Potret post authorBob 20 September 2020 100

Menari Melayu, Cara Unik Komunitas RAR Galang Dana Bantuan Korban Banjir di Hulu Kalbar

Photo of Menari Melayu, Cara Unik Komunitas RAR Galang Dana Bantuan Korban Banjir di Hulu Kalbar

KOMUNITAS Rancak Alun Rumah Melayu (RAR) punya cara unik dalam meringankan beban masyarakat di Hulu Kalbar yang menjadi korban banjir. Bersama beberapa gabungan komunitas lainnya yang tergabung di Aksi Gabungan Relawan Banjir, Komunitas RAR menggalang dana kemanusiaan, Sabtu (19/9) sore.

Tampak di beberapa titik perempatan lampu merah di Kota Pontianak, mereka melakukan aksi sosial dan kemanusiaan tersebut. Komunitas RAR sendiri, dengan busana khasnya, yaitu pakaian batik melayu, mereka menari untuk menarik simpati pengendara.

“Kami bekerja sama dengan komunitas-komunitas kemanusiaan, ingin meringankan beban para korban banjir di Mempawah, Melawi, Sintang, dan Kapuas Hulu. Seberapa kami dapatkan, bisa menjadi cara membantu mereka,” tutur Koordinator Aksi Komunitas RAR, Martina Rosanna.

Setidaknya ada puluhan komunitas yang melakukan aksi kemanusiaan. Mereka berbagi lokasi penggalangan dana dan pembagian titik komunitas, di antaranya di Bundaran Digulis Untan ada Komunitas Sepedaan Yuks, HMPPDE FKIP Untan, dan HMP IPS FKIP Untan.

Kemudian di Simpang Pajak atau PCC ada Komunitas KPAK bersama Komunitas Raja Udang Fishing Club dan Mapala Arkha UPB. Sementara di Simpang Tanjungpura, ada Komunitas KDB bersama Senandung Nada Tazki, Mapala Untan, dan HMBM FKIP Untan.

Lalu di Simpang Jalan Patitmura ada KJS kamboja, Komdas, dan Laskar Sayd Indonesia, serta Mapeskala Poltekkes Pontianak. Sedangkan doi Simpang Pancasila, ada Bank Sampah ansen dan Rumput Hias, Komunitas RAR, dan Sijum Pontianak.

“Kegiatan ini menjadi sarana berbagi kepada mereka yang saat ini sedang membutuhkan uluran tangan saudara-saudara di daerah lain. Dengan cara yang unik, kami berhasil mengumpulkan bantuan yang kemudian digabungkan dengan komunitas lainnya dan dikirim ke para korban bencana alam ini,” pungkas Rosanna. (mul)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda