Potret post authorBob 05 Agustus 2020 42

Anugerah Air Bersih Satgas TMMD Reg ke-108 Kodim 1203/Ktp, Pengabdian untuk Negeri Angkat Derajat Warga Desa Beringin Rayo

Photo of Anugerah Air Bersih Satgas TMMD Reg ke-108 Kodim 1203/Ktp, Pengabdian untuk Negeri Angkat Derajat Warga Desa Beringin Rayo PENAMPUNGAN AIR - Bak penampungan air bersih dari Bukit Begontar yang dibangun oleh Sastgas TMMD Reguler ke-108 Kodim 1203/Ktp, sebagai cara mengatasi kesulitan air bersih di Desa Beringin Rayo.

KETAPANG, SP – Warga Desa Beringin Rayo, Kecamatan Tumbang Titi, Kabupaten Ketapang, kini sudah bisa tersenyum lebar. Masalah air bersih, yang hampir puluhan tahun menghantui mereka, sudah teratasi. Semuanya berkat anugerah dari adanya Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

TMMD Reguler ke-108 Kodim 1203/Ktp, telah memberikan berbagai bentuk Pengabdian untuk Negeri, khususnya kepada warga Desa Beringin Rayo, Kecamatan Tumbang Titi, Kabupaten Ketapang. Hampir 800 Jiwa di Desa Beringin Rayo, kini bisa menikmati air bersih hasil fokus sasaran Satgas TMMD Reguler ke-108 Kodim 1203/Ktp.

Beringin Rayo, adalah desa terluar di Kecamatan Tumbang Titi, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, Indonesia. Desa ini merupakan desa paling ujung di Hulu Sungai Pesaguan, yang hilirnya ada di Muara Kendawangan. Sebagian wilayah desa ini masih berupa hutan Dipterokarpa di wilayah berbukit. Hutan desanya masih alami dan sangat asri.

Desa Beringin Rayo punya tiga dusun, yaitu Dusun Kumpai Panjang, Dusun Lanjau, dan Dusun Beringin Rayo, yang sekaligus menjadi pusat Pemerintahan Desa (Pemdes). Desa ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Program TMMD Regulerke-108 Kodim 1203/Ktp, berlangsung sebulan, tepatnya sejak dibuka pada Senin, 29 Juni dan ditutup pada Rabu, 29 Juli 2020. Selama sebulan, Satgas TMMD berjuang dan mengabdi dengan membangun beberapa sasaran fisik dan nonfisik.

Adapun sasaran fisik di antaranya adalah membangun Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) melalui panel surya atau Pusat Listrik Tenaga Surya (PLTS). Ada sembilan unit PJU PLTS, yang tersebut di beberapa tempat strategis yaitu di sarana umum Desa Beringin Rayo.

Kemudian ada pembangunan Jalan Rabat Beton di dua lokasi, sepanjang 330 meter yang membentang dan membelah kebun-kebun warga, karena memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam rangka sarana jalan untuk mengangkut hasil pertanian. Selain itu, ada pula renovasi dan perehaban tiga rumah ibadah, yaitu Dua gereja dan satu mushola. Perebahan ini bertujuan untuk meningkatkan kekhusyukan umat dalam beribadah.

Lalu, yang menjadi andalan bagi warga Beringin Rayo adalah pembuatan Bak Air dan Pipanisasi untuk kebutuhan air bersih, yang langsung bisa dinikmati oleh warga desa. Pipanisasi ini dilakukan sepanjang 1,6 Km, dari Bukit Begontar, sebagai sumber mata air, ke seluruh wilayah Desa Beringin Rayo.

“Adanya Pipanisasi dan Bak Air Bersih, benar-benar mengangkat derajat hidup kami. Kini, kami mudah mendapatkan air bersih langsung dari sumber mata airnya,” tutur Pak Saprol, Tokoh Masyarakat Desa Beringin Rayo.

Dengan adanya aliran air bersih dari Bukit Begontar yang dialirkan oleh pipaniasasi Satgas TMMD Reguler ke-108 Kodim 1203/Ktp, membuat hidup masyarakat Desa Beringin Rayo naik kelas. Kini, mereka mengkonsumsi air bersih langsung dari sumbernya.

“Berkat pipanisasi yang langsung sampai di hadapan rumah kami, maka kehidupan masyarakat Desa Beringin Rayo semakin berkualitas. Derajat kesehatan kami semakin baik. Kami mengkonsumsi air bersih, yang langsung dari sumber mata airnya,” ujar Pak Saprol.

Terapkan Protokol Covid

Satgas TMMD Reguler ke-108 Kodim 1203/Ktp, dilaksanakan sesuai dengan arahan dari Presiden Republik Indonesia, bahwa TNI-Polri ditugaskan untuk memastikan penerapan disiplin protokol kesehatan di masyarakat.

Jadi disamping tugasnya melaksanakan program pembangunan secara fisik, Satgas TMMD juga memiliki tugas untuk melaksanakan sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat.

Sosialisasi protokol kesehatan dilakukan oleh Satgas TMMD dengan memberikan penyuluhan dan himbauan secara langsung kepada masyarakat. Seperti selalu mencuci tangan, menggunakan masker, menerapkan physical distancing, makan makanan bergizi serta olah raga yang teratur.

Selain memberikan penyuluhan kepada masyarakat, Satgas TMMD juga membagikan masker kepada masyarakat serta membangun sarana untuk mencuci tangan di lokasi TMMD. Ini dilakukan untuk memberikan contoh langsung kepada masyarakat.

Diharapkan dengan sosialisasi yang dilakukan terus menerus serta contoh nyata ini akan terbangun kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan kebijakan pemerintah. Sehingga masyarakat tetap produktif dan aman dari Covid-19.

Satgas TMMD ke-108 Kodim 1203/Ktp, selain melaksanakan pembangunan fisik juga terus menerus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang adaptasi kebiasaan baru.

Di samping tugasnya melaksanakan program pembangunan secara fisik, Satgas TMMD juga memiliki tugas untuk melaksanakan sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat.

Selain tujuan utamanya adalah membangun, agar masyarakat mendapatkan kesejahteraan, namun juga melalui TMMD ke-108 ini Kodam XII/Tpr ingin mewujudkan masyarakat produktif dan aman Covid-19.

Selain memberikan penyuluhan kepada masyarakat, Satgas TMMD juga membagikan masker kepada masyarakat serta membangun sarana untuk mencuci tangan di lokasi TMMD. Ini dilakukan untuk memberikan contoh langsung kepada masyarakat.

Diharapkan dengan sosialisasi yang dilakukan terus menerus serta contoh nyata ini akan terbangun kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan kebijakan pemerintah. Sehingga masyarakat tetap produktif dan aman dari Covid-19.

Menurut Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., yang melaksanakan Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Program TMMD Reguler ke-108 Kodim 1203/Ketapang di Desa Beringin Rayo, Kecamatan Tumbang Titi, Kabupaten Ketapang

Selaku Tim Wasev TMMD Kodam XII/Tpr, Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi dalam kesempatan tersebut selain meninjau sasaran TMMD juga mendapatkan pemaparan dari Dansatgas TMMD ke-108, Letkol Kav Jami'an terkait capaian pembangunan yang telah dilaksanakan oleh Satgas TMMD Kodim 1203/Ktp.

Kolonel Inf Aulia Fahmi saat di lokasi menjelaskan, kunjungannya tersebut merupakan bagian dari fungsi pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan TMMD Reg ke-108 TA. 2020 oleh Kodim 1203/Ktp.

"Saya ingin melihat sejauh mana pelaksanaan TMMD Reg ke-108  TA.2020 yang di gelar Kodim 1203/Ktp ini berjalan dengan baik atau tidak," jelasnya.

Menurutnya, selain mengerjakan sasaran fisik yang sedang berjalan, dengan senantiasa mengingatkan Dansatgas atau Dandim bahwa metode yang diterapkan adalah metode gotong royong yang didalamnya diwujudkan dengan partisipasi masyarakat setempat.

"Partisipasi masyarakat menjadi salah satu kunci keberhasilan pelaksanaan program TMMD," ujar Kolonel Inf Aulia Fahmi.

Selain melaksanakan sasaran fisik juga ada sasaran non fisik dalam bentuk, diantaranya sosialisasi rekrutmen prajurit TNI, penyuluhan faham radikalisme dan sosialisasi Karhutla dan penyuluhan bahaya narkoba serta sosialisasi tentang Covid-19.

Hal ini mengandung nilai spirit dan kepedulian masyarakat terhadap proses pembangunan nasional di wilayah, khususnya warga Desa Beringin Rayo. Ia juga berharap kepada masyarakat Beringin Rayo untuk peduli terhadap apa yang sudah dibangun oleh TNI melalui program TMMD Reg ke-108.

"Kita berharap hasil pembangunan yang sudah dicapai ini akan bertahan lama untuk itu masyarakat harus mempunyai rasa memiliki dan mau memelihara," paparnya.

Saat Wasev dan peninjauan pelaksanaan Satgas TMMD Reguler ke-108 diwilayah Kodim 1203/Ketapang, Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi juga membagikan masker kepada masyarakat di lokasi TMMD Desa Beringin Rayo, Kecamatan Tumbang Titi, Kabupaten Ketapang.

Dalam kesempatan tersebut, terlihat antusias warga Beringin Rayo ketika anggota Pendam XII/Tpr membagikan masker satu persatu untuk masyarakat di lokasi pengerjaan rabat beton TMMD Reguler ke-108.

Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi mengatakan, program TMMD Reguler ke-108 yang gelar Kodim 1203/Ktp TA 2020 ini, merupakan upaya TNI untuk membantu pemerintah melanjutkan pembangunan di pedesaan yang sempat terhenti karena dampak wabah Covid -19.

Dikatakan oleh kapendam selama pandemi covid -19, hampir semua program pembangunan dihentikan, itu karena pemerintah ingin fokus pada penanganan covid -19 hingga akhirnya perlahan pembangunan kembali dilaksanakan dengan kebijakan penerapan suatu protokol kesehatan, Selain melaksanakan kegiatan di sasaran fisik.

“Satgas TMMD Reguler ke-108 juga secara terus-menerus mensosialisasikan pencegahan penyebaran virus Corona dan penerapan disiplin protokol kesehatan kepada masyarakat melalui sasaran non fisik,” paparnya.

Ini juga memberikan contoh langsung penerapan disiplin kesehatan kepada masyarakat nantinya kesehatan dan ini menjadi budaya baru bagi masyarakat setempat.

“Kami ingin Manunggal dengan rakyat kami juga ingin mewujudkan masyarakat yang produktif aman dari Covid -19,”kata Kolonel Inf Aulia Fahmi.

Sedangkan terkait perkembangan hasil TMMD Reguler ke-108 yang gelar Kodim 1203/Ktp, Kapendam XII/Tpr menyebutkan perkembangan cukup baik. Terbukti personel Satgas TMMD mampu mendekatkan diri dengan masyarakat sehingga seluruh pekerjaan khususnya sasaran rabat beton dapat dikerjakan dengan baik secara bersama-sama.

Sinergitas Lintas Sektoral

Sejak start hari pertama, Polsek Tumbang Titi mendukung penuh kegiatan TMMD Reguler Ke-108, kodim 1203/Ktp di Desa Beringin Rayo,Kecamatan Tumbang Titi, KabupatenKetapang, yang juga merupakan wilayah hukum Polsek Tumbang Titi.

Hal tersebut disampaikan Kapten Inf Tego Santosa, Danramil 1203-09/Tumbang Titi, usai penutupan TMMD Reguler Ke-108, di Makodim 1203/Ktp.

Menurutnya, berkat sinergitas sudah terbagun tersebut, semua yang menjadi agenda TMMD Reguler Ke-108 TA 2020 di Desa Beringin Rayo yang berjalan selama sebulan penuh itu bisa berjalan dengan baik dan tepat waktu.

“Bukan hanya dalam kegiatan TMMD saja sinergitas antara Polsek dan Koramil Tumbang Titi selalu bersama, Namun hampir disetiap kegiatan lainnya TNI-Polri dan kecamatan Tumbang Titi, Kami selalu bersinergi,” ungkap Kapten Inf Tego Santosa.

Terbukti, Aiptu Ramuzakar, anggota Polsek Tumbang Titi ikut andil dalam kegiatan TMMD Reguler Ke-108, kodim 1203/Ktp, dengan memberikan penyuluhan tentang bahaya narkoba dengan tujuan agar generasi muda dapat terhindar dari Narkoba.

Sementara itu ditempat terpisah, Pasiter Kodim 1203/Ktp, Kapten Inf Yulianto mengapresiasi sinergitas antara anggota Polsek dan Koramil Tumbang Titi selama pelaksanaan TMMD Reguler Ke-108, kodim 1203/Ktp yang baru saja ditutup.

“Yang memang dari awal TMMD berlansung sangat mendukung kegiatan TMMD,”ujar Pasiter.

Pasiter Kodim 1203/Ktp juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang dilakukan Polsek Tumbang Titi. Ia menyatakan, kerja sama ini menunjukkan sinergitas semua elmen masyarakat.

Apresiasi Wabup

Program TMMD Reguler Ke-108 TA 2020 yang digelar Kodim 1203/Ktp dan di pusatkan di Desa Beringin Rayo, Kecamatan Tumbang Titi,  Kabupaten Ketapang, telah berakhir pada Rabu (29/7).

Anggota Satgas TMMD Reguler Ke-108 TA 2020 Kodim 1203/Ktp, berhasil menyelesaikan program sasaran fisik dan nonfisik dalam waktu 30 hari.Keberhasilan kegiatan tersebut ditandai dengan penandatanganan naskah serah terima pekerjaan hasil TMMD oleh Dansatgas TMMD Reguler Ke-108 TA. 2020, Kodim 1203/Ktp Letkol Kav Jami’an.,S.I.P., Kepada Bupati Ketapang Martin Rantan, S.H.,M.Sos.

Wakil Bupati Drs. H. Suprapto. S., sangat mengapresiasi hasil  TMMD Reguler Ke-108 TA. 2020, Kodim 1203/Ktp tersebut. Menurutnya, karena Program TMMD ini dapat dilaksanakan dengan baik dan tepat waktu.

“Ini sangat-sangat membantu Pemerintah Daerah  dalam percepatan pembangunan di wilayah,” ungkapnya saat diwawancarai.

Wabup Suprapto juga berharap Program TMMD bisa berlanjut di Kabupaten Ketapang, mengingat wilayah Ketapang sangat luas, sehingga sulit mencapai target-target tertentu.

“Untuk itu kami selaku pemerintah daerah mengucapkan terimakasih kepada TNI khususnya Kodim 1203/Ktp,” jelasnya.

Selain itu, Wabup Suprapto juga menyampaikan, selain Program TMM, TNI juga melaksanakan Program Bakti TNI yang sangat membantu dan member manfaat bagi masyarakat Ketapang.

Bupati Ketapang, Martin Rantan, mengapresiasi kemanunggalan Satgas TMMD Reguler Ke-108 Kodim 1203/Ketapang dan warga Desa Beringin Rayo. Apresiasi ini ia sampaikan tatkala mendampingi Danrem 121/Abw, Brigjen TNI Ronny,S.A.P, mengunjungi langsung lokasi TMMD.

“Saya bangga dan tentu saja berbahagia. Desa Beringin Rayo semakin maju dan asri. Semua ini berkat kerja sama Satgas TMMD dan warga yang bermanunggal,” katanya.

Bersama Danrem 121/Abw, Brigjen TNI Ronny,S.A.P, yang juga merupakan seorang putra kelahiran daerah Kabupaten Ketapang, yang juga mengapresiasi Pemkab, yang telah mendukung Program TMMD.Usai ritual penyambutan secara adat setempat, dalam rangka peninjauan langsung sasaran fisik TMMD Reg Ke-108 Kodim 1203/Ktp.

Dengan mengunakan sepeda motor Danrem langsung menuju sasaran rabat beton, di Desa Beringin Rayo, Kecamatan Tumbang Titi, Kabupaten Ketapang.

Dalam tinjauanya ke lokasi TMMD Reg Ke-108 Kodim 1203/Ktp kali ini, Didampingi oleh Kasi Intel korem 121/Abw Kolonel Inf Ibnu Subroto, Kasiter Korem 121/Abw Letkol Inf Daniel Edgar Syalom, Dansatgas (TMMD) Reguler Ke-108 Letkol Kav. Jami'an, S.I.P., Kepala Dinas PMPD Kab. Ketapang Drs. Heryandi, M.Si.

“Kita ketahui bersama bahwa TMMD merupakan salah satu program terpadu lintas sektoral yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," paparnya.

“TMMD menjadi program terpadu lintas sektor yang melibatkan TNI, Polri, kementerian dan lembaga pemerintah maupun non pemerintah. Melalui TMMD kita berharap dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan," ungkap Brigjen TNI Ronny,S.A.P.

Semua itu tentunya dapat terlaksana karena dukungan semua pihak, untuk itu ia mengucapkan terima kasih kepada Pemda, yang telah mendukung progam kegiatan TMMD ini semoga dengan adanya progam pembangunan desa melalui TMMD ini dapat menjadikan masyarakat Desa Beringin Rayo menjadi lebih maju.

Danrem 121/Abw menyebutkan, Jajaran Korem 121/Abw, Tahun 2020 ini terdapat dua wilayah TMMD Reg Ke-108, yaitu Kota Singkawang dan Kabupaten Ketapang dengan sasaran fisik dan nonfisik.

“Saya berharap dengan adanya pembangunan melalui TMMD ini bisa bermanfaat dan membangun masyarakat di daerah khususnya Desa Beringin Rayo,” Sebutnya.Desa Berinngin Rayo, merupakan wilayah strategis karena berbatasan dengan provinsi Kalteng.

Danrem 121/Abw juga berharap kedepanya terbangun jalan penghubung melalui Desa Beringin Rayo ini ke melalui kabupaten Lamandau, Kalteng.

Ketua DPRD Bangga

Ketua DPRD Ketapang, M Febriadi menyambut baik dilaksanakannya TMMD Reguler ke-108 Kodim 1203/Ktp, yang berlangsung di Desa Beringin Rayo, Kecamatan Tumbang Titi. Kegiatan tersebut akan berlangsung sebulan, yaitu dari 30 Juni hingga 29 Juli 2020.

“Kita memberikan Apresiasi setinggi-tingginya kepada Dandim 1203 Ketapang beserta jajaran. Selamat menjalankan tugas, semoga TMMD tahun 2020 berjalan dengan lancar dan sukses,” ucapnya.

Menurut M Febriadi, adanya Program TMMD Reguler ke-108, tentu menjadi cara terbaik dalam meningkatkan dan pemerataan pembangunan di pelosok negeri. Hal ini tercermin dari berbagai sasaran yang difokuskan pembangunan fisik dan nonfisik.

“Pemda juga membutuhkan bantuan melalui sinergitas seluruh elemen masyarakat. Program TMMD reguler ke-108 adalah jawaban dari adanya kerja sama tersebut,” kata M Feberiadi.

Doa Dansatgas TMMD

Komandan Kodim (Dandim) 1203/Ktp, Letkol Kav Jami’an, selaku Komandan Satgas (Dansatgas) bersyukur atas selesainya program TMMD Reguler ke-108 Kodim 1203/Ktp, yang berlangsung di Desa Beringin Rayo, Kecamatan Tumbang Titi, Kabupaten Ketapang, Karena memberi manfaat untuk masyarakat banyak.

Rasa syukur Dandim 1203/Ktp yang juga menjabat Dansatgas TMMD Reguler ke-108, menyatakan selama kurang lebih satu bulan para prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD Reguler ke-108 diberikan kesehatan serta kemudahan untuk dapat menyelesaikan tugas dan tanggung jawab pekerjaan yang dipercayakan negara kepada prajurit semuanya.

“Dimana hasil dari pekerjaan selama TMMD Reguler ke-108 yang dicapai seperti Renovasi Rumah Ibadah, Pembuatan Jalan Rabat Beton, Pembuatan Bak Air serta Pipanisasi dan pembangunan lampu Penerangan Jalan Umum selesai tepat waktu dan di persembahkan untuk keperluan masyarkat Desa Beringin Rayo sehingga berguna dan bermanfaat,” tuturnya.

Dansatgas TMMD Reguler ke-108 juga bersyukur dan berterima kasih atas bantuan dan kerjasama warga Desa Beringin Rayo, di mana selama melaksanakan Program TMMD Reguler ke-108 para prajurit sudah diterima menjadi bagian dari warga Desa beringin Rayo, dan ikut serta memberikan kontribusi dalam menyelesaikan pekerjaan pekerjaan yang sudah diprogramkan.

“Saya bersukur atas selesainya program TMMD Reguler ke-108 di mana dalam melaksanakan pekerjaan dilapangan tidak menemui kendala serta di beri kemudahan oleh Tuhan Yang Maha Esa, sehingga apa yang kita harapkan bisa selesai sepenuhnya tepat waktu,” papar Dansatgas TMMD Reguler ke-108.

“Semoga apa yang telah kita kerjakan dan lakukan selama sebulan ini menjadikannya ladang amal ibadah, serta kemanunggalan TNI dengan rakyat terus terbina,” pungkas Letkol Kav Jami’an. (aep mulyanto)

 

 

 

 

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda