Potret post authorBob 23 November 2022

Susur Singbebas, Ini Kisah Para Jurnalis dan Pekerja Kreatif saat Ikut Touring Bersama Honda Kalbar

Photo of Susur Singbebas, Ini Kisah Para Jurnalis dan Pekerja Kreatif saat Ikut Touring Bersama Honda Kalbar Susur Singbebas, Ini Kisah Para Jurnalis dan Pekerja Kreatif saat Ikut Touring Bersama Honda Kalbar

PONTIANAK, SP - Sejumlah jurnalis dan pekerja kreatif di Kota Pontianak mengikuti touring yang digelar Astra Motor Kalbar. Kali ini bertema Susur Singbebas.

Sebagai Informasi, Singbebas sebelumnya merupakan satu wilayah yang masuk ke Kabupaten Sambas. Kemudian ketiganya dimekarkan, dan kini menjadi tiga wilayah, Singkawang, Bengkayang, dan Sambas.

Kegiatan ini digelar selama tiga hari, mulai Jumat, 11 November 2022 hingga Minggu, 13 November 2022. Rutenya adalah jalur Singbebas, mulai dari Bengkayang, Sambas, hingga Singkawang.

Pada touring ini, para peserta menikmati pesona alam dan budaya yang ada di ketiga wilayah tersebut. Di hari pertama, peserta menikmati panorama di riam Budi, yang lokasinya tak jauh dari Kota Bengkayang.

Bengkayang memang terkenal dengan wilayah 1.000 riam, karena banyak riam, atau air terjun, yang ada di kabupaten ini. Riam Budi adalah salah satunya.

Astra 2

Untuk menuju Riam Budi, tak memerlukan waktu lama. Jarak tempuhnya hanya sekitar 30 menit dari pusat kota Bengkayang.

“Riamnya masih cukup asli, dan airnya segar,” kata Ferry, jurnalis Tribun Pontianak yang ikut dalam kegiatan ini.

“Kelelahan dari rute yang menantang, terpuaskan oleh kesegaran alam terutama air terjun dari simbre mata air pegunungan,” tambahnya.

Untuk kegiatan ini, Astra Motor Kalbar, menurunkan 6 unit Honda ADV 160 dan Honda CBX150. Keduanya memang merupakan dua sepeda motor unggulan Honda untuk medan yang menantang.

“Rute menuju riam Budi memang bukan jalan mulus. Tapi dengan menggunakan CBX 150, tantangan itu jadi tak terasa. Teman-teman yang pakai ADV 160 juga merasakan hal yang sama. Mungkin itu karena peredam kejut depannya sudah pakai Showa, yang memang bawaannya dari pabrikan,” ungkap Dimas, pekerja kreatif dari Gacok Occusion yang juga ikut dalam kegiatan ini.

Di Sambas, peserta Honda Kalbar Susur Singbebas, yaitu para Jurnalis dan pekerja kreatif nikmati keramahan Budaya Sambas.

7 jurnalis dan 5 pekerja kreatif di Kota Pontianak mengikuti touring yang digelar Astra Motor Kalbar. Kali ini bertema Susur Singbebas.

Sebagai Informasi, Singbebas sebelumnya merupakan satu wilayah yang bernaung ke Kabupaten Sambas. Kemudian ketiganya dimekarkan, dan kini menjadi tiga wilayah, Singkawang, Bengkayang, dan Sambas.

Kegiatan ini digelar selama tiga hari, mulai Jumat, 11 November 2022 hingga Minggu, 13 November 2022. Rutenya adalah jalur Singbebas, mulai dari Bengkayang, Sambas, hingga Singkawang.

Astra 1

Pada touring ini, para peserta menikmati pesona alam dan budaya yang ada di ketiga wilayah tersebut. Di hari kedua, peserta dibawa menikmati suasana kota Sambas yang kental dengan adat budaya.

Selain menikmati sajian kuliner, peserta juga berkunjung, melihat Keraton Keraton Alwatzikhobillah, yang merupakan pusat dari pemerintahan Kesultanan Sambas.

Sambutan dari masyarakat lokal yang berjaja di sekitar keraton, terasa sangat hangat. “Keramahan masyarakat Sambas masih sangat terasa hingga saat ini,” ujar Agun, salah seorang jurnalis, peserta Touring Susur Singbebas.

Selain itu, peserta juga mampir ke Mesjid At-Taqwa Pemangkat, yang terkenal itu.

Untuk kegiatan ini, Astra Motor Kalbar, menurunkan 6 unit Honda ADV 160 dan 7 Honda CBX150. Keduanya memang merupakan dua sepeda motor unggulan Honda untuk medan yang menantang dan sangat cocok untuk kegiatan touring.

“Kedua varian Honda ini, baik itu ADV 160 maupun CBX150, sangat nyaman untuk touring. Baik dari performa mesin, handling, maupun posisi riding. Semacam paket komplit,” kata Tyo, dari Birah Fundation.

“Kenyamannya, bukan hanya bagi mereka yang sudah sering tourig, tapi yang baru mau mencoba touring, bisa langsung menguasai motor ini,” tambahnya.

Lalu, saat di Singkawang, Honda ADV 160 ternyata sangat digemari warga, di mana belum seminggu datang sudah habis terjual di Astra Motor Singkawang.

Astra Motor Kalbar, baru saja meluncurkan varian matic petualang, ADV 160. Skutik berbodi bongsor ini, ternyata digemari oleh warga Singkawang.

Hal itu terungkap saat rombongan Touring Susur Singbebas berkunjung ke Astra Motor Singkawang.

Astra 3

“Untuk Honda ADV 160 ini, peminatnya cukup tinggi,” kata Fery, Kepala Cabang Astra Motor Singkawang, kepada wartawan, Sabtu, 12 November 2022.

Dari stok yang didistribusikan ke Astra Motor Singkawang, kata Fery, semuanya telah terjual.

“Untuk inden memang tidak ada, tetapi kalau stok distribusinya masuk, belum seminggu sudah ludes terjual,” ujarnya.

Sebagai Informasi, konsumen skutik di Kota Singkawang memang menggemari sepeda motor berbadan lebar, atau gambot.

Postur Honda ADV 160 yang lebar dan futuristik, tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar skutik di Singkawang.

Belum lagi dengan dukungan shockbreaker depannya yang sudah Showa, membuat sensasi berkendara lebih menyenangkan.

Pada touring Susur Singbebas kali ini, Astra Motor Kalbar, menurunkan 6 unit Honda ADV 160 dan 7 Honda CBX150. Keduanya memang merupakan dua sepeda motor unggulan Honda untuk medan yang menantang dan sangat cocok untuk kegiatan touring.

Touring Susur Singbebas menemuh jarak lebih dari 500 kilometer, dan diikuti sejumlah jurnalis dan pekerja kreatif asal Kota Pontianak.

“Selain menikmati ragam budaya, keindahan alam, kami juga bisa merasakan sensasi touring dengan dua varian Honda, yakni ADV 160 dan CBX150. Memang betul, Cari Aman, Naik Honda Jak,” ujar Opay, salah satu peserta. (mul)

Keywords

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda