Regional post authorBob 25 September 2021

Buka Latihan Wanatirta Karbol Tingkat III AAU, Gubernur AAU: Peningkatan Pembinaan Prajurit

Photo of Buka Latihan Wanatirta Karbol Tingkat III AAU, Gubernur AAU: Peningkatan Pembinaan Prajurit Buka Latihan Wanatirta Karbol Tingkat III AAU, Gubernur AAU: Peningkatan Pembinaan Prajurit

YOGYAKARTA, SP - Sea and jungle survival Akademi Angkatan Udara (AAU) yang dilaksanakan dengan sandi “Latihan Wanatirta, Karbol Tingkat III dibuka oleh Wakil Gubernur AAU, Marsma TNI Palito Sitorus, S.I.P., M.M.

Kegiatan berlangsung di lapangan Dirgantara Ksatrian AAU Yogyakarta, Selasa (21/9/2021).
Latihan Wanatirta merupakan salah satu bentuk pembinaan prajurit khususnya awak pesawat untuk dapat bertahan hidup apabila mengalami emergency di daerah operasi baik di daratan maupun di perairan.

Latihan ini merupakan program latihan yang wajib diikuti oleh Karbol Tingkat III AAU sebagai bekal pengetahuan untuk melatih diri bertahan hidup pada saat menghadapi kondisi darurat di medan operasi pertempuran udara.

Hal tersebut juga penting bagi Karbol AAU karena latihan Wanatirta merupakan salah satu tahap latihan kemampuan yang harus dimiliki oleh Karbol sebagai bekal dalam melaksanakan tugas operasi di medan pengabdian yang sebenarnya.

Gubernur AAU Marsda TNI Nanang Santoso dalam sambutan yang dibacakan Wagub AAU Marsma TNI Palito Sitorus, S.I.P., M.M. menekankan kepada seluruh personel yang terlibat latihan untuk melaksanakan latihan Wanatirta ini dengan sungguh-sungguh, tetap memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan, mentaati aturan serta melaksanakan rangkaian kegiatan sesuai dengan perencanaan yang telah disiapkan.

“Sehingga seluruh tahapan latihan dapat terlaksana dengan aman, lancar dan apapun permasalahan yang muncul di lapangan dapat dengan cepat diatasi,” katanya.

Keberhasilan latihan ini tentunya sangat ditentukan oleh keseriusan, kecermatan dalam perencanaan, pelaksanaan serta perlunya kejelian dalam pengawasan dan pelaksanaan evaluasi pada setiap perkembangan yang terjadi di lapangan.

“Latihan Wanatirta ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu kegiatan ground school tentang teori dasar sea and jungle survival, dan aplikasi teori berupa latihan yang dilaksanakan di daerah sekitar waduk Sermo Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta,” pungkas Wagub AAU. (*)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda