Sambas post authorBob 09 Januari 2022

Perkuat Ketahanan Pangan, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Berikan Bibit Lombok Dan Sorgum Kepada Warga Perbatasan

Photo of Perkuat Ketahanan Pangan, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Berikan Bibit Lombok Dan Sorgum Kepada Warga Perbatasan

SAMBAS, SP - Dalam mewujudkan ketahanan pangan sesuai program Pemerintah, Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns memberikan bibit lombok dan sorgum bertempat di kebun pos Berjongkong, Desa Sebunga, Kecamatan Sanjingan Besar, Kabupaten Sambas.

Demikian dikatakan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kabupaten Sanggau. Minggu (9/1/2022).

Dansatgas mengungkapkan sorgum sendiri adalah produk unggulan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns yang telah di perkenalkan kepada masyarakat mulai dari cara penanaman, merawat, memanen sampai dengan pengolahannya dan hal ini di terima dengan baik oleh masyarakat wilayah perbatasan Kalbar.

"Kami memiliki 28 pos Pamtas yang tersebar dari wilayah Temajuk sampai dengan Guna Banir, keseluruhan pos tetap membuat bibit sorgum dan juga bibit tanaman lain dalam rangka ketahanan pangan, salah satunya adalah pos Berjongkong yang membuat bibit sorgum dan bibit lombok. Bibit tersebut diserahkan kepada masyarakat sekitar pos oleh Danpos Berjongkong Letda Inf M. Aris," ucap Dansatgas.

“Harapan kami dengan penyerahan bibit sorgum dan lombok ini dapat menjadikan lahan ketahanan pangan bagi masyarakat sekitar, dan kami bangga produk unggulan kami dapat diterima oleh masyarakat perbatasan,” ujar Dansatgas.

Danpos Berjongkong Letda Inf M. Aris di tempat terpisah mengungkapkan pemberian bibit sorgum dan lombok ini untuk memberi edukasi dan motivasi masyarakat agar berkebun dan bisa memanfaatkan lahan kosong di perkarangan rumah masing-masing sehingga bisa bermanfaat untuk kebutuhan sehari -hari di hadapkan dengan kondisi pandemi Covid-19 dimana harga kebutuhan pokok selalu naik dan tidak stabil.

“Selain itu pemberian bibit ini dapat menjadikan sarana komunikasi yang baik dan ajang silaturahmi antara Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns dengan masyarakat sekitar,” ujar Danpos.

Ibu Irma (45 Th) salah satu warga setempat mengatakan sangat senang sekali atas pemberian bibit sorgum dan lombok ini karena dirinya bersama warga lain sudah diajarkan cara menanam sampai dengan pengolahannya, sangat bermanfaat bagi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Terima kasih bapak TNI sudah memberikan bibit sorgum dan lombok ini, semoga bapak TNI selalu diberikan kemudahan dan kelancaran dalam bertugas,” ucapnya (*).

Keywords

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda