Potret post authorBob 10 September 2021

Antisipasi Terjadinya Bencana dan Karhutla, Wahyu Hadiri Pembentukan Relawan Pemadam Kebakaran Datah Dian

Photo of Antisipasi Terjadinya Bencana dan Karhutla, Wahyu Hadiri Pembentukan Relawan Pemadam Kebakaran Datah Dian MEMASANG - Wakil Bupati Kapuas Hulu memasangkan topi pada peserta pembekalan relawan pemadam kebakaran Desa Datah Dian, Kecamatan Putussibau Utara, kemarin. IST

Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat, menghadiri kegiatan pembentukan dan pembekalan relawan pemadam kebakaran Desa Datah Dian, Kecamatan Putussibau Utara, kemarin.

Wahyu menyampaikan perlu kerja sama masyarakat dan pemerintah dalam mengatasi bencana dan kebakaran hutan dan lahan.

"Masalah kebakaran hutan dan lahan adalah masalah yang kompleks dan rumit sehingga pemerintah perlu melibatkan masyarakat, terutama masyarakat sekitarnya untuk berperan aktif agar tumbuh kesadaran akan bahaya kebakaran hutan dan lahan. Sehingga sedini mungkin dapat dilakukan pencegahan dan pengendalian, sebelum berdampak lebih luas. Dengan demikian, terjadi sinergisitas yang baik antara pemerintah dan warga masyarakat setempat," tuturnya.

Wahyu berpesan untuk serius dalam mengikuti pelatihan tersebut agar siap siaga apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan.

"Saya berpesan kepada para peserta masyarakat peduli api Desa Datah Dian, agar dapat mengikuti seluruh rangkaian pelatihan/pembekalan secara serius. Sehingga nantinya setelah selesai kegiatan ini, Bapak/Ibu memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai, sehingga berguna dalam kegiatan pencegahan dan penanggulangan karhutla yang mungkin saja terjadi di masa yang akan datang,” ungkapnya.

Ia juga meminta kepada para narasumber dan pelaksana agar dapat memberikan materi yang sesuai dan mengawal kegiatan sampai selesai, sesuai agenda yang telah direncanakan.

Pada kesempatan tersebut, Wahyu menyerahkan bantuan banjir untuk Desa Datah Dian, Desa Sambus, dan Desa Padua Mendalam.

"Pada kesempatan ini saya bersama rombongan bermaksud akan menyerahkan bantuan terhadap masyarakat Desa Datah Dian yang terdampak banjir. Jumlahnya mungkin tidak banyak, tetapi setiap bantuan terdampak korban bencana sudah ada ketentuannya,” jelasnya.

“Tentu kita sebagai pemerintah wajib mempedomani ketentuan yang sudah ada. Saat ini, inilah yang dapat kami salurkan. Jangan dilihat dari banyak dan nilai bantuan yang disalurkan, tetapi lihatlah kehadiran kami di sini merupakan bentuk kepedulian, empati,  dan dukungan moral Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu terhadap warga masyarakat desa," tandas Wahyu. (syapari/shella)

 

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda