Ponticity post authorKiwi 28 November 2023

Yasonna H Laoly Resmikan 61 Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Kalimantan Barat

Photo of Yasonna H Laoly Resmikan 61 Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Kalimantan Barat
Pontianak,SP – Sebanyak 61 Desa/Kelurahan di Provinsi Kalimantan Barat menerima penghargaan Anubhawa Sasana dalam kegiatan peresmian Desa/Kelurahan Sadar Hukum yang diresmikan secara langsung oleh Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H. Laoly di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat, Selasa (28/11).
 
Kegiatan diawali dengan laporan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerin Hukum dan HAM Kalimantan Barat Muhammad Tito Andrianto. Tito dalam laporannya mengatakan bahwa Sejak tahun 2011 hingga 2019, telah diresmikan 166 Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Kalimantan Barat. Pada hari ini, akan diresmikan tambahan 61 Desa/Kelurahan Sadar Hukum dari 30 Kecamatan dan 8 Kabupaten/Kota, sehingga totalnya menjadi 227 Desa/Kelurahan Sadar Hukum.
 
“Mengawali laporan ini kami mengucapkan selamat datang Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia di Kota Pontianak Bumi Khatulistiwa. Ucapan terima kasih yang setinggi- tingginya kami sampaikan kepada Bapak Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia disela-sela kesibukan yang luar biasa Bapak Menteri beserta jajaran masih dapat meluangkan waktu untuk menghadiri acara ini, dan hal ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami,” ucap Kakanwil.
 
Kakanwil dalam laporannya juga menambahkan bahwa Pada tahun 2023 ini pula, melalui Ajang Nasional yang diselenggarakan Badan Pembinaan Hukum Nasional yaitu Anugerah Paralegal Justice Award, oleh 2 (dua) orang lurah dari Kota Pontianak di provinsi Kalimantan Barat yakni Lurah Batu Layang Teguh Setiawan meraih penghargaan Paralegal Justice Award (PJA) dan Junarta Lurah Bangka Belitung Laut meraih penghargaan Non Litigation Peacemaker (NLP).
 
Pada Kegiatan Peresmian Desa/Kelurahan Sadar Hukum pada hari ini juga memberikan piagam pengukuhan kepada 6 (enam) Sekolah yang telah mendapatkan kegiatan pembinaan dan pembentukan Sekolah Sadar Hukum dan HAM oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat serta telah memenuhi kriteria Sekolah Binaan Sadar Hukum dan HAM dan juga dilaksanakan Launching E-Book Panduan Pembentukan Sekolah Sadar Hukum dan HAM karya Para Penyuluh Hukum Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat sebagai Buku Panduan bagi kalangan sekolah untuk mulai membentuk Kelompok Pelajar Sadar Hukum dan HAM sebagai pondasi awal terbentuknya Sekolah Sadar Hukum dan HAM di wilayah Provinsi Kalimantan Barat.
 
Tak lupa pula Kakanwil mengucapkan selamat kepada Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan HAM Widodo Ekatjahjana  yang hadir secara langsung di Pendopo Gubernur atas perolehan penghargaan prestisius Gatra Awards 2023 dalam kategori bidang Hukum sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi BPHN dalam mendorong transparansi, keterbukaan, dan pemberian akses keadilan bagi masyarakat kurang mampu dan kelompok rentan di Indonesia.
 
Pj Gubernur Kalbar Harisson dalam sambutannya sangat mengapresiasi atas terselenggaranya acara peresmian Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Kalimantan Barat. Harisson mengaharapkan acara ini menghasilkan manfaat besar terutama dalam memacu prestasi semua Kepala Desa/Lurah di wilayah Kalimantan Barat agar dapat meraih penghargaan dan dapat bersaing secara sehat dalam membangun daerah dan wilayahnya. Memberikan motivasi dan dorongan kepada Desa/Kelurahan Sadar Hukum yang telah melaksanakan hak dan kewajiban sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.
 
“ Saya mengapresiasi program Pembentukan dan Pembinaan Sekolah Sadar Hukum dan HAM di Provinsi Kalimantan Barat, yang fokus pada kalangan sekolah/pelajar sebagai generasi muda yang berperan penting dalam mendukung kesadaran hukum. Program ini diharapkan menjadi solusi komprehensif dalam mengatasi kenakalan remaja dan potensi kriminalitas, serta mewujudkan sekolah dengan prioritas supremasi hukum dan HAM. Hari ini, kita saksikan pengukuhan 6 sekolah binaan sadar hukum dan HAM di Provinsi Kalimantan Barat sebagai wujud nyata dari program tersebut,” tutup Pj. Gubernur.
 
Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H. Laoly dalam sambutannya menyamapaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Penjabat (Pj.) Gubernur Kalimantan Barat Harrison serta masyarakat Kota Pontianak dan Kalimantan Barat, yang selama ini telah memberikan dukungan dan bekerjasama dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Barat sehingga memudahkan pelaksanaan tugas dan fungsi, khususnya dalam program peningkatan kesadaran hukum masyarakat melalui Desa/Kelurahan Sadar Hukum.
 
“ Saya menyadari tidak mudah untuk mencapai predikat Desa/Kelurahan Sadar Hukum, karena harus memenuhi beberapa kriteria dan indikator penilaian indeks desa/kelurahan yang sangat kompleks sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Tahun 2006 tentang Pola Penyuluhan Hukum dan Surat Edaran Kepala BPHN Nomor : PHN-HN.04.04-01 Tahun 2022 tentang Pedoman Pembentukan dan Pembinaan Desa/Kelurahan Sadar Hukum (DSH/KSH),” ucap Yasonna.
 
Menkumham menyampaikan pelaksanaan kegiatan Peresmian 61 (enam puluh satu) Desa/Kelurahan Sadar Hukum Kalimantan Barat Tahun 2023 adalah suatu pencapaian besar dan wujud adanya sinergi antara Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota di wilayah Kalimantan Barat. Peresmian Desa/Kelurahan Sadar Hukum, merupakan sebuah prestasi dan hasil kerja nyata dari Pemerintah Daerah melalui pelaksanaan pembinaan kelompok keluarga sadar hukum (KADARKUM), pengembangan desa/kelurahan binaan sampai dengan terbentuknya desa/kelurahan sadar hukum.
 
“Peningkatan kesadaran hukum masyarakat merupakan salah satu modal besar bagi pemerintah dalam menghadapi tantangan global. Karena suatu daerah yang tingkat kesadaran hukumnya tinggi, sangat mendukung iklim investasi. Hal ini sangat erat kaitannya dengan Komitmen Pemerintah untuk terus melakukan upaya peningkatan dan pembenahan salah satunya dalam sektor investasi /kemudahan berusaha (Ease Of Doing Business) sebagai modal dalam menghadapi era masyarakat dan industri 5.0 (five point o) dengan jalan melakukan penguatan melalui berbagai bentuk kerjasama sebagai salah satu hal yang harus ditempuh oleh setiap negara untuk meningkatkan perekonomian. Hal ini diyakini akan dapat mendukung upaya kita sebagai salah satu “Epicentrum of Growth” di kawasan ASEAN, Indonesia harus terus memperkuat kerjasama konkret, menggelar berbagai kerjasama sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat,” ucap Menkumham.
 
“Pada hari ini saya meresmikan 61 (enam puluh satu) Desa/Kelurahan Sadar Hukum yang tersebar di 30 (tiga puluh) Kecamatan pada 8 (delapan) Wilayah Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat. Semoga dengan peresmian Desa/Kelurahan Sadar Hukum tahun 2023 ini, akan semakin meningkatkan kinerja, integritas dan berkontribusi membangun hukum di Provinsi Kalimantan Barat dalam rangka mewujudkan tujuan pembangunan hukum nasional di Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan tetap menjaga Netralitas dan Profesionalitas sebagai Aparatur Sipil Negara dalam menyambut Pesta Demokrasi Pemilu 2024”.
 
“Saya perlu mengingatkan dan menghimbau Bapak/Ibu dan Hadirin sekalian untuk tetap melakukan Pemantauan dan Pembinaan berkelanjutan terhadap Desa/Kelurahan yang telah berstatus Desa/Kelurahan Sadar Hukum. Karena status atau predikat Desa/Kelurahan Sadar Hukum sesuai aturan dapat dicabut atau ditinjau kembali apabila kondisi di lapangan sudah tidak sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan,” tutup Menkumham Yasonna H. Laoly pada sambutan Peresmian Desa/Kelurahan Sadar Hukum.
 
Daftar Penerima Piagam dan Medali Sekolah Sadar Hukum dan HAM adalah SMA N 1 Pontianak, SMA Swasta Kemala Bhayangkari Kubu Raya, SMK/SMTI Pontianak, SMP N 11 Pontianak, MTS N 2 Pontianak dan SMP N 1 Sungai Raya. Paralegal Justice Award (PJA) kepada Teguh Setiawan (Lurah Batulayang), Non Litigation Peacemaker (NLP) kepada Junarta (Lurah Bangka Belitung Laut).
 
Daftar Penerima Anubhawa Sasana Desa/Kelurahan Sadar Hukum diantaranya Kelurahan Condong Singkawang, Kelurahan Jawa Singkawang, Kelurahan Sungai Wie Singkawang, Kelurahan Sekip Lama, Kelurahan Pasiran Singkawang, Kelurahan Kuala Singkawang, Kelurahan Melayu Singkawang, Desa Kuala Satong Ketapang, Desa Mekar Jaya Ketapang, Kelurahan Banjar Ketapang, Kepala Desa Parit Baru Kubu Raya, Kepala Desa Teluk Kapuas Kubu Raya, Kepala Desa Sungai Raya Kubu Raya, Kepala Desa Rasau Jaya Umum Kubu Raya, Kepala Desa Rasau Jaya Tiga Kubu Raya, Kepala Desa Durian Kubu Raya, Kepala Desa Olak-olak Kubu Kubu Raya, Kepala Desa Kubu Kubu Raya, Kepala Desa Jeruju Besar Kubu Raya,  Kepala Desa Sungai Kupah Kubu Raya, Kepala Desa Punggur Besar Kubu Raya, Kepala Desa Sungai Kakap Kubu Raya, Kepala Desa Pematang Tujuh Kubu Raya, Kepala Desa Tapang Semadak Sekadau, Kepala Desa Gugah Sejahtera Sambas, Kepala Desa Parit Baru Sambas, Kepala Desa Twi Mentibar Sambas, Kepala Desa Merubung Sambas, Kepala Desa Sebawi Sambas, Kepala Desa Sepuk Tanjung Sambas, Kepala Desa Sulung Sambas, Kepala Desa Setalik Sambas, Kepala Desa Mekar Jaya Sambas, Kepala Desa Dungun Perapakan Sambas, Kepala Desa Pangkalan Bemban Sambas, Kepala Desa Seranggam Sambas, Kepala Desa Sabaran Sambas, Kepala Desa Sendoyan Sambas, Kepala Desa Semanga Sambas, Kepala Desa Sekuduk Sambas, Kepala Desa Penakalan Sambas, Kepala Desa Kalimantan Sambas, Kelurahan Tengah Mempawah, Kelurahan Pulau Pedalaman Mempawah, Kepala Desa Sungai Burung Mempawah, Kepala Desa Parit Banjar Mempawah, Kepala Desa Wajok Hilir, Kepala Desa Sejegi Mempawah, Kepala Desa Saham Landak, Kepala Desa Hilir Kantor Landak, Kepala Desa Sidas, Kepala Desa Tebedak, Kepala Desa Amboyo Utara, Kepala Desa Amboyo Inti, Kepala Desa Raja Landak, 
Kepala Desa Mata-Mata Kayong Utara, Kepala Desa Harapan Mulia, Kepala Desa Benawai Agung, Kepala Desa Pangkalan Buton Kayong Utara, Kepala Desa Telok Melano, Kepala Desa Nipah Kuning, Gubernur Kalimantan Barat, Walikota Singkawang, Bupati Ketapang, Bupati Kubu Raya, Bupati Sekadau, Bupati Sambas, Bupati Mempawah, Bupati Landak, Bupati Kayong Utara, Camat Singkawang Tengah, Camat Singkawang Barat, Camat Matang Hilir Utara, Camat Sungai Melayu Rayak, Camat Benua Kayong, Camat Sungai Raya, Camat Rasau Jaya, Camat Sungai Ambawang, Camat Kubu, Camat Sungai Kakap, Camat Sekadau Hilir, Camat Pemangkat, Camat Salatiga, Camat Tekarang, Camat Sebawi, Camat Sejangkung, Camat Tebas, Camat Selakau, Camat Selakau Timur, Camat Jawai Selatan, Camat Paloh, Camat Sajad, Camat Segedong, Camat Mempawah Timur, Camat Jongkat, Camat Mempawah Hilir, Camat Sengah Temila, Camat Ngabang, Camat Sukadana, Camat Simpang Hilir.(ril)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda