Sambas post authorAdmin 03 Maret 2020

Danlantamal XII Pontianak Gelar Silaturahmi di Kabupaten Sambas

Photo of Danlantamal XII Pontianak Gelar Silaturahmi di Kabupaten Sambas SILATURAHMI – Danlantamal XII Pontianak, Laksma TNI Agus Hariadi dan istri, beramah tamah dengan jajaran Pemkab Sambas, di Aula Kantor Bupati Sambas, Jumat (28/2).

SAMBAS, SP – Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) XII Pontianak, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Agus Hariadi beramah-tamah dengan jajaran Pemkab Sambas. Kegiatan ini sebagai wadah silahturahmi untuk meningkatkan kerja sama.

Ramah tamah tersebut berlangsung di Aula Kantor Bupati Sambas, Jalan Pembangunan, Kecamatan Sambas, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalbar, Jumat (28/2). Hadir dalam kegiatan tersebut Wabup Sambas, Hj Hairiah SH MH. Danlanud Supadio yang diwakili, Komandan Kodim (dandim) 1208/Sbs, Wadanlantamal XII, Kolonel Marinir Bambang Hadi Suseno,SE.

Tampak pula para Asisten dan Kadis Lantamal XII, Kapolres Sambas, Danyon 645/Gty sambas, Kajari sambas, Ketua MUI Sambas, Pangeran Ratu Muhamad Tarhan dan H Subhan Nur, yang merupakan Anggota DPRD Provinsi Kalbar.

Dalam kesempatan tersebut, Danlantamal XII mengatakan bahwa sudah tiga bulan menjabat sebagai Komandan Lantamal XII Pontianak. Sebelumnya ia bertugas di Biak, Papua. Menurutnya, suatu kehormatan dapat menjabat sebagai Danlantamal XII Pontianak.

“Untuk itu, saya akan terus melakukan kunjungan kerja ke wilayah utara, di mana ada pos-pos laut yang harus dikontrol dan sambangi. Dengan rombongan berjumlah 40 orang, kami permisi berkunjung ke Kalbar, terutama di Kabupaten Sambas, untuk berbagi informasi tentang kelautan,” ujar Danlantamal XII

Saat ini, lanjut Danlantamal, di TNI ada organisasi baru, yang diberi nama Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan), yang ke depan akan mengembangkan Lanal di kalbar.

“Ada di Ketapang, yang akan diresmikan pada Bulan Maret. Kemudian, pada Tahun 2021 akan ada penambahan satu Lanal di utara, yaitu embrionya di Sambas, dengan station atau dermaga posisi di mana  kapal perang dapat bersandar di Dermaga Laut Natuna Utara,” paparnya.

Danlantamal sangat mengharapkan kerjasama yang harmonis dengan stakeholder, terutama dalam menjaga keamanan wilayah laut.

Wabup Sambas, Hairiah, yang membacakan sambutan Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili, Lc, mengucapkan terima kasih atas kehadiran Danlatamal beserta istri dan rombongan. Ia pun menyampaikan permohonan maaf Bupati Atbah, yang tidak bisa hadir karena sedang berada di luar kota.

“Kami berharap, semoga kedatangan Danlantamal XII ke Kabupaten Sambas meningkatkan tali silaturahmi antara Pemkab dan TNI AL, yang selama ini telah terjalin dengan harmonis,” ujar Bupati Atbah.

Menurut Bupati Atbah, setelah berkoordinasi dengan Sekda dan Kabag Umum, Pemkab Sambas siap mengalokasikan tanah untuk pembangunan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) di Bumi Serambi Mekah. Pemkab, lanjutnya, terus

mendukung program dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh TNI-AL.

“Semuanya untuk meningkatkan hubungan yang sinergis dalam menangani persoalan-persoalan yang berkaitan dengan pertahanan dan keamanan. Khususnya pertahanan dan keamanan di wilayah perairan NKRI, terutama yang ada di Kabupaten Sambas,” paparnya.

Pemkab Sambas, lanjut Bupati Atbah, juga sangat mendukung dan berterimakasih, apabila pemerintah pusat merencanakan untuk membangun pangkalan TNI-AL di Kabupaten Sambas.

“Dengan keberadaan pangkalan TNI-AL tersebut, maka diharapkan tindak kejahatan di wilayah perairan akan dapat diminimalisir,” tegas Atbah. (mul/*)

 

 

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda