Potret post authorBob 08 Juli 2024

Khun Tong Pimpin Rapat Persiapan Zhong Yuan, Ziarah Makam Kedua Mulai 4 – 18 Agustus 2024

Photo of Khun Tong Pimpin Rapat Persiapan Zhong Yuan, Ziarah Makam Kedua Mulai 4 – 18 Agustus 2024 MEMIMPIN - Ketua Umum Yayasan Budi Panjang sekaligus Yayasan Bhakti Rahayu, Tan Khun Tong memimpin rapat persiapan pelaksanaan ritual Zhong Yuan atau ziarah makam musim gugur kedua yayasan di Sekretariat Budi Panjang Pontianak, Minggu (7/7/2024) malam.

PONTIANAK, SP – Dua organ yayasan sosial pemakaman Pontianak menggelar rapat bersama menentukan upacara Chiu Cie (musim gugur) atau ritual ziarah makam pada saat sembahyang Zhong Yuan di Sekretariat Yayasan Budi Panjang, Minggu (7/7/2024).

Kedua yayasan tersebut adalah Yayasan Budi Panjang dan Yayasan Bhakti Rahayu Pontianak yang dinakhodai Ketua Umum Tan Khun Tong.

Tahun ini, tradisi pelaksanaan ziarah makam sembahyang Zhong Yuan dimulai pada Minggu (4/8/2024) dan berakhir pada Jumat (18/8/2024) mendatang.

Tradisi sembahyang leluhur yang kedua dalam tahun ini, menurut penanggalan Imlek setiap tahunnya dilaksanakan pada tanggal 1-15 bulan 7 Imlek yang juga disebut dengan sebutan ritual Zhong Yuan.

Hari terakhir sembahyang Zhong Yuan dilakukan upacara perebutan yang dinamakan Yi Lan Sen Hui. Chiong Shi Ku dialek Hakka, dan Chio Si Kow dialek Teo Chew

Ketua Umum Yayasan Budi Panjang Pontianak sekaligus Yayasan Bhakti Rahayu Pontianak, Tan Khun Tong mengatakan, setelah rapat mendengar masukan dan diskusi dengan jajaran pengawas dan pengurus yayasan akhirnya disepakati dan diputuskan hari yang tepat untuk pelaksanaan ritual Zhong Yuan kedua yayasan.

“Budi Panjang Pontianak ditetapkan sembahyang pada Rabu (7/8/2024) atau Imlek tanggal 4 bulan 7. Sementara Bhakti Rahayu dilaksanakan tiga hari kemudian yaitu Sabtu (10/8/2024) atau Imlek tanggal 10 bulan 7,” ujarnya.

Khun Tong mengajak semua pengawas dan pengurus agar bisa hadir di hari pelaksanaan ritual upacara sembahyang leluhur sekaligus ziarah makam nanti.

Selain itu, Ketua Umum juga meminta pengurus bagian umum dan perlengkapan agar menyiapkan segala keperluan yang dibutuhkan untuk ritual sembahyang leluhur di pemakaman nanti.

“Bagian umum dan perlengkapan kedua yayasan, tolong segera koordinasikan dan siapkan apa saja yang menjadi keperluan untuk pelaksanaan sembahyang nanti,” pungkasnya. (*)

Keywords

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda