Ponticity post authorKiwi 27 September 2021

DPP Persaudaraan Sambas Serantau Resmi Dikukuhkan

Photo of DPP Persaudaraan Sambas Serantau Resmi Dikukuhkan Istimewa

 

PONTIANAK, SP -  Dewan Pengurus Pusat (DPP) Persaudaraan Sambas Serantau (PASS) resmi dikukuhkan pada Minggu (26/9). PASS berkomitmen mewujudkan organisasi pelayan masyarakat. Sehingga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Sambas khususnya di perantauan.

Ketua Umum DPP PASS Manto mengatakan kedepan pihaknya akan melakukan berbagai program sebagai pelayan masyarakat Sambas yang berada di perantauan. Meskipun sebenarnya hal tersebut sudah dilakukan sejak lama. Akan tetapi kali ini di legal formalkan dalam sebuah wadah yakni PASS.

"Kami meneruskan yang selama ini sudah kita lakukan baik di bidang sosial maupun lainnya, masyarakat Sambas umumnya tersebar di berbagai provinsi bahkan luar negeri," ucap Ketua Umum DPP PASS Manto usai pengukuhan pada Minggu (26/9).

Ia menambahkan PASS berkomitmen membantu berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat. Misalnya dalam dua bulan terakhir beberapa warga Sambas terlantar di Lampung sehingga sulit kembali ke kampung halaman. Melalui kerjasama dengan pemerintah setempat hingga mereka bisa dipulangkan ke Sambas.

Dirinya menyampaikan gerakan yang dilakukan PASS tidak hanya konvensional akan tetapi juga memperjuangkan hal lainnya. Seperti pada beberapa waktu lalu ada warga Sambas menghadapi tuntutan hukum akibat menjual burung. Sehingga PASS juga berupaya memberikan bantuan.

"Jika ada warga Sambas yang mengalami kesulitan dalam usaha maka akan kami bantu untuk pemasaran, jaringan dan lainnya," katanya.

Manto mengungkapkan keberadaan organisasi PASS bukan untuk memunculkan etnisentris. Akan tetapi karena ketika warga Sambas yang sudah berada di luar daerah. Lalu bertemu warga Sambas lainnya maka akan merasa sebagai keluarga.

Dikatakannya kedepan direncanakan akan dibentuk Dewan Pengurus Daerah (DPD) dimasing-masing daerah. Bahkan akan diupayakan pembentukan DPD di luar negeri. Karena banyak masyarakat yang berada di negeri Jiran juga harus diperjuangkan.

"PASS juga tidak hanya memperjuangkan masyarakat Sambas tetapi juga masyarakat lainnya. Kedepan dalam konteks NKRI kita juga akan memberikan kontribusi kepada nusantara," tutupnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan mengatakan berharap PASS dapat memajukan potensi daerah. Dengan adanya organisasi ini bisa terbentuk satu ikatan antara masyarakat Sambas yang ada di Kalbar. Lalu bisa bersinergi dengan pemerintah daerah membangun Provinsi Kalbar.

"Orang Sambas harus bersatu padu, kalau bisa kedepan organisasi Sambas harus satu saja," ucap Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan.

Norsan menyebutkan keberadaan PASS bisa mengumpulkan seluruh masyarakat yang ada di rantau. Dengan adanya PASS diharapkan semakin dapat menyatukan warga Sambas di perantauan demi memperpanjang silaturahmi.

"PASS ini kedepan mudah-mudahan menjadi organisasi yang besar dan bisa mengayomi masyarakat," jelasnya.

Dewan Pembina PASS Edi Rusdi Kamtono mengatakan dengan keberadaan PASS semua pihak yang berada di luar Kabupaten Sambas bisa menjalin silaturahmi dan berkomunikasi. Untuk memaksimalkan potensi Kabupaten Sambas. Terlebih sebagian besar warga Kabupaten Sambas yang merantau banyak yang berhasil.

"Dengan potensi yang ada saya yakini kedepan Kabupaten Sambas akan semakin maju," ucap Dewan Pembina PASS Edi Rusdi Kamtono.

Wali Kota Pontianak ini menyebutkan kolaborasi yang terjalin selama ini harus semakin di tingkatkan. Karena Kota Pontianak tidak akan maju tanpa ada dukungan dari kabupaten kota lainnya. Sehingga keberadaan PASS harus bisa menjadi sarana untuk berkomunikasi dan berpikir untuk memajukan Kabupaten Sambas.

Dirinya meyakini tokoh dan masyarakat Sambas yang sukses bisa menyatukan tujuan untuk membangun daerah. Kemajuan yang terjadi di Kabupaten Sambas akan berdampak pada Kota Pontianak. Hal tersebut sebagai hubungan timbal balik yang tidak bisa di pisahkan satu dengan lainnya.

"Kita ingin menularkan kemajuan di segala bidang untuk daerah-daerah yang perlu kita pandang mendapatkan bantuan," tutupnya. (din)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda