Ponticity post authorBob 28 November 2022

Delegasi BIMP-EAGA Senang Kunjungi Rumah Radakng, Tamu Empat Negara Akui Kenikmatan Makanan Khas Kalbar

Photo of Delegasi BIMP-EAGA Senang Kunjungi Rumah Radakng, Tamu Empat Negara Akui Kenikmatan Makanan Khas Kalbar Kadisporapar Kalbar Windy Prihastari mendampingi delegasi BIMP-EAGA mencoba kue cucur.

PONTIANAK, SP - Di hari terakhir rangkaian Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) ke-25 Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines, East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) Tahun 2022 diisi dengan berbagai kegiatan di luar pertemuan. Salah satunya adalah site visit yang diikuti para delegasi di luar tamu VIP dan VVIP.

Puluhan delegasi yang diajak mengunjungi Rumah Radakng di Jalan Sutan Syahrir, merasa sangat senang dan puas atas sambutan yang diberikan Kalbar selaku tuan rumah. Dimana kegiatan site visit itu dikoordinir oleh Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kalbar.

Delegasi BIMP-EAGA yang diketuai Konsultan dari Departement Penanaman Modal Philippines Ogie Gaeta itu disambut dengan musik dan tari tradisional khas Kalbar.

Selain pertunjukan seni budaya, di sana juga ditampilkan bermacam atraksi permainan rakyat, pameran, pembagian suvenir, dan suguhan masakan atau makanan khas Kalbar.

Mereka tampak berbaur dengan suasana. Juga sangat antusias mencicipi beragam kuliner, mencoba permainan rakyat, dan juga saling berinteraksi satu sama lain. Ketua delegasi Ogie Gaeta bahkan sempat mencoba menaiki egrang, dan memainkan sumpit khas dayak.

Asdep Kerja Sama Ekonomi Regional dan Sub Regional Kemenko Perekonomian Dinda yang mendampingi rombongan tersebut menceritakan para tamu negara sangat senang mengikuti site visit di Rumah Radakng.

“Tamu Philippines saya sangat senang saat di Radakng. Ada yang gak bisa move on dari durian kampung (Jemongko). Ada juga yang nyesal gak pesan sekalian kerupuk basahnya. Kesan dari para delegasi, mereka gak nyangka disambut (luas biasa) seperti tadi,” ungkapnya.

Dinda pun menyampaikan terima kasih atas penyambutan yang sangat baik selama berkunjung ke Rumah Radakng. 

“Banyak makanan dan minuman yang disuguhkan sehingga delegasi pulang masih senyum, dan belanja. Ucapan terima kasih dari PIC city tour, Kemenko Perekonomian,” pungkasnya.

Salah satu delegasi, Deputy State Secretary Negara Bagian Sabah, Malaysia Datuk Hajah Diyanah Abdullah mengakui kelezatan ragam kuliner yang disajikan. Salah satunya ada bubur pedas khas Kabupaten Sambas. 

“Bubur pedas sedap, kami banyak belajar dari kunjungan kali ini. Terima kasih bapak ibu,” ucapnya di hadapan Sekda Kalbar Harisson dan Kadisporapar Kalbar Windy Prihastari.

Sementara itu Kepala Disporapar Provinsi Kalbar Windy Prihastari mengungkapkan, pihaknya sengaja melibatkan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar sekaligus bisa mempromosikan produk-produk mereka di sana. 

Windy berharap pihaknya bisa memaksimalkan momen BIMP-EAGA untuk melakukan promosi pariwisata dan ekonomi kreatif (ekraf) di Kalbar. 

“Kami mempersilahkan para delegasi untuk mencoba makan, masakan sederhana, kuliner khas Kalbar,” katanya. 

Koordinator UMKM yang disuguhkan dalam site visit tersebut, Yenna Wiguna menjelaskan Disporapar mengajak UMKM yang ada untuk bekerja sama menyajikan makanan, dan masakan khas Kalbar. 

“Baik (makanan) dari suku melayu, tionghoa, dan dayak. Di sini ada 11 stand, kayak ada (kue) cucur, kerupuk basah, kopi liberika, kerupuk amplang, masakan khas dayak. 

Selain itu menurutnya para delegasi kuga disuguhkan durian yang tengah populer sekarang yakni durian dari Jemongko. Lalu ada masakan khas melayu Kalbar seperti bubur pedas. Serta minuman khas tionghoa seperti che hun tiau, bongko dan lainnya.

 “Ada juga mie sagu, pokoknya banyak masakan-masakan yang lain. Kue-kue tradisional juga diangkat semua di sini, disajikan semua, dibuat oleh ibu-ibu UMKM yang ada di Kalbar ini,” pungkasnya. (din)

 

 

Keywords

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda