Potret post authorBob 22 Juli 2021

Serbuan Vaksinasi Lantamal XII Pontianak, Upaya Lawan Corona di Tengah Upaya Pencarian Korban Kapal Tenggelam

Photo of Serbuan Vaksinasi Lantamal XII Pontianak, Upaya Lawan Corona di Tengah Upaya Pencarian Korban Kapal Tenggelam Serbuan Vaksinasi Lantamal XII Pontianak, Upaya Lawan Corona di Tengah Upaya Pencarian Korban Kapal Tenggelam

Di sela pencarian korban tenggelamnya 18 kapal akibat cuaca ektrem beberapa waktu lalu, Lantamal XII Pontianak juga melaksanakan vaksinasi terhadap masyarakat maritim di Kota Pontianak, Kamis (22/7/2021).

Kegiatan yang dinamai Serbuan Vaksinasi di Pelabuhan Pelindo II Dwikora Kota Pontianak ini merupakan lanjutan vaksinasi Lantamal XII yang melibatkan tenaga medis dari Dinas Kesehatan Lantamal XII Pontianak,  Nakes Polda Kalbar, Kesdam XII Tanjungpura dan Lanud Supadio Pontianak serta tenaga kesehatan dari Pemprov Kalbar.

Komandan Lantamal XII Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman mengatakan, serbuan vaksinasi ini akan berlangsung selama dua hari berturut-turut.

Pada hari pertama, vaksin yang disediakan sebanyak 64 vial jenis Sinovac untuk 640 orang dan dua vial jenis Astrazeneca untuk 20 orang.

Saat ini, masyarakat maritim yang sudah menerima vaksin berjumlah 510 orang yang terdiri atas 280 orang menerima vaksin yang pertama dan 230 orang menerima vaksin yang ke dua.

“Sehingga total vaksin yang tersalurkan sebanyak 51 vial diantaranya 50 vial vaksin Sinovac dan 1 vial vaksin Astrazeneca,” ujar Brigjen TNI Mar Andi.

Kata Danlantamal XII Pontianak, kegiatan yang dilakukan di Pelabuhan Pelindo II Dwikora ini merupakan bentuk kepedulian TNI AL dalam mensukseskan serbuan vaksin nasional khususnya untuk masyarakat Maritim di Kalbar.

Selain itu, program vaksinasi ini juga untuk mendukung program pemerintah dalam rangka pencegahan dan penularan Covid-19 bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Meskipun Vaksinasi diperuntukkan bagi masyarakat maritim yang sudah divaksinasi dosis pertama namun tim serbuan vaksin tetap menerima peserta yang belum divaksin dosis pertama.

Masyarakat yang mengikuti vaksinasi hari ini adalah masyarakat maritim Kalbar, warga Kota Pontianak dan beberapa warga dari luar kota seperti dari  Kubu Raya.

Bahkan, Brigjen TNI Mar Andi mengatakan ada yang berasal dari luar Kalimantan Barat yaitu dari Pulau Jawa dan Pulau Sumatera.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengingatkan agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya memutus penyebaran Covid-19 yang diketahui saat ini masih belum terjadi penurunan.

"Untuk yang sudah divaksin, agar tetap disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan, sebagai usaha untuk memutus penyebaran Covid-19 yang terus meningkat," tutupnya. (sms)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda