sistem kompetisi olahraga pelajar yang berjenjang dan berkelanjutan pada tingkat daerah.

Menurutnya POPDA merupakan wadah seleksi atlet pelajar menuju Pra POPNAS dan POPNAS sebagai ajang kompetisi pelajar tertinggi tingkat nasional. Bahkan diharapkan mampu menjadi momentum dalam peningkatan prestasi olahraga hingga ASEAN School Games dan lainnya.

"Atlet pelajar asal Kalbar sudah dapat mampu membuktikan dirinya sebagai atlet pelajar yang berdaya saing dan berprestasi," jelasnya.

Windy berharap lewat gelaran POPDA akan lahir cikal bakal atlet Kalbar yang berprestasi baik ditingkat nasional bahkan internasional. Menurutnya membangun prestasi memang harus dilakukan sejak dini. Hal ini menurutnya menjadi tugas bersama untuk terus melakukan pembinaan dan pengembangan atlet pelajar.

"Pelaksanaan POPDA ini juga untuk mengukur pencapaian pembinaan prestasi olahraga atlet pelajar daerah yang hasilnya akan dipersiapkan untuk mewakili Kalbar pada kualifikasi POPNAS di Kota Solo November mendatang," pungkasnya. (*)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda