Potret post authorBob 18 September 2020

Lewat Program Nurani Astra “Berbagi untuk Negeri”, Astra Grup Kalbar Sumbang Ventilator untuk Penanganan Pandemi Covid-19

Photo of Lewat Program Nurani Astra “Berbagi untuk Negeri”, Astra Grup Kalbar Sumbang Ventilator untuk Penanganan Pandemi Covid-19 Lewat Program Nurani Astra “Berbagi untuk Negeri”, Astra Grup Kalbar Sumbang Ventilator untuk Penanganan Pandemi Covid-19

PONTIANAK, SP - Melalui program Nurani Astra “Berbagi Untuk Negeri”, Astra Grup diwaliki oleh TP United Tractors Cabang Pontianak, menyerahkan bantuan berupa dua unit Ventilator kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Bantuan ini untuk membantu penanganan pandemi Covid-19.

Bantuan  ventilator diserahkan oleh Djoko Trisanto, selaku Branch Operation Head United Tractors Cabang Pontianak, kepada Gubernur Kalbar, Sutarmidji, di Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Kamis (17/9/2020). Penyerahan ini tetap menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditentukan. 

Adapun bantuan ventilator ini merupakan salah satu dari total 13 ventilator yang diserahkan UT ke-4 Provinsi, yaitu Jawa Barat, Jawa Timur,

Kalimantan Barat, dan Sulawesi Utara, dan merupakan bagian dari bantuan tahap kelima Nurani Astra, yaitu penyaluran 50 ventilator ke 18 provinsi.

Pada tahap pertama di bulan April 2020, UT Group telah melakukan penyerahan bantuan penanggulangan Covid-19 ke rumah sakit rujukan Covid-19, instansi pemerintah dan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia dimana UT Group beroperasi.

“Adapun total bantuan yang telah disalurkan ke rumah sakit adalah 4.400 hazmat, 2.000 masker N95, 33.500 surgical mask, 400 box sarung tangan medis, 10.000 surgical cap dan hand sanitizer,” kata Djoko.

Sedangkan bantuan yang diserahkan ke instansi pemerintah, berupa 9.300 masker kain, 560 sabun cuci tangan, 172 wastafel portable, alat penyemprot disinfektan, cairan disinfektan dan termometer thermal.

Selain itu, ada pula Paket sembako juga telah diserahkan kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19 yang berada di sekitar area operasional perusahaan. Total ada 24.200 Paket Sembako, yang telah didistribusikan ke sejumlah masyarakat di sekitar area operasional UT Group.

“Di antaranya Pontianak, Adaro, Banjarmasin, Jambi, Lampung, Manado, Medan, Padang, Pekanbaru, Rantau, Samarinda, Satui, Semarang, Soroako, Mataram, Tarakan, Bontang, Sangatta, Muara Lawa, Balikpapan, Makassar, Bengalon, Sorong, Jayapura, Batukajang, Sampit, Surabaya dan Jakarta,”& tutur Djoko.

UT Group berharap agar bantuan penanganan Covid-19 yang telah diberikan kepada masyarakat, rumah sakit dan instansi pemerintah dapat mendukung dan meringankan beban banyak pihak yang terdampak oleh pandemi Covid-19 saat ini.

Gubernur Kalbar, Sutarmidji mengakui bahwa Ventilator menjadi alat7 kesehatan yang sangat dibutuhkan saat ini. Ia pun mengapresiasi atas bantuan yang diserahkan oleh PT United Tractors Tbk (UT) melalui program Nurani Astra “Berbagi Untuk Negeri“.

“Ventilator ini sangat dibutuhkan dalam penanganan pasien Covid-19 yang sudah parah. Apabila kandungan swab test di atas 15 juta, maka penanganannya memerlukan Ventilator,” paparnya.

Bahkan, lanjut Bang Midji, sapaan akrabnya, Kalbar pernah diprediksi harus menyiapkan 380 ribu ventilator. Ia mengatakan dengan adanya bantuan ventilator ini dirinya berharap ini bisa menjadi cadangan sewaktu-waktu dibutuhkan oleh rumah sakit.

“Karena dalam kondisi saat ini untuk mendapatkan ventilator susah kemudin harganya mahal. Harga Ventilator kalau normal bisa mencapai Rp300 jutaan sekarang saat Covid-19 mencapai Rp800 juta. Selain itu barangnya juga langka,” jelasnya.

Ventilator ini tentu diperlukan oleh Rumah Sakit di Kalbar dan diharapkan dengan adanya bantuan ini semakin siap. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada United Tractors Tbk (UT) melalui program Nurani Astra. (mul)

 

 

 

 

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda