Ponticity post authorKiwi 28 November 2022

Pelatihan Khatib Jum'at Angkatan Ke II Tingkat Kalimantan Barat Sukses Dilaksanakan, Gubernur Beri Pesan Menarik

Photo of Pelatihan Khatib Jum'at Angkatan Ke II Tingkat Kalimantan Barat Sukses Dilaksanakan, Gubernur Beri Pesan Menarik istimewa

PONTIANAK, SP - Yayasan Dakwah Centre Indonesia Nurul Musthofa sukses melaksanakan Pelatihan Khatib Jum'at Angkatan Ke II pada hari Ahad, 27 November 2022 di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat mulai pukul 07.00 - 17.00 WIB. Kegiatan ini diikuti oleh 257 Peserta dari berbagai daerah di Kalimantan Barat. Kegiatan ini dihadiri Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, SH, M.Hum, Biro Kesra Kal-Bar sekaligus Pengawas Yayasan Dakwah Centre Indonesia Nurul Musthofa H. Rudy Syarifuddin, S.STP, Perwakilan Kementrian Agama Provinsi Kalimantan Barat dan Walikota Pontianak yang diwakili Kabag Kesra Kota Pontianak Bapak Zulkarnain. Kegiatan tersebut menghadirkan empat narasumber diantaranya Al-Habib Muhammad Iskandar Al-Qadry, S.HI, Muhammad Rizal Edwin, SE, M.Av, CTP, CPS, Ustadz Sardiawan Umar, S.Pd.I, M.Pd dan Ustadz Ubaidullah Murjani Yatim, S.Pd.I, M.Pd.

Dalam sambutannya Ustadz Ubaidullah Murjani Yatim, S.Pd.I, M.Pd selaku Pembina Yayasan Dakwah Centre Indonesia Nurul Musthofa menyampaikan "Saya sering menerima laporan dari masyarakat, banyak masjid yang nyaris batal pelaksanaan shalat jum'atnya karena khatib tidak datang atau tiba-tiba berhalangan dan membatalkan jadwalnya. Menurutnya hal itu terjadi karena lemahnya kaderisasi Khatib diberbagai daerah. Sehingga Pelatihan Khatib Jum'at Angkatan Ke II ini diharapkan selain dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas para khatib, juga terlaksananya program satu masjid minimal satu khatib cadangan. Lebih penting dari itu Khatib harus mampu menjadi teladan di masyarakat, bisa menjadi contoh dan ditiru sehingga para khatib punya peran penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa khususnya di Kalimantan Barat sesuai dengan tema kegiatan "Khatib Jum'at Hebat, Umat Kuat Bermartabat." Untuk memperkuat peran dan fungsi khatib, kedepan kami akan membentuk pengurus Ikatan Imam dan Khatib tingkat daerah diseluruh Kalimantan Barat berikut pelatihan dan pembinaannya secara kontinyu.

Dalam kesempatan yang sama Bapak Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, SH, M.Hum membuka acar secara resmi dan memberi pesan khusus agar para Khatib menyampaikan materi yang benar-benar dikuasainya dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Khatib menampilkan akhlaq mulia, menselaraskan antara pesan khutbah dan tindakan nyata, satu kata antara ucapan dan perbuatan. "Saya pernah ketemu satu kasus khatib ditinggalkan jamaahnya karena nyari udang di parit cuma pakai celana dalam." Khatib harus mampu menjaga sikapnya agar bisa menjadi teladan ditengah-tengah masyarakat. Sebelum membuka acara Bapak Gubernur mengapresiasi Yayasan Dakwah Centre Indonesia Nurul Musthofa yang dibina Ustadz Ubaidullah Murjani Yatim, S.Pd.I, M.Pd atas pelaksanaan Pelatihan Khatib Jum'at angkatan ke II tingkat Provinsi Kalimantan Barat.

Dalam Pelatihan Khatib Jum'at angkatan ke II ini para peserta mendapat materi yang lengkap dari para narasumber. Diantaranya Materi Public Speaking yang disampaikan oleh Muhammad Rizal Edwin, SE, M.Av, CTP, CPS, materi tentang Fiqh Khutbah oleh Al-Habib Muhammad Iskandar Al-Qadry, S.HI, materi tentang akhlaq dan mental khatib oleh Ustadz Sardiawan Umar, S.Pd.I, M.Pd dan materi tentang adab, karakteristik, teknik dan retorika Khutbah disampaikan oleh Ustadz Ubaidullah Murjani Yatim, S.Pd.I, M.Pd. Pada sesi praktikum peserta mengikutinya dengan antusias dan bersemangat, dan diakhir sesi panitia memberikan hadiah untuk para penampil dan pembuat konsep khutbah terbaik. Dengan materi-materi tersebut diharapkan para Khatib Jum'at dapat lebih memahami peran dan fungsinya ditengah-tengah masyarakat, sehingga menjadi khatib yang selalu dirindui oleh jamaahnya.(*)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda