Potret post authorKiwi 14 Desember 2020

Standar Baru Printer Ink Tank dengan Kemudahan Perawatan, Canon Hadirkan PIXMA Ink Efficient G Series

Photo of Standar Baru Printer Ink Tank dengan Kemudahan Perawatan, Canon Hadirkan PIXMA Ink Efficient G Series PERKENALKAN - Assistant Marketing Manager of Canon Business Unit pt. Datascrip Andryan Pranata dan Director of Canon Business Unit pt. Datascrip, Merry Harun – memperkenalkan Canon All New PIXMA G Series saat Exclusive Product Launch & Press Conference.

PONTIANAK, SP - Canon melalui pt. Datascrip sebagai authorized distributor-nya di Indonesia kembali menghadirkan generasi terbaru jajaran printer PIXMA Ink Efficient G Series, yaitu PIXMA G1020, G2020, G3020 dan G3060.

Printer dengan sistem Ink Tank / tangki tinta isi ulang ini menghadirkan teknologi terbaru untuk mendukung kebutuhan cetak dalam jumlah besar, cepat dan hemat. Generasi terbaru PIXMA G Series ini menjadi standar baru printer Ink Tank karena pengguna tidak perlu repot lagi untuk melakukan perawatan berkala ke service center.

 Printer PIXMA G Series terbaru ini memiliki Maintenance Catridge (absorber) yang bisa diganti sendiri oleh pengguna dengan mudah tanpa harus membawa terlebih dahulu ke service center, menjadikannya printer yang efisien dan andal untuk digunakan baik di rumah ataupun instansi perkantoran.

Keempat printer PIXMA G Series terbaru ini mendukung produktivitas kerja untuk mencetak ribuan lembar dokumen dengan cepat dan efisien. PIXMA G3020, G2020, dan G1020 dapat mencetak hingga 7.600 halaman dokumen hitam putih dengan kecepatan 9,1 image per minute (ipm), serta 7.700 halaman dokumen berwarna dengan kecepatan 5,0 ipm.

Selain itu, pengguna tak perlu khawatir bila ada masalah dengan mesin printer, karena Canon juga memberikan jaminan garansi bebas biaya service dan penggantian suku cadang selama 3 tahun.

Menurut Merry Harun, Director of Canon Business Unit pt. Datascrip, kehadiran printer PIXMA Seri G sebelumnya, telah mendapat respon yang sangat positif, khususnya untuk mereka yang membutuhkan perangkat printer yang dapat mencetak banyak dengan biaya yang murah.

“Kini, printer PIXMA Seri G terbaru hadir dengan berbagai peningkatan untuk memberikan kualitas yang lebih baik dan kemudahan dalam melakukan perawatan, cocok untuk para pelaku usaha kecil dan kebutuhan cetak anggota keluarga di rumah,” ujar Merry.

Peningkatan teknologi tinta yang digunakan pada printer G Series terbaru semakin memudahkan pengguna dalam melakukan isi ulang, serta memberikan hasil cetak dokumen dan foto dengan kualitas tinggi.

Desain botol tinta baru hadir dengan bentuk nozzles unik yang hanya pas di mulut tangki masing-masing warna. Selain untuk menghindari kesalahan saat pengisian tinta, juga membuat pengisian tinta lebih cepat dan anti tumpah. Tangki tinta yang terintegrasi membuat pengguna dapat dengan mudah melihat level tinta yang tersisa.

Keempat printer ini menggunakan Image Processing Tecnology dan Ink Technology pada keempat warnanya untuk menghadirkan hasil cetak berupa teks dan garis yang tajam. Selain itu, jajaran printer ini juga bisa mencetak foto borderless ukuran A4 dengan menggunakan kertas foto glossy. Baik printer PIXMA G1020, G2020, G3020, maupun G3060 bisa melakukan pencetakan opsional hingga ukuran 216 x 1.200 mm.

Printer All-in-One PIXMA Ink Efficient G3020

PIXMA G3020 dirancang untuk kebutuhan print, scan, dan copy, yang cocok digunakan untuk meningkatkan produktivitas di lingkungan rumah, kantor, dan pelaku UKM.

Printer ini juga telah dibekali dengan teknologi Wireless LAN atau Direct Wireless tanpa kabel, sehingga pengguna hanya tinggal menghubungkan smartphone atau tablet ke printer untuk melakukan pencetakan atau pemindaian. Dilengkapi dengan panel LCD 2 baris semakin memudahkan pengguna untuk melakukan pengaturan saat mencetak.

Printer All-in-One PIXMA Ink Efficient G2020

Sama halnya dengan PIXMA G3020, PIXMA G2020 juga bisa melakukan print, scan, dan copy. G2020 juga memiliki panel LCD 2 baris yang berguna untuk memudahkan pengguna saat pengoperasian, termasuk kemudahan dalam manajemen pengaturan printer.

PIXMA Ink Efficient G1020

Berbeda dengan ketiga printer lainnya, printer PIXMA G1020 dirancang khusus sebagai opsi bagi pengguna yang lebih sering melakukan aktivitas cetak saja, seperti pelajar, mahasiswa dan penggunaan untuk kebutuhan di rumah.

PIXMA Ink Efficient G3060, Printer All-in-One dengan Teknologi Nirkabel untuk Cetak Lebih Cepat

Mirip dengan PIXMA G3020, Canon juga menghadirkan printer multifungsi PIXMA G3060 sebagai varian di jajaran PIXMA G series terbaru yang dapat mencetak hingga 7.600 halaman dokumen hitam putih dengan kecepatan cetak 10,8 ipm dan 7.700 halaman dokumen berwarna dengan kecepatan 6,0 ipm.

Printer ini dilengkapi dengan teknologi Wireless Lan/Direct Wireless untuk mencetak atau scan langsung dengan perangkat smartphone atau tablet. Printer ini hadir dengan warna Navy Blue.

Beragam Konektivitas di Era Digital

Dengan teknologi nirkabel yang ada pada printer PIXMA G3060 dan G3020, pengguna dapat mencetak dan scan langsung dari perangkat seluler berbasis iOS dan Android (smartphone, tablet, dan laptop) melalui aplikasi Canon PRINT Inkjet/SELPHY hingga 5 devices secara bersamaan.

Sementara, untuk pencetakan langsung yang lebih mudah dari perangkat seluler, pengguna iOS dapat menggunakan AirPrint, sedangkan pengguna Android dapat mengandalkan plugin Canon Print Service yang tersedia di Play Store.

Berkreasi dengan Aplikasi Easy-PhotoPrint Editor App dan PosterArtist Lite

Bagi pengguna yang ingin berkreasi dengan hasil cetakan, seperti mencetak pas foto, mengatur tata letak foto, menghias kalender dengan foto dan pencetakan kartu pos, bisa menggunakan Aplikasi Editor Easy-PhotoPrint untuk platform iOS, OS Android, Windows dan Mac OS. Pengguna yang ingin membuat poster dan flyer untuk kebutuhan promosi bisnis, bisa menggunakan aplikasi PosterArtist Lite. Pada aplikasi ini pengguna bisa mengunduh lebih dari 1.300 template, foto, dan clip art secara gratis.

Untuk mendukung penghematan energi, Canon juga menyematkan teknologi Auto power ON/OFF pada keempat printer ini untuk menghemat daya ketika printer sedang tidak digunakan, dan akan menyala secara otomatis saat perintah cetak dikirim dari PC, smartphone, tablet atau cloud.

Datascrip sebagai authorized distributor Canon di Indonesia memasarkannya dengan harga sebagai berikut:

PIXMA G1020 dengan harga Rp 1.899.000

PIXMA G2020 dengan harga Rp 2.249.000

PIXMA G3020 dengan harga Rp 2.849.000

PIXMA G3060 dengan harga Rp 2.949.000

Harga tinta yang digunakan jajaran printer ini:

Tinta :

GI-71 Black  Rp. 129.000

GI-71 Cyan, Magenta, Yellow @ Rp104.900 per warna

Maintenance Cartridge (Absorber): Rp110.000

Tentang pt. Datascrip

Pt. Datascrip punya motto “One Stop Business Solutions”. Adalah perusahaan yang memasarkan dan menjual mesin, perangkat digital, furnitur, alat survei, stationery, dan sistem yang diperlukan dalam bisnis dan perkantoran. Datascrip berdiri sebagai toko alat tulis sederhana pada tahun 1969.

Perusahaan ini terus memperluas lini produknya dari alat tulis peralatan kantor, mesin-mesin kantor, drafting machine, furniture kantor, komputer, hingga printer.

Tahun 1979, inti bisnis perusahaan berubah menjadi office systems, dimana Datascrip menerjunkan diri dalam sektor teknologi informasi, yang membuatnya kini dikenal sebagai perusahaan One Stop Business Solutions.

Sesuai dengan visi dan misi Canon, datascrip juga fokus untuk menggarap pasar printer ink tank di Indonesia. Sejak diluncurkannya tiga printer anyar Canon G-Series pada tahun lalu, tepatnya pada Selasa, 25 Juni 2019, Canon melalui pt. Datascirp mulai memfokuskan G-Series ini di Indonesia (lini ink tank Canon).

Menurut Merry, hal itu tidak lepas dari pasar printer ink tank Canon di Indonesia yang masih di kisaran 16 persen. Karenanya, masih banyak ruang yang dapat dikembangkan untuk merengkuh pasar lebih besar.

"Ke depannya, produk ink tank dan kartrid dari Canon akan seimbang. Jadi, kami akan lebih menyempurnakan positioning dari tiap-tiap produk (ink tank)," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Merry juga memberikan komentar mengenai tren printer setelah masuknya era digital saat ini. Seperti diketahui, era digital membuka pandangan baru mengenai kehidupan paperless.

Menyoal hal tersebut, dia mengatakan tidak percaya penggunaan kertas akan benar-benar hilang. "Kami tidak percaya dunia akan paperless, tapi less paper. Agak tidak mungkin untuk menghilangkan kertas," tuturnya.

Kendati demikian, dia tidak menampik tren tersebut membawa dampak pada bisnis printer Canon. Sebab, terlihat ada penurunan pengguna yang memanfaatkan printer untuk mencetak sesuatu.

Meski belum terlalu besar, Merry mengatakan hal itu dapat terlihat dari penjualan tinta yang tidak sebanyak dulu. Adapun kondisi ini sendiri baru terjadi dalam setahun terakhir.

Sebelumnya, Canon melalui PT Datascrip selaku distributor resmi di Indonesia resmi memperkenalkan deretan printer terbaru untuk pasar Tanah Air. Kali ini, printer yang hadir merupakan lini anyar dari Pixma Ink Efficient G-Series.

Merry juga menjelaskan, kini sudah ada tujuh model printer G-Series yang diperkenalkan saat ini, yaitu PIXMA G1020, G2020, G3020 dan G3060, yang baru diperkenalkan pada Kamis, 10 Desember 2020 dan G6070, G5070, dan GM2070, telah beredar sejak Selasa, 25 Huni 2019.

"Kami memang masih baru ada di lini printer ink tank, tapi produk kami sudah tersebar di seluruh Indonesia," tuturnya.

Lengkapi Karya Canon

Kehadiran tujuh model dari printer G-Series ini disebut untuk memenuhi beragam kebutuhan mencetak, terutama dalam jumlah besar. Hal itu dimungkinkan sebab ketiganya menggunakan teknologi ink tank yang cocok untuk mencetak dalam jumlah banyak.

Printer ini terbilang tahan lama untuk beragam kebutuhan, mulai dari institusi pendidikan, institusi peradilan, startup, bank, hingga pengusaha fotokopi," tutur Marketing Executive Canon Consumer System Product PT Datascrip, Marcellinus Lirus.

Lebih lanjut, Marcellinus menuturkan generasi terbaru ini memiliki sejumlah peningkatan dari versi sebelumnya, seperti kemampuan mencetak hingga 8.300 halaman dokumen hitam putih dan kecepatan print yang lebih baik.

Tidak hanya itu, pengguna juga dapat menghemat pemakaian kertas dengan memanfaatkan fitur Auto Duplex Printing. Jadi, pengguna dapat mencetak dokumen dua sisi (depan belakang) tanpa perlu membalik kertas secara manual.

Sebagai fitur tambahan, ketiga printer Canon ini dapat pula terhubung dengan smartphone menggunakan koneksi wi-fi. Dengan cara ini, pengguna dapat langsung mencetak foto atau dokumen lewat aplikasi Canon Print Inkjet/Selphy.

Meski memiliki kemampuan yang sama, ketiganya tetap memiliki perbedaan. G6070 tidak hanya hadir dengan kemampuan mencetak, melainkan juga dilengkapi dengan fitur scan dan copy.

Sementara G5070 dirancang memenuhi kebutuhan mencetak saja. Lalu, GM2070 merupakan printer untuk mencetak warna monokrom atau hitam putih saja, tapi Canon menyertakan slot untuk menambah kartrid tinta warna.

Adapun harga dari masing-masing printer adalah Rp 5.500.000 untuk Pixma G6070, sedangkan Pixma G5070 dibanderol Rp 3.520.000. Lalu untuk Pixma MG2070 dijual dengan harga Rp 2.937.000.

Sementara tinta untuk printer ini dijual dengan harga Rp 159.500 untuk warna dan tinta hitam dijual Rp 173.800. Datascript menjanjikan garansi selama dua tahun untuk seluruh model G-Series.

Untuk di Kota Pontianak, bagi yang ingin tahu lebih jelas tentang printer terbaik Canon, maka bisa menghubungi perwakilan pt. Datascrip di toko Ben Jaya, Jalan Sisingamangaraja No. 35-37, Pontianak telepon (0561)737173. (aep mulyanto)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda