Potret post authorBob 15 September 2021

TMMD Reguler ke-112 TA 2021 Dibuka Secara Serentak di Wilayah Korem 121/Abw, Upaya TNI AD Menjaga Perekonomian Rakyat di Tengah Pandemi Covid-19

Photo of TMMD Reguler ke-112 TA 2021 Dibuka Secara Serentak di Wilayah Korem 121/Abw, Upaya TNI AD Menjaga Perekonomian Rakyat di Tengah Pandemi Covid-19 FOTO BERSAMA - Peserta pembukaan TMMD Reguler ke-112 di wilayah Korem 121/Abw foto bersama di halaman Kantor Bupati Sintang, Rabu (15/9).

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 Ta 2021 telah dibuka secara serentak seluruh Indonesia pada Rabu (15/9). Program pengabdian pada masyarakat pedesaan ini dilaksanakan selama 30 hari, yaitu dari 15 September 2021 hingga 14 Oktober 2021.

Untuk wilayah Korem 121/Abw, dilaksanakan pada dua wilayah, yaitu di Kabupaten Ketapang dilaksanakan Kodim 1203/Ktp dan Kabupaten Sintang dilaksanakan Kodim 1205/Stg.

Pembukaan dilaksanakan di daerah masing-masing secara serentak. TMMD ke 112 TA 2021 mengangkat tema, "TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri".

Di saat semua kalangan masih menghadapi masalah Virus Corona, namun Program TMMD harus terus berjalan karena untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Mengingat dampak dari virus Corona betul betul berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. Sehingga kegiatan TMMD ini bisa membantu mengatasi kesulitan-kesulitan rakyat dengan membuka akses terutama akses jalan.

Danrem 121/Abw, Brigjen TNI Dr. Ronny, S.A.P., M.M., saat dikonfirmasi mengatakan dampak dari Virus Corona sungguh luar biasa bagi kelangsungan hidup bangsa ini, berbagai sektor terkena dampaknya.

“Kita selalu berusaha untuk meningkatkan ketahanan pangan, berusaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program TMMD. Walaupun di masa Pandemi Covid-19 program TMMD tetap dilaksanakan, semuanya demi pengabdian TNI AD pada rakyat,” tutur Danrem 121/Abw.

Adapun upaya yang dilakukan untuk memutus penyebaran virus Corona terus kita laksanakan melalui serbuan vaksinasi, dan juga penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro.

“Cara ini yang paling efektif dalam menurunkan tingkat penyebaran virus Corona, disamping juga tetap melakukan protokol kesehatan dengan 3 M. Kegiatan TMMD ini disamping sasaran fisik juga nonfisik, termasuk penanganan Covid-19," ungkapnya.

Kali ini TMMD ke-112 untuk wilayah Korem 121/Abw dilaksanakan di dua wilayah yaitu di Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Sintang. Brigjen TNI Ronny berharap, pada dua wilayah tersebut, bisa berjalan dengan baik dan berhasil meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Saya selaku Danrem 121/Abw mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah daerah kabupaten Sintang dan Ketapang atas kerjasamanya dalam mewujudkan kegiatan TMMD, saat ini daerahnya yang menjadi tempat kegiatan/sasaran TMMD," jelas Danrem 121/Abw.

Sementara itu di tempat terpisah, Bupati Sintang melalui Asisten I Pemda Kabupaten Sintang, Yustinus mengatakan sangat mengapresiasi Korem 121/Abw dan Kodim 1205/Stg, yang telah melaksanakan program TMMD.

“Kebetulan Kabupaten Sintang ini menjadikan fokus pelaksanaan TMMD Tahun 2021 yang ke-112. Tentunya ini menjadi salah satu cara meningkatkan kesejahteraan pembangunan di Kabupaten Sintang," ujarnya.

"Kita melaksanakan pembangunan dari pinggiran Kabupaten, apalagi daerah Sintang ini termasuk wilayah perbatasan dengan Malaysia, kami sangat mengapresiasi program ini,” lanjut Asisten I Pemkab Sintang.

Hal ini, katanya sudah sesuai dengan program pembangunan dari Pemda Kabupaten Sintang, mengingat pembangunan di daerah perbatasan boleh dibilang masih kurang.

“Nah dengan adanya TMMD ini memang sangat-sangat membantu sekali dalam pembukaan akses yang belum terjangkau oleh Pemda," jelas Yustinus

Lokasi yang menjadi kegiatan TMMD telah melalui proses Musrenbang, mulai dari tingkat desa, kecamatan maupun kabupaten, sehingga sudah pas dan tepat daerah yang menjadi tempat kegiatan atau sasaran TMMD yaitu Desa Ampar Medang, Kecamatan Binjai Hulu, Kabupaten Sintang.

“Semoga program ini berjalan lancar dan memberi bermanfaat serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat," pungkas Asisten I.

TMMD Reguler ke-111 Kodim 1203/Stg, akan membuka akses jalan darat di Desa Ampar Bedang, Kecamatan Binjai Hulu, Kabupaten Sintang. Total 150 personel Kodim 1205/Sintang dikerahkan untuk menyukseskan program pembangunan fisik maupun nonfisik.

Komandan Kodim (Dandim) 1205/Stg, Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan mengatakan pemilihan lokasi sasaran TMMD di Desa Ampar Bedang dipilih sesuai dengan Musrenbang dari tingkat kecamatan hingga kabupaten.

"Tentunya memang banyak lokasi yang akan dijadikan tempat pembangunan, hanya kemudian kita gunakan skala perioritas mana yang lebih dibutuhkan saat ini, dan pilihan kita jatuh pada Desa Ampar Bedang," kata Dandim 1203/Stg.

Ada dua kegiatan di Desa Ampar Bedang, yang jadi lokasi TMMD. Kegiatan fisik berupa pembukaan jalan sepanjang 6 kilometer dan lebar 7 meter. Kemudian pembangunan irigasi, gorong-gorong dan jembatan penghubung antar dusun.

"Sementara untuk kegiatan nonfisik, ada berupa penyuluhan. Ada pula buat jamban. Kita juga membantu program pemerintah dalam hal penurunan angka stunting, kerjasama dengan Dinkes," kata Letkol Inf Eko Bintara Setiawan.

Sementara di Kabupaten Ketapang yang dilaksanakan oleh Kodim 1203/Ktp, TMMD Reguler ke-112 akan berlangsung selama 30 hari ke depan di Desa Riam Bunut, Kecamatan Sungai Laur, Kabupaten Ketapang.

Wakil Bupati (Wabup) Ketapang, H. Farhan SE., Msi, membuka secara resmi acara TMMD Reguler Ke-112 TA. 2021 Makodim 1203/Ktp, di Jalan Letjend S. Parman, Kelurahan Sukaharja, Kecamatan Delta Pawan, Ketapang, Rabu (15/9).

Farhan mengakui bahwa Pelaksanaan TMMD Reguler Ke-112 TA 2021 Kodim 1203/Ketapang diarahkan pada pembangunan infrastruktur, sarana prasarana fasilitas umum dan sosial yang menjadi kebutuhan dasar di Desa Riam Bunut.

"Untuk itu kegiatan TMMD ini harus kita dukung penuh karena diperlukan sinergi antara TNI-Rakyat serta Pemerintah Daerah, agar desa dapat menjadi lebih berkembang dan mampu menggali dan mengelola potensi serta mengatasi berbagai isu dan persoalan yang ada di desa,” tegas Wabup Ketapang.

Menurutnya, hal ini menunjukkan bahwa Program TMMD bukan semata - mata membangun secara fisik akan tetapi juga membangun semangat dan percaya diri masyarakat agar mampu dan inovatif dalam mengelola potensi yang dimiliki.

"TMMD ini juga akan dilaksanakan dengan tetap menjalankan pritokol kesehatan serta merupakan salah satu contoh yang produktif di masa pandemi Covid 19,” imbuhnya.

Pembukaan TMMD Reguler Ke-112 TA 2021 Kodim 1203/Ktp tersebut dilanjutkan dengan penandatanganan naskah serah terima pekerjaan TMMD oleh Wabup Ketapang, H. Farhan SE., Msi, Kepada Dandim 1203/Ktp Letkol Kav Suntara Wisnu Budi Hidayanta SH.M.SC. (korem 121/abw)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda