Potret post authorBob 14 Agustus 2022

Kolaborasi dengan Berbagai Pihak, Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 645/Gty Gelar Khitanan Massal 31 Anak Batas Negeri

Photo of Kolaborasi dengan Berbagai Pihak, Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 645/Gty Gelar Khitanan Massal 31 Anak Batas Negeri Kolaborasi dengan Berbagai Pihak, Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 645/Gty Gelar Khitanan Massal 31 Anak Batas Negeri

SAMBAS, SP - Satgas Pamtas Yonif 645/Gty, bersama Tenaga Kesehatan (Nakes) Puskesmas Temajuk dan Rumah Zakat Kalbar (Aksi Sosial Merah Putih), menggelar Bakti Sosial (Baksos), berupa Khitanan Massal.

Kegiatan ini diikuti oleh 31 Anak di Batas Negeri, dan berlangsung di wilayah Pos Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Sabtu (13/8/2022).

Menurut Dansatgas Pamtas Yonif 645/Gty, Letkol Inf Hudallah, S.H., di Pos Kotis Gabma Entikong, Khitanan Massal tersebut dilaksanakan oleh Tim Kesehatan SSK 1 Satgas Pamtas Yonif 645/Gty dipimpin Letda Ckm dr. M. Arraniri beserta 7 anggota, Danpos Temajuk Letda Inf K.Ginting, Takes Pos Temajuk prada M.Ali beserta 5 orang anggota bersama Puskesmas Temajuk dan Rumah Zakat Kalbar (Aksi sosial merah putih).

"Kegiatan Khitanan Massal atau Sunatan Massal merupakan salah satu program di bidang Kesehatan Satgas, yaitu selain memberikan pelayanan kesehatan seperti pengobatan juga mengajak masyarakat untuk merawat diri dengan menjaga kesehatan sejak dini yaitu dengan melaksanakan Khitan atau Sunat," terang Dansatgas.

Diakuinya, operasi kecil khitan/sunat ini, memang merupakan kegiatan di bidang kesehatan, namun selain itu juga merupakan bagian dari pembinaan teritorial di daerah penugasan.

Khususnya di wilayah perbatasan RI-MLY lebih tepatnya di wilayah temajuk, Sekaligus untuk mendekatkan diri dengan masyarakat dalam membantu mengatasi kesulitan rakyat dan bertujuan membangun hubungan sosial dan komunikasi yang baik serta mempererat tali silahturahmi.

"Karena kegiatan ini memberikan efek kesehatan dalam jangka panjang terhadap kondisi tubuh masyarakat,” tambah Dansatgas.

Masyarakat sangat menyambut baik kegiatan Khitanan/Sunatan massal ini, hal ini dikarenakan untuk melakukan Khitan/sunat memerlukan dana yang cukup besar sehingga terkadang bagi orang yang tidak mampu akan mengalami kesulitan untuk melaksanakannya.

"Untuk itulah Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/Gty berinisiatif menggelar Baksos Khitanan/Sunatan Massal di perbatasan dan kehadiran kami ditengah-tengah masyarakat dapat memberikan manfaat dan pengaruh Positif dalam rangka Kemanunggalan TNI dengan Rakyat," ucap Dansatgas.

Sementara itu, perwakilan dari orang tua pasien mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dengan terselenggaranya kegiatan Khitanan Massal ini, khususnya warga desa yang kurang mampu merasa sangat terbantu.

"Karena kami dapat mengkhitan anak-anaknya saat ini dengan tanpa mengeluarkan biaya apapun mulai dari dikhitan, obat-obatan sampai dengan masa penyembuhan nantinya," kata Warga. (*)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda