Potret post authorBob 16 September 2021

Mengukur Implementasi Keterbukaan Informasi di Kalimantan Barat, Komisi Informasi Gelar Visitasi Badan Publik

Photo of Mengukur Implementasi Keterbukaan Informasi di Kalimantan Barat, Komisi Informasi Gelar Visitasi Badan Publik FOTO BERSAMA - Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat  menggelar monitoring evaluasi keterbukaan informasi pada Badan Publik di Kalbar. IST

Komisi Informasi (KI) Provinsi Kalimantan Barat  menggelar monitoring evaluasi keterbukaan informasi yang tahapannya saat ini telah memasuki visitasi atau presentasi pada Badan Publik di Kalbar. Tujuannya untuk mengukur sudah sejauh mana implementasi keterbukaan informasi pada badan-badan publik di Kalimantan Barat. 

Visitasi digelar, menindaklanjuti Kuesioner Penilaian Mandiri/Self Assessment Questionnaire (SAQ) yang telah KI Kalbar kirimkan kepada kurang lebih 191 Badan Publik di Kalimantan Barat. 

"Kami sampaikan bahwa keseluruhan dokumen SAQ tersebut telah selesai dilakukan verifikasi dan menghasilkan nilai pertama dengan bobot nilai 60 persen," tutur Rospita Vici Paulyn, Ketua Komisi Informasi Kalbar, kemarin. 

Tahapan selanjutnya, sambung Vici, tim penilai melakukan visitasi atau presentasi pada Badan Publik. Untuk mengukur sejauh mana komitmen, koordinasi, dan inovasi yang telah dilakukan oleh Badan Publik terhadap pelaksanaan keterbukaan informasi publik pada badan publiknya masing-masing. 

"Presentasi Monev 2021 dilaksanakan di ruang Visual Kantor Gubernur Kalbar di Pontianak," terangnya.

Menurut Vici, monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik se-Kalimantan Barat tahun 2021 akan diakhiri dengan pemberian Penganugerahan Penghargaan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2021 bagi lima badan publik informatif, dengan nilai terbaik dalam setiap kategori. 

Vici menyebutkan, tahun ini ada sembilan kategori yang ditetapkan berdasarkan rapat pleno, yaitu Pemerintah Kabupaten/Kota, OPD Pemprov Kalbar, BUMN Tingkat Provinsi Kalbar, BUMD Kalbar, Lembaga Legislatif, Lembaga Yudikatif, Lembaga Penyelenggara Pemilu Kabupaten/Kota, Lembaga Negara Tingkat Provinsi Kalbar, dan Partai Politik. 

Bawaslu Kapuas Hulu menyambut baik kegiatan visitasi yang diselenggarakan KI Kalbar di ruangan Visual Kantor Gubernur Kalbar.

"Kami menyambut baik kegiatan visitasi yang digelar KI Kalbar dan kami berkomitmen untuk hadir langsung, pada Selasa (14/9) pukul 09.00 WIB hingga selesai," tutur Ketua Bawaslu Kapuas Hulu, Musta'an.

Musta'an menuturkan bahwa Bawaslu Kapuas Hulu berkomitmen mewujudkan keterbukaan informasi publik. Dengan berbagai keterbatasan, Bawaslu Kapuas Hulu terus berupaya menyampaikan informasi kepada publik apa yang telah dan akan dilakukan Bawaslu sebagai lembaga penyelenggara pemilu, bidang pengawasan. Baik melalui web resmi lembaga, maupun sosial media lembaga dan e-PPID. 

"Kami siap bekerja sama dengan pihak mana pun dalam upaya mewujudkan pemilu yang berkualitas dan berintegritas," ungkap Musta'an. (rilis/syapari)

 

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda