Regional post authorBob 26 Januari 2021 43

Babinsa Baru Bersama Masyarakat Sigap Padamkan Kebakaran Lahan

Photo of Babinsa Baru Bersama Masyarakat Sigap Padamkan Kebakaran Lahan Babinsa Baru Bersama Masyarakat Sigap Padamkan Kebakaran Lahan

KOBAR, SP - Kebakaran lahan kosong terjadi Jalan GM Arsyad RT 18. A Kelurahan Baru, Arut Selatan, Kotawaringin Barat. Atas kesigapan Babinsa Baru Koramil 1014-01/Arsel, Serda Eko Pujo serta masyarakat, api berhasil dipadamkan.

Upaya pemadaman dilakukan Serda Eko Pujo bersama dengan Ketua RT. 18 A Kelurahan Baru, Babinkamtibmas Polsek Arsel, masyarakat serta tim Damkar yang menurunkan 2 unit mobil pemadam.

Babinsa Baru, Serda Eko Pujo mengatakan, sebelumnya dirinya menerima laporan dari masyarakat bahwa ada kebakaran lahan kosong dan langsung berkoordinasi dengan Instansi terkait untuk melakukan pemadaman.

Lanjut Serda Eko Pujo mengatakan, dari keterangan yang berhasil dihimpun, kebakaran disebabkan dari sisa bakaran sampah, kemudian api menjalar ke lahan kosong yang merupakan lahan gambut.

"Memang cuaca terik dalam seminggu terakhir di Kabupaten Kotawaringin Barat mengakibatkan lahan gambut mengering dan mudah sekali terbakar," kata Babinsa.

Babinsa Baru menyampaikan, beruntung masyarakat yang mengetahui kejadian kebakaran segera melapor sehingga segera dapat dilakukan upaya pemadaman.

Atas kejadian tersebut Serda Eko Pujo berpesan kepada masyarakat yang tempat tinggalnya berdekatan dengan lahan kosong atau semak belukar, untuk dapat menjaga kebersihan lingkungannya dan yang terpenting, tidak membakar sampah sembarangan karena dapat menjalar dan menyebabkan kebakaran lahan.

"Apabila ingin membakar sampah pada cuaca panas seperti ini hendaknya harus berhati-hati. Apabila ditinggal pergi pastikan api sudah padam. Sebab, api pembakaran itu bisa menjalar ke rumput yang ada di sekitarnya," pesan Serda Eko Pujo. (ril)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda